7 Cara Melacak HP Hilang Kartu SIM Tidak Aktif

Melacak hp android yang hilang - Bagaimana cara melacak hp android hilang kartu sim tidak aktif ? Melacak handphone android hilang yang SIM Card dalam kondisi mati memang bukan suatu perkara yang mudah. Panik adalah suatu tindakan yang pertama dilakukan jika kita kehilangan ponsel android tersebut. Berbagai cara akan kita cari dengan tujuan agar dapat menemukan smatphone android yang hilang karena di curi ataupun jatuh dijalan.

Memang sekarang ini sudah banyak cara untuk menemukan lokasi hp android dari tempat yang berbeda. Mulai dari melacak hp android menggunakan nomer handphone, imei, ataupun aplikasi - aplikasi pencari hp android yang hilang. Namun tetap saja kita akan mengalami kesulitan untuk melacak hp yang hilang melalui nomor hp dalam kondisi hp off / tidak hidup. Hal ini dikarenakan perangkat android yang tidak dalam keadaan hidup tentu tidak akan sinkron terhadap pencarian lokasi via internet, email ataupun wa.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami TecnoEcho akan mencoba membantu untuk mencari hp android yang hilang tersebut. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa cara melacak hp android yang hilang dalam keadaan mati bukan suatu perkara yang mudah. Terlebih lagi jika hp yang dicuri tersebut kita tidak mengingat akan akun gmail ataupun kode imei didalamnya. Untuk itu mari langsung saja kita coba cara melacak hp android yang hilang lewat internet secara lengkap pada ulasan di bawah ini.

7 Cara Melacak HP Android Hilang Dalam Keadaan Mati

cara melacak hp android hilang yang kartu sim tidak aktif


Pada artikel ini kami akan mencoba membantu anda untuk mengingat dan mengarahkan hal apa saja yang harus dilakukan ketika smartphone atau tablet android anda hilang. Masih ada cara untuk dapat mengendalikan Android dari jarak jauh agar handphone tersebut dapat kembali pada genggaman kita kembali, berikut penjelasannya :

7 Cara Menemukan Keberadaan Lokasi Hp Android Yang Hilang 


1. Cara melacak hp android hilang dengan aplikasi pelacak hp hilang


Aplikasi resmi dari Google yang memiliki fungsi sebagai alat pelacak HP Android yang sangat mudah untuk digunakan sering kita kenal dengan Android Device Manager. Syarat wajib untuk dapat menggunakan aplikasi ini ialah hp Android anda harus terkoneksi pada akun google, tidak dalam keadaan mati, dihidupkan serta terhubung ke internet.

Aplikasi device manager ini bersifat gratis dan tidak membutuhkan alat tambahan untuk menggunakannya. Selain dapat melacak Android, ADM juga memiliki fitur untuk melakukan dering dan wiping. Dalam keadaan dari jarak jauh fitur remote control ini mampu membunyikan Smartphone Android serta menghapus data didalamnya secara langsung.

Cara menggunakan Aplikasi Android Device Manager ini adalah :

  1. Pertama - tama masuk ke Android Device Manager menggunakan akun google dari Android yang hilang dengan menggunakan browser di PC atau laptop.
  2. Kemudian setelah anda masuk akan melihat nama Android yang terkoneksi. Jangan melakukan fitur dering terlebih dahulu supaya dia tidak curiga dengan Android tersebut. 
  3. Lalu perhatikan saja lokasi saat ini, catat alamat dan waktu atau jam dari lokasi terakhir Android berada.
  4. Dari sana, kita dapat langsung coba mendatangi alamat dan lokasi yang telah dideteksi oleh Android Device Manager
Jika pada ADM hanya menunjukkan keterangan "Lokasi tidak tersedia" atau "Terakhir online", lakukan cara ini setiap hari karena ada kemungkinan jika Android anda tersebut sedang dalam keadaan mati atau tidak terkoneksi ke internet dan bisa jadi si pencuri telah melakukan factory reset. 

2. Cara melacak hp android samsung yang hilang


Salah satu alat pelacak hp android selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara melacak hp samsung yang hilang adalah dengan menggunakan "Samsung Kendali Jarak Jauh". Selain mereka mempunyai layanan Samsung Apps, mereka juga mempunyai fitur remote control yang dinamakan dengan "Find My Mobile".

Aplikasi tersebut memberikan fasilitas kepada kita untuk dapat melakukan beberapa cara mengendalikannya dari jarak jauh seperti mengunci, melacak, membunyikan, menghapus data bahkan mengirim kita SMS secara otomatis setiap kali handphone Android tersebut telah berganti nomor telepon / kartu SIM. Meskipun si pencuri sering mengganti sim card dari berbagai operator fitur Find My Mobile akan terus mengirimi kita SMS dengan catatan selama Android kita belum di factory reset. Namun sekali lagi, pernahkah anda untuk mengaktifkan fitur samsung kendali jarak jauh ?

baca juga :

3. Trik Melacak Android Menggunakan DropBox


Beberapa produsen yang telah memproduksi dan memasarkan Tablet serta Smartphone Android telah memasang dropbox sebagai aplikasi bawaan dari produk mereka. Tetapi jika anda telah memasangnya secara manual tujuan utama dari cara ketiga ini pun sama. Trik ini hanya akan lebih mudah dipahami bagi anda yang menggunakan Cloud Storage Dropbox di perangkat ponsel android kita. Ijinkan kami untuk membantu anda mengingatnya. Pada aplikasi dropbox, terdapat salah satu fitur yang dinamakan Camera Upload.

Fitur ini akan secara otomatis mengunggah setiap kali kita mengambil gambar atau foto baik itu dengan menggunakan kamera depan maupun belakang. Foto tersebut akan tersimpan didalam folder awan dropbox dengan nama Camera Upload. Ingatkah anda dengan fitur seperti itu ?

Cara mengaktifkan fiture Cloud Storage Dropbox cukup dengan log in ke akun dropbox menggunakan PC lalu buka folder Camera Upload. Maksud dari Tujuan dari trik ini adalah, sangat mungkin si pencuri mengambil foto atau membuat foto selfie yang secara otomatis akan terupload. Dengan itu kita akan mendapat petunjuk tambahan mengenai lokasi dari Smartphone yang hilang mealui foto-foto yang ada didalam folder tersebut.

4. Cara melacak hp android yang hilang dengan gps


Google map juga memliki fitur untuk melacak setiap aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan GPS yang disebut dengan location history. Meskipun fitur ini sebenarnya sudah lama sekali ada, yang menjadi permasalahnnya apakah kita pernah mengaktifkan fitur ini ? Pernahkah kita memberi akses kepada google untuk melacak setiap lokasi yang kita kunjungi sebelum Smartphone atau Tablet android tersebut hilang ?

Fitur location history ini akan memberikan informasi yang sangat detail, meskipun secara lokal maupun saat pergi ke luar negeri. Disana kita akan dapat melihat track atau garis berwarna merah sebagai tanda ketika kita bepergian. Mulai dari jalan atau track, tanggal , menampilkan waktu dan jam serta tempat tertentu yang sebelumnya telah terdaftar pada google map. Namun jika ternyata kita belum pernah menggunakannya, fitur ini hanya akan menampilkan keterangan tidak tersedia. Untuk mengetahui kepastiannya, periksa di Google Location history.

Update !

5. Cara melacak hp android yang hilang dengan nomer imei


Pertama - tama agar kita dapat mengetahui kode IMEI, kita bisa mengecek dengan melakukan panggilan nomor dial *#06#

Selain itu kita juga bisa mengetahuinya melalui menu pengaturan android, yaitu dengan cara pilih Settings > About Phone > Status, dan kursor ke halaman bawah kita akan menemukan data MEID dan catat nomor tersebut pada secarik kertas.

  • No IMEI (Imei hp Android)
  • Model Name (Type Perangkat)
  • Manufacturer (Merk/Vendor)
  • Carrier (Provider yang digunakan)
  • Last Activity Seen on (Terakhir digunakan)
  • Registered Date (Kapan didaftarkan)

Langkah selanjutnya silakan kunjungi situs https://www.google.com/android/find?u=0, atau kita bisa mengunduh aplikasi pelacak no imei  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.adm. Setelah itu kita masukan nomor imei yang terdaftar di hp yang kita miliki

Untuk mulai mengidentifikasi kita dapat menekan tombol play sound, saat hp kita aktif proses pelacakan akan di mulai google location akan melacak keberadaan ponsel tersebut.

Dan kietika kita menemukan titik lokasi, sekarang anda tinggal melakukan pengintaian menuju titik lokasi dan selanjutnya jangan lakukan deringan terlalu sering agar menghindari kecurigaan terhadap si pembawa hp.

Langkah terakhir apabila kita telah sampai pada titik pelacakan hp, deringkan sesering mungkin, dan teman – teman dapat mengetahui hp yang berbunyi dengan dering yang keras.

6. Cara melacak hp android yang hilang lewat internet


Cara melacak hp android yang hilang lewat internet sebenarnya tidak berbeda dengan menggunakan bantuan aplikasi. Hanya saja dengan kita mengetahui email yang kita miliki pada hp android yang hilang tersebut bisa menjadikan kita mencoba beberapa aplikasi pelacak hp hilang lainnya.

7. Cara melacak hp hilang lewat WA

  • Pertama - tama perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu bahwa melacak lokasi hp menggunakan wa hanya dapat dilakukan menggunakan whatsapp web
  • Selanjutnya ketika sedang melakukan chat maka kita bisa mencari ip dari hp tersebut yaitu dengan cara menjalankan task manager dengan cara "CTRL+ALT+DEL"
  • Lalu kita hapus semua program yang sedang berjalan kecuali browser yang sedang kita gunakan untuk chat
  • Setelah itu masuk pada run dengan cara "Win+R" dan masukan "cmd" tekan enter
  • Kemudian akan muncul tampilan command prompt dan kita bisa masukan "netstat-an" lalu enter
  • Setelah itu akan muncul ip dari hp tersebut, lalu tinggal kita copy dan simpan ip tersebut
  • Untuk tahap pelacakan kita dapat melalui situs http://www.ip-adress.com/ip_tracer/ dan masukan ip tersebut.

lihat juga :

Demikian artikel kami yang telah mengulas tentang tips dan trik untuk mencari handphone yang hilang. Semoga artikel kami dapat membantu anda untuk segera mendapatkan kembali hp maupun tablet yang hilang karena dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar