Cara Screenshot Tanpa Menekan Tombol Di HP Android Samsung

Tangkapan Layar HP Android - Bagaimana cara mengambil gambar screenshot tanpa menekan tombol di hp android ? Capture screen atau yang sering kita sebut dengan screenshot "SS" adalah suatu tindakan mengambil atau menyimpan gambar pada layar hp android tanpa harus mengunduh terlebih dahulu. Pada beberapa tipe ponsel android seperti hp android xiaomi, oppo smartphone, vivo, asus, lenovo, advan ataupun hp samsung untuk membuat tangkapan layar diperlukan kombinasi tombol perangkat tersebut.

Tombol kombinasi untuk melakukan screenshot di hp android memang hampir sama, yakni dengan menekan tombol Home / Power + tombol Volume UP / Volume Down secara bersamaan. Memang mudah untuk melakukan capture screen di Android tersebut, namun pernahkah kita membayangkan jika salah satu dari tombol - tombol tersebut rusak / tombol tidak berfungsi tidak bisa di tekan ?

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan cara screenshot pada hp android yang tombol home / tombol volume tidak berfungsi. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai Cara SS Android Tanpa Tombol di bawah ini.

Cara Membuat Tangkapan Layar Dengan Mengusap Layar HP Android

Cara Screenshot HP Android Tanpa Menekan Tombol

Cara paling gampang untuk melakukan screenshot pada hp android yang memiliki masalah pada tombol yang tidak bisa ditekan tersebut adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi screenshot dengan mengusap layar. Dan aplikasi screenshot android yang akan kami bahas pada pertemuan kita kali ini adalah Aplikasi Screenshot Easy.

Dengan Aplikasi Screenshot Easy ini kita tidak hanya dapat mengambil cuplikan gambar yang ada di layar smartphone saja, melainkan juga rekaman video. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat ulasan selengkapnya pada postingan di bawah ini.

Cara Mengambil Gambar di HP Android Dengan Aplikasi Screenshot Easy

Cara Screenshot HP Android Tanpa Menekan Tombol

Aplikasi Screenshot Easy merupakan aplikasi buatan Ice Cold Apps yang memiliki fungsi untuk membuat tangkapan layar di hp android dengan mudah. Cara SS menggunakan Screenshot Easy di ponsel android memang cukup unik karena selain menyediakan beragam metode pengambilan capture screen, kita dapat mengambil gambar dengan cepat tanpa harus menekan kombinasi tombol perangkat android yang kita miliki.

Untuk menginstal aplikasi screenshot dengan mengusap layar smartphone android ini bisa kita dapatkan secara gratis di Google Play Android. Alasan kami menyarankan mencoba Aplikasi Screenshot Easy karena aplikasi ini dapat kita gunakan pada hp android yang sudah di root ataupun non root sekalipun. Di bawah ini akan kami berikan tutorial untuk mengambil gambar screenshot hp android menggunakan aplikasi Screenshot Easy.

Cara Menggunakan Aplikasi Screenshot Easy di HP Android


  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengunduh Aplikasi Tangkapan Layar Mudah tersebut melalui Google Playstore
  2. Setelah aplikasi terinstal, kita buka aplikasi screenshot di Android tanpa menekan tombol fisik tersebut
  3. Saat pertama kali masuk kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan metode yang tersedia di Screenshot Easy, seperti Overlay Icon, Shake, tombol kamera (jika ada), atau menggunakan metode default tombol kombinasi. Disini kami memilih untuk mengaktifkan metode Overlay Icon karena tujuan kita adalah untuk menyimpan gambar screenshot tanpa menekan tombol hp android
    Cara Screenshot HP Android Tanpa Menekan Tombol
  4. Setelah itu tekan pilihan Start Capture untuk mulai mengaktifkan fitur Screenshot Easy
    Cara Screenshot HP Android Tanpa Menekan Tombol
  5. Pada langkah berikutnya, kita akan menjumpai tombol pop up (tombol melayang) di setiap tampilan layar ponsel android yang kita miliki. Namun kita perlu cemas karena dengan tombol melayang tersebut kita akan dapat melakukan capture screen tanpa harus menekan tombol lagi
  6. Kelebihan dari Aplikasi Screenshot Easy ini adalah setiap hasil gambar screenshot yang di ambil oleh smartphone android dapat kita edit terlebih dahulu sebelum dibagikan

Sebenarnya pada beberapa merek hp android keluaran terbaru saat ini seperti hp android samsung, hp xiaomi ataupun oppo smartphone juga sudah terdapat pengaturan untuk mengaktifkan fitur screenshot yang lebih mudah. Jadi untuk membuat tangkapan layar dengan cepat tidak begitu diperlukan bantuan aplikasi capture screen android.

Pada ulasan di bawah ini kami akan berikan beberapa contoh tips hp android untuk mengambil gambar SS dengan mudah tanpa dengan bantuan aplikasi bawaan ponsel, diantaranya :

Cara Screenshot HP Android Xiaomi Dengan Mudah


1. Menggunakan Tombol (Hardware Buttons)


Cara screenshoot hp xiaomi menggunakan tombol :

  • Pertama - tama kita pilih terlebih dahulu bagian mana yang ingin diambil gambar Screenshot
  • Kemudian kita cari tombol volume bagian bawah dan tombol menu kunci
  • Lalu kita tekan keduanya secara bersamaan sampai terdengar bunyi "cekrek"
  • Screenshot atau tangkapan layar telah berhasil akan ditandai dengan tampilan layar ponsel berkedip
  • Setelah itu buka galeri untuk memastikan bahwa tangkapan layar tersimpan

2.  Menggunakan Pilihan Menu


Cara screenshoot hp xiaomi menggunakan pilihan menu :

  • Pertama - tama kita pilih bagian mana yang ingin di Screenshoot (tangkap layar)
  • Kemudian drag (Tarik) Notification bar dari atas kebawah dan temukan toggles
  • Setelah itu kita cari ikon Screenshot, lalu ketuk
  • Maka secara otomatis layar yang dipilih sudah tersimpan di galeri

3. Menggunakan fitur Quick Ball


Cara screenshoot hp xiaomi menggunakan fitur Quick Ball

  • Pertama - tama kita aktifkan Quick Ball dengan cara mengetuk ikon Quick Ball pada menu Settings (pengaturan), maka fitur tersebut akan aktif
  • Sekarang tinggal kita setting Toggle Screenshot Menu pada menu pilihan dan sekarang kita sudah dapat menangkap layar menggunakan fitur Quick Ball

4. Menggunakan 3 jari


Cara mengaktifkan fitur screenshoot hp xiaomi menggunakan 3 jari :

  • Masuk pada menu Pengaturan
  • Kemudian ketuk Additional Settings
  • Setelah itu ketuk menu Screenshot
  • Lalu muncul Mode Slide Three Finger to Take a Screenshot
  • Langkah terakhir tinggal kita geser untuk mengaktifkannya. Gesek kebawah layar yang ingin di screenshot menggunakan 3 jari

Cara Screenshot Layar Panjang di HP Android OPPO


Sebenarnya untuk membuat tangkapan 1 layar penuh di hp android oppo kita hanya perlu untuk mengaktifkan tombol Gesture Screenshot. Tombol Gesture Screenshot itu sendiri sebenarnya berfungsi ketika kita akan melakukan screenshot di hp android dengan cara mengusap 3 jari di layar android. Dan untuk mengaktifkan fitur screenshot 3 jari di oppo smartphone tersebut kita hanya perlu masuk ke Settings >> kemudian pilih opsi Gesture and Motion >> mengaktifkan tombol Gesture Screenshot.

Dan perlu untuk kita ketahui bahwa pada fitur screenshot Oppo ternyata juga mampu untuk mengambil tangkapan layar yang panjang, yang melebihi satu ukuran layar. Berikut ini akan kami berikan cara ss yang melebihi satu ukuran layar hp android dengan cara berbeda, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Screenshot 1 Layar Penuh di HP Android OPPO Smartphone :


  • Langkah pertama kita buka layar yang ingin diambil screenshot panjang, contohnya saja seperti browser yang menampilkan sebuah artikel yang melebihi satu layar Oppo
  • Kemudian kita buka menu screenshot dengan menekan tombol kombinasi perangkat android (power bersamaan dengan tombol fisik volume up) selama beberapa saat
  • Tunggu sampai menu screenshot di ponsel Oppo muncul, menu ini akan muncul pada bagian kanan layar
  • Setelah itu kita tekan berulang kali tombol Next Page atau ikon berbentuk huruf v sebanyak layar yang ingin ditangkap
  • Jika sudah selesai, tekan tombol Save

baca juga :
 

Cara Screenshot di HP Android Samsung


Cara Screenshot di HP Android Samsung J Series :


  • Pertama, Anda tentukan bagian mana yang akan Anda ambil gambarnya (screenshot). Misalnya Anda ingin Screenshot pada bagian home, maka bukalah home pada ponsel Samsung J series Anda. 
  • Setelah Anda menentukan bagian mana yang ingin Anda ambil gambarnya, tekanlah tombol home dan tombol power secara bersamaan. Tidak disarankan untuk menekan tombol home dan tombol power secara bergiliran. 
  • Setelah Anda menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, tunggulah sampai ponsel Samsung J series Anda merespon. 
  • Ponsel Anda akan merespon apakah screenshot berhasil atau gagal ditandai dengan adanya flash, atau ponsel Anda akan bergetar. Respon yang dihasilkan akan berbeda-beda tergantung pada setting volume di smartphone Anda.
*sumber : situs resmi hp samsung 

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan cara membuat tangkapan layar di hp android tanpa harus menekan tombol. Jadi dengan adanya postingan di atas kita mengetahui bahwa untuk menyimpan gambar dari hp android dengan cepat ternyata tidak harus selalu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar