Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat

Cara menggunakan google maps - Bagaimana cara setting gps pada hp android untuk mendapatkan titik koordinat secara akurat ? Memang pada dasarnya bukan menjadi suatu keharusan untuk mengatur google maps yang tidak tepat namun dengan lokasi yang tidak tepat tersebut tentu akan mengakibatkan gps sulit menentukan akses lokasi kita berada. Padahal pentingnya aplikasi gps di ponsel android dapat memberikan suatu kemudahan pada kita untuk menemukan hp android yang hilang, mengetahui titik lokasi kemacetan dan masih banyak lagi. Namun tidak sedikit yang mengabaikan masalah posisi lokasi gps yang tidak tepat yang terjadi di smartphone android yang kita miliki.

Seiring berjalannya waktu, cara setting lokasi di android agar lebih akurat menjadi suatu hal yang banyak diperbincangkan. Hal ini dikarenakan aplikasi google maps / gps dapat dibilang sudah menjadi salah satu alat tempur para ojek online seperti grab ataupun gojek. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebab gps tidak akurat pada ponsel android yang kita miliki tersebut ? Sebab, meskipun sudah melakukan pengaturan di hp xiaomi untuk gojek agar lokasi lebih akurat hasil yang di dapat tetap saja titik gps tidak bisa tepat.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan cara mengatasi aplikasi gps yang selalu selisih beberapa meter dari tempat tujuan. Kami mengulas masalah google maps yang error dalam menentukan titik lokasi ini dikarenakan selain menjadi suatu aplikasi pelacak lokasi, gps juga menjadi sarana tempat untuk usaha melalu pihak google bisnisku. Maka dari itu untuk mengatasi titik biru maps yang tidak akurat tersebut disini kami akan memberitahukan solusinya mulai dari cara menggunakan google maps, cara mengaktifkan gps, sampai dengan cara menemukan dan meningkatkan akurasi lokasi anda. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki gps tidak bisa menemukan lokasi secara akurat di bawah ini.

Cara Seting Aplikasi GPS Pada Android Agar Akurat

cara mengatasi aplikasi gps di hp android tidak akurat

Pada dasarnya ketepatan / akurat dari GPS jika dihitung bisa mencapai beberapa mm untuk ketepatan posisinya, beberapa nanodetik untuk ketelitian waktunya dan beberapa cm/s untuk ketelitian kecepatannya. Ketelitian lokasi gps yang diterima akan tergantung berdasarkan beberapa faktor yaitu metode penentuan posisi, tingkat ketelitian data, geometri satelit dan metode pengolahan datanya. Jadi apabila gps hp android yang kita miliki tidak akurat maka penyebab masalah tersebut dapat berasal dari faktor lokasi atau cuaca yang menghalangi kita mendapat sinyal yang akurat.

Dan perlu untuk kita ketahi bahwa Aplikasi GPS Android dapat dibedakan menjadi 2 jenis dengan acuan proses pengambilan data, sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah aplikasi GPS Android Online. Aplikasi gps akan mengambil data navigasi dari server tertentu melalui internet lalu kemudian memberikan tampilan kepada pengguna, Oleh karena itu untuk dapat mengakses data navigasi pengguna dibutuhkan koneksi internet.
  • Jenis yang kedua adalah aplikasi GPS Android Offline, dimana ketika menggunakan aplikasi ini kita tidak memerlukan koneksi internet, karena semua data navigasi yang dibutuhkan sudah di-download serta disimpan pada memori ponsel / tabletAndroid kita. 

Lantas jika masalah aplikasi gps android tidak berfungsi dan sering loncat loncat saat mencari lokasi terjadi pada diri kita, langkah apa yang harus kita lakukan ?

Artikel menarik lainnya :

Cara mengatasi lokasi GPS titik biru pada peta tidak akurat atau titik biru tidak muncul di hp android


Jika google maps kesulitan dalam menemukan lokasi kita, maka langkah yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut :

Cara Mengaktifkan GPS di hp android


  1. Tekan tombol "Menu"
  2. Pilih "Setting" kemudian "Location"
  3. Lalu pada tampilan "My Location" terdapat dua pilihan "Use Wireless Network" dan "Use GPS Satellite"
  4. "Use Wireless Network" akan menggunakan GPS berdasarkan jaringan Wi-Fi dan BTS. Sedangkan "Use GPS Satellite" akan menggunakan GPS berdasarkan sinyal dari satellite. Pilihan kedua akan memberikan data GPS yang lebih akurat dari pada "Use Wireless Network" Namun perlu diingat ini akan membuang banyak energi atau baterai cepat habis.
  5. Silahkan dipilih mana cara menggunakan gps yang menurut anda paling efektif bagi penggunaan anda.

Sebagai contoh dalam cara menggunakan aplikasi gps adalah ketika kita sedang berada dalam perjalanan yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, kita bingung mencari tempat tujuan karena terlalu banyak jalan pada suatu perkotaan atau dapat juga untuk menemukan hp android kita yang hilang namun sim tidak aktif. Untuk mempersingkat waktu kita langsung simak saja caranya dibawah ini :

  • Pertama aktifkan terlebih dahulu buka pengaturan GPS di hp android kita yaitu dari Pengaturan >> pilih Layanan lokasi, pada bagian ini pilih menu Gunakan satelit GPS dan Pencarian Lokasi supaya sistem gps di handphone kita aktif.
  • Setelah GPS android sudah aktif >> buka aplikasi Maps. Untuk menentukasi titik koordinat tepat lokasi kita berada saat ini adalah dengan memilih tombol kecil dengan garis empat kecil di sekelilingnya. Mungkin untuk maps yang sudah diperbaharui, tombol ini berada dipojok bawah kanan. Agar android tepat dalam menentukan lokasi kita, kami sarankan supaya berdiri dibawah langit biru yang cerah, jangan didalam ruangan seperti didalam rumah atau dibawah pepohonan. 
  • Jika sudah tepat akan terliat titik biru kecil dengan lingkaran yang kecil yang menandakan tepatnya lokasi kita berdiri. Apabila lingkarannya besar itu menandakan jika lokasi tersebut tidak tepat. Titik biru ini akan mengikuti kita jika kita berjalan. Nah dari sini lah kita bisa mengetahui jalan-jalannya.
  • Untuk mencari jalan yang paling dekat dengan lokasi yang akan menjadi tempat tujuan adalah dengan cara memilih tombol seperti kaca pembesar lalu ketik dipencarian lokasi yang kita akan datangi.
  • Agar peta dapat disimpan secara offline pilih tombol kiri handphone kita, lalu pilih Make available offline. Geser perbesar atau perkecil sampai kotaknya sampai merah lagi. Kemudian pilih done.


Cara Mengatasi GPS HP Android Tidak Berfungsi


Terkadang saat kita sedang menggunakan aplikasi google maps android ini masalah yang sering dialami oleh para pengguna ponsel android adalah aplikasi gps tidak dapat dibuka atau muncul notifikasi fix gps not work. Untuk itu kami mencoba memberikan sedikit informasi yang sering berhasil digunakan oleh para pengguna hp android tersebut yaitu dengan cara sebagai berikut :

Buka Pengamanan atau security >> Kemudian Pilih Permission >> Klik Get Location Info >> Pastikan Google Play Service, Google Framework Service, dan Google Maps diberikan permission utk akses lokasi >> Selesai

Membuat Lokasi GPS Lebih Akurat Terbaru


Perlu untuk kita ketahui bahwa sekarang ini sering kali gps android tidak akurat karena pengaturan bawaan pabrik hp android itu sendiri. Hal ini disebabkan dengan adanya fitur "Mode Lokasi Hemat Baterai" justru membuat pencarian lokasi gps menjadi kurang akurat, meskipun mode tersebut membuat smartphone menjadi lebih awet dalam penggunaan daya baterai. Namun apabila kita menginginkan untuk masalah titik biru maps tidak akurat tidak lagi terjadi, sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu untuk merubah setingan gps hp android dari Mode Lokasi Hemat Baterai menjadi MODE AKURASI TINGGI GPS, agar lebih jelasnya mari kita lihat ulasan selengkapnya mengenai cara setting gps akurasi tinggi terbaru pada hp android :

  1. Langkah pertama buka menu settings / setelan pada hp android yang kita miliki
  2. Kemudian cari dan masuk menu "LOKASI" pada pengaturan hp android tersebut
  3. Setelah itu masuk ke menu pengaturan lokasi, dan silakan pilih menu mode lokasi
  4. Lalu ubah Mode Lokasi Hemat Baterai mode menjadi MODE AKURASI TINGGI GPS
    cara membuat gps akurat tinggi

Dengan begitu google maps akan memiliki akurasi lebih tinggi dari sebelumnya tanpa harus melakukan proses root namun jika kita menggunakan settingan gps android tersebut, penggunaan daya baterai hp android akan lebih cepat terkuras habis.

baca juga :

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan ini mengenai cara menggunakan gps beserta setingan gps untuk mendapatkan titik lokasi secara akurat. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua sehingga kita mempunyai suatu cara mengetahui posisi seseorang lewat gps, terima kasih.
LihatTutupKomentar