Cara Mengatasi Google Maps Tidak Bisa Dibuka Paling Ampuh

Google maps tidak bisa dibuka - Bagaimana cara memperbaiki google maps yang error tidak bisa dibuka ? Google maps tidak bisa dibuka di hp android menjadi salah satu masalah yang paling menyebalkan bagi kita yang hendak bepergian ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi. Maka tak heran jika tips untuk mengatasi google maps yang error sering dicari agar aplikasi Google Maps atau GPS dapat kita jalankan kembali pada Ponsel Android. Semua itu harus kita lakukan karena aplikasi peta google maps tersebut sangat membantu kita untuk menemukan lokasi tujuan lengkap dengan peta dan arah/ jarak tempuh, baik menggunakan kendaraan bermotor, mobil, sepeda, ataupun jalan kaki.

Memang pada dasarnya aplikasi google maps akan terinstall pada semua merk hp android seperti Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Smartfren Andromax, Sony Experia, Vivo, Meizu, ZTE, Advan maupun Samsung. Namun tidak semua tipe smartphone android tersebut bisa menjalankan aplikasi peta google tersebut, terkadang aplikasi google maps tidak bisa dibuka / error tidak bisa menemukan lokasi dan muncul notifikasi “Sayangnya Maps Telah Berhenti” atau “Unfortunately Maps Has Stopped” sehingga menjadikan aplikasi google maps berhenti sendiri. Lantas bagaimana cara mengatur google maps yang tidak berfungsi di hp android yang kita miliki tersebut ? Yang perlu untuk kita ketahui disini adalah tidak semua penyebab aplikasi google maps yang error tidak bisa dibuka berasal dari koneksi internet yang lemot sebab terkadang hp android sudah terhubung dengan jaringan internet namun hp android tetap tidak dapat terhubung ke maps.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan solusi kenapa google maps tidak bisa dibuka di android. Jadi bagi anda yang hobi akan traveling ataupun akan menggunakan aplikasi google maps tersebut seperti gojek untuk menemukan lokasi tidak perlu cemas lagi akan masalah google map gak bisa dibuka pada smartphone android tersebut. Sebuah cara sederhana untuk mengatasi tidak dapat tersambung ke maps di android ini dapat kitta lakukan sendiri tanpa harus membawanya ke tukang service ataupun service center ponsel android yang kita miliki. Mari langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara mengatasi google maps tidak dapat tersambung padahal sudah konek internet secara lengkap dibawah ini.

Cara Mengatasi Google Maps Tidak Bisa Dibuka Paling Ampuh

cara mengatasi aplikasi google maps tidak bisa dibuka pada hp android

Jika kita mengalami masalah pada gps hp android yang error dimana lokasi google map tidak tepat, maka sebelum kita mengatur google maps yang sering terhenti sendiri secara mendadak tersebut pastikan beberapa hal di bawah ini :

  • Aplikasi google maps apa dan versi berapa yang akan kita gunakan ?
  • Perangkat apa yang kita gunakan saat ini? Pastikan dahulu perangkat tersebut merupakan perangkat yang didukung oleh Google
  • Apakah perangkat tersebut pernah di-root atau menggunakan custom ROM ?
  • Pesan error yang muncul ketika kita tidak dapat menggunakan aplikasi google maps tersebut dan apakah pesan tersebut berubah - ubah ?
  • Apa versi sistem operasi (Android) yang kita gunakan saat ini ?
  • Apa versi aplikasi Google Play Store dan Google Play Service ?
  • Langkah apa yang sudah pernah kita lakukan untuk mengatasi google maps tidak dapat tersambung tersebut ?

RAM hp android yang penuh karena memiliki kapasitas kecil, memori Internal di penuhi file temporary, terlalu banyak aplikasi sosmed yang berjalan di belakang layar, dan lainnya merupakan penyebab utama yang sering terjadi pada aplikasi google maps yang error. Agar dapat mengembalikan gps di android tersebut menjadi normal kembali untuk menemukan lokasi ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Cara mengatasi tidak dapat tersambung ke maps tersebut, diantaranya adalah :

Cara Mengatasi Google Maps Android Tidak Bisa Dibuka


1. Hapus File Cache Hp Android


File cache merupakan salah satu hal yang paling dasar yang perlu untuk kita perhatikan. Sebenarnya file cache hampir sama seperti dengan history smartphone yang berguna untuk mempermudah kita menjalankan aplikasi tertentu yang sebelumnya pernah dibuka agar dapat lebih cepat menjalankan aplikasi tersebut. Akan tetapi terlalu banyak file cache juga mempunyai dampak buruk karena akan membuat memori Internal Penuh. Oleh karena itu sekarang ini banyak tersedia aplikasi Cleaner seperti Claan Master, CM Security, DU Speed Booster, dan lainnya yang berfungsi untuk membersihkan file cache secara rutin. Namun untuk melakukan pembersihan secara manual agar dapat mengatasi google maps yang error, berikut langkah - langkah yang dapat kita lakukan :

  • Buka menu Pengaturan >> Aplikasi >> tap Semua >> cari aplikasi Maps, kemudian tap "Hapus Cache"


2. Paksa dan Hapus Data Aplikasi GPS Android


Jika dengan cara pertama belum dapat mengatasi google maps android yang error maka kita perlu untuk mencoba cara kedua ini yaitu dengan cara menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi Maps. Dengan cara yang kedua ini memang akan berdampak menghilangnya yang bersifat sementara secara permanen mulai dari login, cache, data, setelan, history, dan lainnya. Namun hal tersebut perlu untuk kita coba guna mengatasi google maps android tidak berfungsi tersebut, untuk melakukannya mari kita lihat cara dibawah ini :

  • Buka menu Pengaturan >> Aplikasi >> tap Semua » cari aplikasi Maps, kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data".

3. Update Aplikasi Google Maps


Cara selanjutnya yang dapat kita coba dan menjadi solusi paling ampuh guna memperbaiki aplikasi google maps yang tidak bisa dibuka di hp android adalah dengan melakukan pembaharuan atau update aplikasi. Selain menjadi cara mengatasi smartphone android yang tidak dapat terhubung ke maps dengan melakukan update kita juga akan mendapatkan aplikasi google maps terbaru dengan fitur - fitur terbaru pula di dalam aplikasi gps tersebut. Untuk melakukan pembaharuan / update aplikasi maps tersebut kita cukup masuk pada Aplikasi Google Play Store, kemudian cari dan update aplikasi Maps.


4. Restart Smartphone Android


Setelah melakukan beberapa cara diatas namun aplikasi gps android tersebut masih saja belum bisa dibuka maka cobalah untuk merestart smartphone android anda terlebih dahulu. Cara untuk merestart ponsel android tersebut cukup dengan mematikan daya ponsel android yang anda miliki tersebut dan tunggu hingga beberapa saat sampai benar - benar tidak ada daya. Kemudian cabut baterai, sim card, kartu sd dan setelah itu pasang semuanya lalu hidupkan hp android tersebut kembali. Dengan harapan setelah melakukan restart hp android, aplikasi google maps yang error dapat kembali normal.

5. Factory Reset Android


Apabila semua cara tidak berhasil mengatasi Maps yang error maka terpaksa anda harus Reset Smartphone Android yang anda miliki. Cara terakhir ini sebenarnya bukanlah sebuah cara pilihan karena semua setelan aplikasi akan kembali pada posisi Default yang artinya semua data yang ada didalam hp android tersebut akan hilang. Dan lebihnya lagi, anda juga harus melakukan Backup pada semua data yang ada di Android anda. Setelah itu, barulah anda bisa mencoba untuk melakukan factory reset.

  • Buka Menu Pengaturan >> Buat Cadangan & Setel Ulang >> Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih "Reset Ulang Telepon"

baca juga :

  1. Tips Memperkuat Sinyal GPS Di HP Android
  2. Cara Mengaktifkan Fingerprint Di Hp Xiaomi Redmi 3 Pro

Dalam melakukan perawatan smartphone android yang kita miliki ada beberapa aplikasi yang berfungsi untuk menghapus File temporary dengan mudah dan cepat. Aplikasi - aplikasi seperti CM Security, Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, dan lainnya dapat kita unduh pada aplikasi android google playstore. Dengan begitu kita dapat menghindari masalah aplikasi android yang error seperti google maps, playstore ataupun lainnya.

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengatasi google maps tidak bisa dibuka di android yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika dengan cara di atas sudah dapat berhasil kita lakukan namun gps masih saja tidak tepat maka anda dapat mencoba tips lain mengenai cara setting gps hp android agar lebih akurat pada postingan kami sebelumnya. Semoga dari 5 cara mengatasi gps android yang error diatas dapat memberikan manfaat kepada smartphone yang kita miliki. Sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar