Cara Memperbaiki LCD HP Layar Sentuh Error Karena Terkena Air

LCD HP Kena Air - Bagaimana cara mengatasi layar sentuh hp android eror karena terendam air ? Musibah dimana hp touchscreen kena air  yang membuat layar lcd kemasukan air ketika ponsel di taruh pada saku baju hingga tercebur, kehujanan, atau kena tumpahan air minum dan lainnya itu sudah sering terjadi. Alahasil, hp ngeblank dimana layar android tidak merespon jika disentuh setelah terkena air tersebut.

Prinsip dasarnya, air masuk ke layar sentuh handphone dapat mengakibatkan konsleting pada fungsi touchscreen atau komponen lainnya. Jika dalam kondisi tersebut dimana hp kena air mati total tidak segara ditangani, dapat berdampak pada kerusakan layar sentuh terutama touchscreen handphone bisa tidak berfungsi. Semua itu dikarenakan hp / tablet merupakan perangkat elektronik yang rentan akan air.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan memberitahu langkah awal yang harus dilakukan ketika hape android terkena / terendam air. Ini merupakan salah satu cara memperbaiki hp yang terkena air yang banyak berhasil ketika dicoba oleh banyak orang. Dan berikut ini adalah cara memperbaiki hp kena air touchscreen tidak bisa disentuh.


Cara Memperbaiki LCD HP Layar Sentuh Error Karena Terkena Air

cara mengatasi hp ngeblank karena terkena air

Solusi Touchscreen HP Android Error Setelah Kena Air


    1. Setelah HP kita terkena atau masuk air

    cara mengatasi layar hp yg tidak bisa disentuh

    • Kita harus cepat mengeluarkan baterai HP dan SIM card, jangan menghidupkan terlebih dahulu HP anda jika anda menghidupkan maka hal ini dapat menbuat HP anda rusak karena air dalam HP belum sepenuhnya kering. 

    2. Keringkan Terlebih Dahulu Air Pada HP-nya

    cara menghilangkan air di layar hp

    • Dalam mengeringkan anda dapat menggunakan kipas angin atau di jemur pada sinar matahari, jika terlalu lama air mengendap dalam HP anda maka dapat menimbulkan karat dan memungkinkan HP anda sudah tidak bisa digunakan lagi. 


    3. Bersihkan hp dari air

    cara memperbaiki layar sentuh yang terkena air

    • Bersihkan air dari semua sisi pada HP terutama pada bagian tempat Baterai dengan tisu atau kain yang dapat menyerap air dengan cepat, hindari menekan layar karena dapat menyebabkan pixel layar mati.
    • Anda juga dapat menggunakan kaleng kedap air dan semprotkan udara kebagian-bagian yang masih basah sampai HP anda benar-benar kering.
    • Beras juga dapat dimanfaatkan untuk menyerap kelembaban pada HP dengan cara HP anda dimasukan pada tumpukan beras selama semalam. 

    4. Bersihkan hp dari sisa debu

     

    • Lalu bersihkan debu-debu beras dalam HP dengan semprotan, setelah itu masukan dan pasang Baterai lalu hidupkan HP anda.

    5. Masukan hp ke dalam freezer

    hp layar sentuh kena air
    sumber gambar : jalantikus

    Jika cara diatas belum dapat mengatasi masalah layar touchscreen tidak bisa disentuh tersebut, maka memasukan HP kedalam freezer dalam keadaan tanpa SIM dan Baterai dapat kita coba agar hp bisa disentuh kembali. Berikut langkah - langkah yang perlu untuk kita lakukan berdasarkan beberapa sumber yang ada, yaitu :

    • Pertama - tama bungkas HP anda dengan beberapa lembar tisu toilet dan kemudian masukan kedalam plastik
    • Setelah plastik sudah dalam kondisi terikat, masukan ke dalam freezer tersebut selama kurang lebih 30 menit
    • Lalu kita coba hidupkan kembali HP toucscreen yang terkena air tersebut

    Apabila cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi setelah terendam air tersebut gagal lagi, maka terdapat kemungkinan jika smartphone yang kita miliki telah mengalami konsleting. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya jika kita membawanya ke service center hp android terdekat. Dengan harapan masalah layar touchscreen tidak bisa disentuh dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    baca juga :

    Cara Mengatasi HP Xiaomi Kena Air Touchscreen Tidak Bisa Hidup


    Awal kejadian touchscreen hp xiaomi yang rusak kena air ini bermula dari tidak sadarnya saku celana tersiram air. Namun setelah beberapa saat kemudian baru menyadari hp xiaomi kena air touchscreen tidak bisa hidup.

    Berikut beberapa langkah untuk memperbaiki layar hp tidak bisa disentuh karena air yang perlu untuk kita lakukan, diantara :

    Cara Mengatasi Touch Screen HP Xiaomi Tidak Bisa Hidup Setelah Kena Air

    1. Masukan ke dalam beras, untuk langkah pertama ini bisa kita lakukan pada semua hp android yang terkena air. Fungsi dari memasukan ke dalam beras ini adalah menghilangkan sisa air pada perangkat android dengan bantuan suhu dari beras tersebut
    2. Lalu setelah itu kita cek kembali bagian dalam HP denga cara membuka casing xiaomi tersebut, jika terdapat kerak atau jamur berwarna putih atau hitam pada mesin perangkat android tersebut maka kita bersihkan terlebih dahulu menggunakan sikat gigi yang diolesi minyak kayu putih
    3. Kemudian kita keringkan bagian mesin tersebut menggunakan hair dryer, apabila kita tidak memilikinya cukup diamkan selama 3 - 4 jam dahulu
    4. Setelah itu jika kita yakin sudah tidak ada yang bagian yang konslet, maka coba hidupkan kembali. 
    5. Apabila saat dihidupkan hp hanya berkedip (muncul logo xiaomi lalu mati kembali) coba lepas kembali baterai ponsel tersebut. Setelah itu hidupkan kembali dengan menghubungkan charger tanpa baterai
    6. Jika dengan langkah di atas hp xiaomi bisa hidup maka besar kemungkinan penyebab hp xiaomi yang tidak bisa dinyalakan setelah kena air tersebut adalah karena kerusakan pada baterai. Oleh karena itu coba ganti dengan baterai yang baru

    Kesimpulan Layar LCD HP Kena Air


    Jadi apabila kita mengalami kejadian dimana hp dengan layar sentuh kemasukan air baik itu secara sengaja atau tidak maka langkah awal yang harus kita lakukan pertama kali adalah dengan melepas baterai hp tersebut. Setelah itu keringkan hp android dengan memasukannya kedalam beras selama 3 - 4 jam, jika kita tidak memiliki alat untuk mengeringkannya.

    Namun apabila dengan cara tersebut kondisi hp kena air masih tidak bisa disentuh, blank screen, bergaris bahkan mati total tidak bisa hidup setelah kena air maka penyebab utamanya dikarenakan ada jalur yang putus akibat konslet tersebut (terbakar jalurnya).

    baca juga : 5 Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Tidak Berfungsi Dalam 10 Menit

    Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yang telah membahas tentang cara mudah memperbaiki atau mengatasi handphone saat terkena air, lakukan cara tersebut secara benar. Sekian dan terima kasih ..
    LihatTutupKomentar