Panduan Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi Di HP Android Secara Lengkap

Cara memperbaiki bluetooth - Bagaimana cara mengatasi bluetooth hp android yang tidak berfungsi ? Perlu untuk kita ketahui bahwa bluetooth adalah teknologi nirkabel yang digunakan untuk mengirimkan data yang berupa file apk, musik, video, foto ataupun dokumen dari ponsel android yang berbeda. Dengan adanya fitur bluetooth di smartphone android kita dapat mengirim dan menerima file aman dan cepat namun pernahkah terbayangkan jika kita mengalami masalah bluetooth tidak bisa menerima file dari hp android perangkat lain ?


Sekarang ini konektivitas bluetooth hp android tidak hanya berfungsi hanya untuk mengirim ataupun menerima data saja melainkan juga bluetooth juga dapat berfungsi untuk memainkan musik dan membuat panggilan pada headset bluetooth. Akan tetapi masalah bluetooth tidak bisa terhubung pada speaker ataupun tidak bisa pairing pada audio mobil masih sering kita alami.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba mengulas lebih dalam akan cara memperbaiki bluetooth yang tidak dapat dioperasikan tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki bluetooth android yang tidak bisa diaktifkan di bawah ini.

Panduan Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi Di HP Android Secara Lengkap

Panduan cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi di hp android


1. Penyebab bluetooth hp android tidak berfungsi


Sebelum kita mengulas lebih dalam mengenai masalah speaker bluetooth tidak terdeteksi di ponsel android tersebut ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, diantaranya seperti faktor penyebab bluetooth tidak bisa menerima file. Mengetahui penyebab bluetooth yang error perlu untuk kita ketahui agar kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan ketika sedang mengatasi bluetooth susah nyambung tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab bluetooth audio tidak bisa connect, diantaranya :

Salah satu atau kedua perangkat bluetooth tidak aktif

  • Salah satu syarat agar pengiriman file lewat bluetooth tidak gagal di hp android adalah kedua perangkat android tersebut harus mengaktifkan fitur bluetooth terlebih dahulu. Jika salah satu pihak tidak conncet fitur bluetooth maka sudah dapat dipastikan bluetooth tidak akan berfungsi.

Memori penerima file sudah penuh

  • Selain konektivitas fitur bluetooth, kapasitas memori sebuah smartphone juga menjadi salah satu faktor penyebab berbagi bluetooth terhenti. Seringkali kita lupa memastikan isi dari kapasitas penyimpanan pada ponsel android yang kita miliki sehingga saat mengirim file selalu berhenti mendadak / gagal karena memori yang sudah penuh.

Daftar perangkat bluetooth di hp android sudah maksimal

  • Setiap kali akan menghubungkan / pairing hp android yang kita miliki menggunakan fitur bluetooth, tentu bluetooth dari perangkat lain akan tersimpan pada daftar nama. Dan seringkali pengguna smartphone android tidak menyadari bahwa daftar nama bluetooth hp android yang sudah terisi penuh ini dapat menjadi faktor penyebab perangkat bluetooth tidak ditemukan.

Jarak yang terlalu jauh

  • Perlu untuk kita ketahui bahwa jarak bluetooth hp android dapat berfungsi / mampu mengirim file ke perangkat lain adalah sekitar 10 meter. Jadi tidak dipungkiri jika bluetooth tidak bisa menerima file apk apabila si pengirim berada jauh dari kita. Dan apabila dalam jarak dekatpun masih tidak mampu maka terdapat kemungkinan bahwa fitur bluetooth pada hp android tersebut mulai lemah.

Kata sandi atau password tidak cocok

  • Diperlukannya sebuah izin untuk melakukan komunikasi bluetooth, seperti meminta koneksi, menerima koneksi, dan mentransfer data. Dan ijin tersebut dikonfirmasikan dalam bentuk kata sandi atau password yang dikirimkan setelah fitur bluetooth disambungkan. Untuk itu apabila kita selalu gagal dalam menghubungkan bluetooth hp android maka pastikan terlebih dahulu akan kebenaran kata sandi tersebut.

Perangkat bluetooth rusak

  • Apabila penyebab hp android tidak bisa terhubung lewat fitur bluetooth tersebut karena adanya suatu kerusakan dari bluetooth itu sendiri maka langkah terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan membawanya ke service center terdekat.

2. Memastikan kerusakan bluetooth android


Memiliki masalah dengan bluetooth yang tiba - tiba berhenti sendiri saat mengirim file pada perangkat bluetooth android lainnya tentu akan membuat kita kesal. Terlebih lagi apalagi jika ternyata handphone android yang kita gunakan adalah perangkat android baru.

Tablet dan Smarphone Android tidak jauh terhindar dari masalah bluetooth tidak berfungsi / error, tanpa terkecuali terhadap merk atau tipe apapun seperti pada Samsung, Advan, Sony Experia, Andromax, HTC, Lenovo, Oppo dan beberapa produsen lainnya.

Untuk itu kita perlu memastikan fitur bluetooth hp android yang error tersebut dengan langkah dasar, yakni dengan cara memasangkan dan menghubungkan ponsel Android melalui bluetooth.

Langkah - langkah mengaktifkan bluetooth di hp android yang benar


  • Pertama - tama masuk pada menu pengaturan, kemudian cari "Wireless & Jaringan" setelah itu klik pada pengaturan Bluetooth
  • Aktifkan bluetooth dan pastikan perangkat kita akan terlihat oleh semua perangkat lainnya
  • Lalu biarkan bluetooth mencari alamat bluetooth lainnya untuk disambungkan
  • Setelah itu ketuk nama dari perangkat Anda ingin terhubung ke dari daftar tersedia perangkat dan masukkan kata sandi dan klik pasangan
  • Dan kita akan melihat bluetooth dari perangkat android lainnya yang dipasangkan dalam daftar perangkat pasangan

3. Cara mengatasi masalah bluetooth yang sering terjadi di smartphone android


Cara mengatasi bluetooth tidak bisa terhubung di perangkat lain


  • Pertama - tama coba restart ponsel android yang kita miliki atau jika ingin dengan cara tercepat cukup dengan masuk pada airplane mode lalu nonaktifkan kembali airplane mode tersebut
  • Setelah itu hapus perangkat bluetooth dari daftar telepon dan mencoba untuk menemukan kembali lagi. Kita dapat melakukannya dengan cara menekan nama perangkat lalu Unpair
  • Unduh kembali driver yang sesuai untuk PC jika kita mengalami masalah yang sama antara telepon dan PC
  • Dan yang terakhir yang terakhir, pastikan kedua perangkat yang di sekitar satu sama lain

Cara mengatasi hp android tidak bisa mengirim atau menerima file lewat bluetooth


Clear Cache
  • Cara pertama ini kita akan membersihkan cache yang tersimpan secara otomatis pada aplikasi Bluetooth bawaan dari pabrik. Cache biasanya digunakan oleh sistem untuk mempermudah atau mempercepat suatu aplikasi terbuka. Namun tidak menutup kemungkinan cache yang menumpuk menjadi sumber permasalahannya. Cara membersihkan cache aplikasi adalah, tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear cache.

Clear data
  • Hampir sama seperti diatas namun dengan menggunakan fitur ini kita akan membersihkan data yang tersimpan seperti daftar nama Bluetooth dari hp atau Tablet yang sebelumnya telah terbaca. tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear data.

Mungkin anda tertarik :
  1. Cara Mengatasi Bluetooth Hp Android Tidak Terdeteksi
  2. Cara Memperbaiki Bluetooth Hp Android Yang Tidak Bisa Diaktifkan

Gunakan aplikasi Bluetooth Fix Repair
  • Aplikasi gratis yang satu ini akan memperbaiki sistem Bluetooth yang error pada Smarphone. Jika Bluetooth Android error setelah di root maka cara menggunakan bluetooth fix repair dapat menjadi solusinya

Reboot
  • Matikan Android kemudian cabut baterai, sim card dan memory external (micro sd) lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah itu pasangkan dan hidupkan kembali. Cara ini akan berhasil terhadap Android yang tidak bisa terbaca oleh Bluetooth.

Factory Reset
  • Salah satu kelebihan dari melakukan factopry reset Android adalah karena ia akan secara otomatis mengembalikan dan memperbaiki sistem android yang telah rusak. Namun yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cara ini adalah kita harus back up data dan file Android seperti file hiburan atau dokumen agar nantinya tidak terhapus.

Cara memperbaiki bluetooth tidak bisa pairing pada audio mobil


  • Pertama - tama matikan fitur bluetooth baik itu pada ponsel android ataupun dari mobil
  • Setelah itu matikan smartphone android yang kita miliki
  • Hidupkan konektivitas bluetooth ponsel android yang kemudian diikuti dengan bluetooth audio mobil untuk melakukan pairing
  • Setelah tersambung, buka pemutar musik hp android dan kita dapat memainkan musik dan membuat panggilan pada headset bluetooth diaktifkan nirkabel

baca juga :

Demikian artikel kami kali ini yang membahas tentang cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan. Semoga pertemuan akan masalah bluetooth android yang bersumber dari Android Developers kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar