Atasi Titik Biru Maps Tidak Akurat Dengan Cara Kalibrasi GPS HP Android Terbaru

GPS android tidak akurat - Bagaimana cara mengatasi titik biru maps yang tidak akurat ? Cara melakukan kalibrasi gps di hp android merupakan salah satu cara yang perlu kita lakukan apabila kita sering mengalami masalah lokasi google map tidak tepat. Tentu menjadi suatu hal yang perlu segera kita atasi jika gps android tidak berfungsi ketika kita sedang melakukan perjalanan atau traveling pada suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi. Hal ini dikarenakan aplikasi google maps yang error akan mengakibatkan gps di hp android tidak bisa menemukan lokasi tujuan yang sedang kita cari.

Tentu tidak sedikit diantara kita yang pernah mengalami kejadian titik biru di google maps tidak akurat, terdapat selisih hingga 10 meter dari lokasi kita saat ini. Dan terkadang malah muncul titik gps abu abu yang membuat kita semakin kebingungan akan titik koordinat gps lokasi kita berada. Hal ini menjadi suatu kondisi yang wajar karena tidak banyak pengguna smartphone android yang mengetahui akan penyebab gps tidak akurat pada ponsel android yang mereka miliki. Meskipun pada dasarnya prinsip kerja GPS hanyalah tergantung pada satelit dan koneksi internet saja, masalah hasil penelusuran maps android tidak akurat seringkali membuat kita menyalahkan aplikasi google maps tersebut.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba mengulas lebih dalam akan cara mengatur google maps yang sering loncat loncat. Pentingnya mengatasi masalah gps tidak bisa menemukan lokasi saat ini tidak hanya diperlukan saat kita akan melakukan suatu perjalanan saja karena aplikasi google maps saat ini sudah menjadi suatu alat kerja khususnya bagi driver ojek online. Dibandingkan kita harus menginstal banyak aplikasi gps terbaik untuk gojek, lebih baik jika kita memperkuat sinyal gps di hp android. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara kalibrasi gps untuk memperbaiki google maps hp android yang tidak akurat di bawah ini.

Atasi Titik Biru Maps Tidak Akurat Dengan Cara Kalibrasi GPS HP Android Terbaru

cara kalibrasi gps hp android

Akan tetapi sebelum kita membahas masalah gps hp android yang tidak akurat tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui penyebab gps tidak tepat terlebih dahulu pada ulasan sebagai berikut ini :

  • Masih menggunakan aplikasi Google Maps dengan versi lama
  • Terlalu banyak data numpuk sehingga aplikasi Google Maps lemot dan sering blank saat dibuka
  • Rom atau frimware sistem smartphone android yang saat ini digunakan merupakan bugs
  • Koneksi internet dari sinyal hp android yang lemah

Jadi apabila kita mengalami masalah google maps error yang ditandai dengan titik biru lokasi pada Google Maps tidak akurat selisih hingga 50 meter lebih, kadang titik biru di Google Maps menjadi abu - abu atau malah pindah - pindah / loncat - loncat, titik biru di Google Maps tertinggal, peta atau Maps tidak terbuka atau blank setelah aplikasi Google Maps di update ke versi baru dan bahkan lokasi GPS pada Google Maps malah berada di kota lain maka kita perlu sesegera mungkin untuk mengatasinya dengan cara kalibrasi gps android tersebut.

Cara kalibrasi gps hp android yang tidak akurat


Sebelum kita melakukan kalibrasi pada aplikasi google maps di ponsel android yang kita miliki, kita perlu memastikan terlebih dahulu keakuratan dari satelit dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Pertama - tama lihat apakah terdapat perubahan di GPS jika kita membawa hp android yang kita miliki pada tempat yang lebih terbuka
  2. Apabila tidak terdapat perubahan maka coba kita seting GPS pada mode High Accuracy
  3. Setelah itu kita unduh terlebih dahulu aplikasi GPS Essentials untuk membantu proses kalibrasi google maps di smartphone android milik kita tersebut
  4. Lalu buka aplikasi GPS Essentials dan biarkan aplikasi tersebut bekerja untuk menemukan satelit yang ada di atas kita, hal ini bertujuan untuk membantu memperbaiki GPS HP android kita
  5. Tunggu sampai ada satelit yang berwarna hijau, sebab apabila satelit masih berwarna abu - abu maka artinya satelit yang tertangkap di hp kita belum bisa memperbaiki GPS yang tidak akurat

Gunakan GPS Status & Toolbox untuk kalibrasi google maps


Jika dengan cara di atas masih saja belum mengatasi masalah koordinat google maps yang tidak akurat maka langkah selanjutnya kita perlu untuk mencoba menggunakan aplikasi GPS Status & Toolbox. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kita dapat mengetahui akurasi GPS dengan memastikan semua angka pada layar dan juga pada bar frekuensi di bawah kompas yang bergerak terisi.

Jadi jika aplikasi GPS HP android milik kita tersebut belum akurat maka carilah suatu tempat yang datar dan terbuka terlebih dahulu. Jika sudah, kita dapat melihat dari lingkaran coklat apabila sudah berada di tempat datar lingkaran coklat tersebut maka kita sudah berada di tengah kompas. Dan secara otomatis aplikasi GPS Status & Toolbox tersebut akan memperbaiki akurasi GPS smartphone yang tidak tepat.

baca juga :

Kesimpulannya, jika kita mengalami masalah titik biru google maps tidak akurat maka pastikan terlebih dahulu akan koneksi internet yang ada saat itu dan pastikan kita sudah menggunakan aplikasi google maps dengan versi terbaru. Jika memang lokasi yang kita cari di peta tidak muncul maka terdapat kemungkinan memang lokasi tersebut belum pernah terjangkau oleh satelit google maps.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan masalah cara mengatasi gps android tidak berfungsi. Semoga postingan kami ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar