HP Fast Charging Lama Di Cas ? Simak 7 Tips Memperbaiki Fast Charging Hp Android Tidak Berfungsi

Fast charging hp android tidak berfungsi - Bagaimana cara mengatasi hp fast charging di cas lama penuh ? Memperbaiki proses charging lambat di hp android kini menjadi suatu hal yang perlu untuk kita ketahui sekarang ini. Hal ini dikarenakan banyak pengguna ponsel android dengan fitur fast charging tapi di charge lama penuh dan bahkan tidak bisa full 100%. Padahal jika kita membicarakan sebuah smartphone dengan pengisian daya baterai cepat atau yang sering kita kenal dengan "Fast  Charging", hp fast charging seharusnya tidak membutuhkan waktu berjam - jam untuk mengisi daya sampai terisi penuh .

Namun anehnya, seiring berjalannya waktu fitur fast charging di hp android kini seperti tidak berfungsi. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya keluhan di hp android keluaran terbaru dimana hp fast charging di cas / di charge tidak bisa full. Lantas jika terjadi demikian bagaimana cara memperbaiki pengisian daya hp fast charging yang tidak berfungsi atau error tersebut ? Dan tentunya masalah hp fast charging di cas lama penuh ini terjadi pada semua tipe smartphone android seperti asus, xiaomi, oppo smartphone, vivo, dan juga hp android samsung.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan 7 solusi pada hp android fast charging yang di charge tidak bisa penuh tersebut. 7 cara mengatasi fast charging yang tidak bekerja di hp android ini merupakan suatu langkah sederhana pada sebuah smartphone. Dengan harapan setiap pengguna hp android dapat menggunakan tujuh tips dari kami untuk mengatasi fast charging yang error tersebut tanpa harus membawanya ke service center. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 7 cara mengatasi hp android fast charging di charge tidak mengisi daya di bawah ini.

HP Fast Charging Lama Di Cas ? Simak 7 Tips Memperbaiki Fast Charging Hp Android Tidak Berfungsi

hp fast charging di cas lama penuh

Akan tetapi sebelum kita membahas akan masalah hp android di cas lama penuh meskipun sudah di dukung oleh fitur fast charging ini, alangkah lebih baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai penyebab hp fast charging di cas lama penuh tersebut. Sebenarnya terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab hp fast charging di cas tidak bisa full 100%.

Namun berdasarkan dari pengalaman kami ketika menggunakan hp xiaomi dan juga hp Samsung j series, penyebab pengisian daya baterai hp android tidak cepat penuh yang sering terjadi adalah :

  • Kerusakan pada pada kabel atau adaptor charger
  • Tidak stabilnya arus listrik
  • Menggunakan smartphone android dalam kondisi sedang di cas
  • Kualitas dari baterai ponsel yang semakin menurun sehingga membuatnya kehilangan kapasitas muatan di dalamnya

Melihat penyebab proses pengisian daya baterai hp android yang lambat di atas , di bawah ini akan kami berikan beberapa tips untuk mempercepat proses charging di ponsel android.

7 Cara mempercepat proses charging di hp android


1. Cek Kondisi Kabel Dan Adaptor Charger
hp fast charging di cas lama penuh

Kabel charger merupakan perangkat yang sering kali menjadi sumber masalah dari fast charging tidak berfungsi di sebuah smartphone android. Adanya ketidak stabilan arus listrik (ampere) ini dikarenakan adanya penurunan intensitas penggunaan kabel kehilangan efisiensinya sehingga masalah pada proses charger itu terjadi.

Selain kabel charger, kita juga perlu untuk memastikan kondisi adaptor charger. Port USB rusak, kotor atau berkarat juga dapat mempengaruhi aliran sumber daya listrik sehingga arus yang masukpun akan menjadi tidak stabil. Selain itu, adaptor charger mengalami kerusakan biasanya dikarenakan fuse / Sekering pada Adaptor ada yang putus dan mungkin juga Dioda mengalami Short.

Solusi

  • Ganti kabel dan adaptor charger, alangkah baiknya beli charger original dari hp android yang kita miliki
  • Jangan sering menggunakan Charger yang mempunyai konektor universal (satu adaptor charger yang dilengkapi dengan beberapa jenis konektor kabel sekaligus). Hal ini dikarenakan charger dengan model tersebut hasil dari outputnya sering kali tidak stabil

2.  Pastikan Sumber Pengisian Daya
hp fast charging di cas lama penuh

Meskipun perangkat seperti PC / Laptop / PB memiliki port USB yang dapat kita gunakan untuk mengecharge ponsel android, alangkah lebih baiknya jika kita tidak terlalu sering mengisi daya melalui perangkat tersebut. Hal ini dikarenakan port USB tersebut berfungsi sebagai proses transfer data sehingga port tersebut tidak menyediakan cukup arus. Jadi meskipun hp android yang kita miliki sudah memiliki fitur fast charging tentu tetap akan lama mengisi daya baterai jika dihubungkan dengan port USB perangkat tersebut.

Arus keluaran yang ideal untuk USB adalah sebagai berikut :

  • USB 2.0 bisa menyediakan hingga 500mA (0.5 A)
  • USB 3.0 bisa menyediakan hingga 900mA (0.9 A)

3. Mode Pesawat

Mengaktifkan airplane mode atau yang sering kita kenal dengan sebutan "mode pesawat" adalah kondisi dimana kita mematikan koneksi nirkabel (Seluler dan WiFi) di hp android yang kita miliki. Mengaktifkan mode pesawat juga memiliki fungsi untuk mempercepat pengisian daya baterai smartphone ketika sedang di cas. Hal ini dikarenakan konsumsi daya baterai untuk jaringan seluler dan internet akan berkurang ketikan airplane mode kita nyalakan.

Mungkin anda tertarik :

4. Tidak menggunakan ponsel ketika sedang di charge
hp fast charging di cas lama penuh

Salah satu penyebab smartphone android di cas tidak penuh - penuh dan bahkan malah menjadi panas adalah karena kebiasaan kita yang selalu menggunakan perangkat android tersebut ketika sedang dilakukan pengisian daya.

Menggunakan hp android untuk bermain game ketika dicharge akan membuat layar hp menjadi bekerja lebih intensif padahal komponen dengan penggunaan day baterai terbesar ada pada bagian layar itu sendiri. Jadi bisa kita bayangkan sendiri apa jadinya jika kita menggunakan smartphone saat sedang diisi daya baterainya.

5. Nonaktifkan aplikasi berjalan

Perlu untuk kita ketahui bahwa meskipun tidak terlihat pada layar smartphone, di dalam perangkat android terdapat beberapa aplikasi yang berjalan pada background yang mana memiliki penggunaan daya dalam jumlah bervariasi.

Oleh karena itu kita perlu untuk menutup semua aplikasi yang berjalan tersebut supaya proses charging lambat tidak terjadi pada hp android yang meskipun telah memiliki fitur fast charging tersebut.

6. Rubah Versi OS Android

Tidak sedikit pengguna hp android yang mengeluhkan pengisian daya berjalan lambat meskipun sudah di charge berjam - jam setelah hp android yang dimilikinya di upgrade pada Sistem Operasi ke versi terbaru. Hal ini terjadi dapat dikarenakan adanya bugs pada OS baru, atau versi tersebut tidak kompatibel dengan ponsel android yang kita miliki.

Solusinya

Downgrade versi Android ke versi sebelumnya atau dengan menunggu update agar bug-nya dapat teratasi.

7.  Ganti baterai hp android
hp fast charging di cas lama penuh

Jika dari semua cara di atas belum juga dapat mengatasi hp android fast charging di cas lama penuh maka langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengganti baterai smartphone lama dengan yang baru. Faktor usia penggunaan ataupun bawaan cacat produksi adalah beberapa hal yang membuat baterai hp android mengalami kerusakan.

Namun tidak menutup kemungkinan juga jika kita membawa masalah hp fast charging tidak bisa full tersebut ke service center terdekat. Dengan tujuan untuk adanya penanganan yang lebih lanjut karena pada beberapa tipe smartphone dengan baterai non removeble tentu kita akan mengalami sedikit kesulitan nantinya.

baca juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang 7 tips untuk mempercepat pengisian daya baterai hp android fast charging tersebut. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar