Kumpulan Tips HP Android Tanpa Root Yang Harus Kita Ketahui

Kumpulan tips android - Selain dibandrol dengan harga yang murah, HP Android merupakan sebuah smartphone yang mudah untuk dimodifikasi. Tak heran jika pengguna ponsel berbasis android ini memiliki lebih banyak pengguna jika dibandingkan dengan iPhone di Indonesia sekarang ini.

Memang terdapat banyak sekali tips dan trik membuat smartphone android untuk memiliki tampilan yang lebih keren dari pengaturan bawaan. Namun sayangnya, kurangnya pengetahuan cara menggunakan hape android yang benar membuat pengguna sering kali melakukan kostumisasi dengan langkah root.

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan cara memodifikasi hp android tanpa root yang dijamin akan membuat kita terlihat lebih unggul dibandingkan sesama pengguna ponsel cerdas tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai gudang tips dan trik android di bawah ini.

16 Cara Membuat HP Android Lebih Canggih

Kumpulan tips hp android tanpa root

Di bawah ini adalah beberapa kumpulan cara memodifikasi hp android tanpa harus melakukan banyak setting ataupun mengganti Custom ROM, diantaranya :

1. Cara Screenshoot HP Android Tanpa Menekan Tombol

cara screenshoot hp android tanpa menekan tombol

Cara membuat tangkapan layar di hp android tentu kita memerlukan 3 jari untuk menekan tombol. Hampir di semua tipe hp android, cara mengambil gambar screenshoot sering kali kita harus menekan tombol home / power + volume up / volume down.

Padahal perlu untuk kita ketahui bahwa sebenarnya cara screenshot sebagian layar di HP Android dapat kita lakukan dengan menekan tombol - tombol tersebut. Lantas bagaimana cara mengambil screenshot sebagian tampilan layar Smartphone Android tanpa tombol tersebut ?

Adanya bantuan aplikasi screenshot dengan mengusap layar yang telah terinstal, contohnya saja seperti aplikasi Screenshot Crop & Share tentu akan memudahkan kita dalam mengambil SS tanpa harus menekan tombol apapun.

2. Cara Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi di Hp Android

Apa itu Android Lollipop ? Bersumber dari wikipedia, android lollipop adalah versi stabil terbaru dari sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google, yang pada saat ini mencakup versi antara 5.0 dan 5.1.

Beruntungnya bagi kalian yang menggunakan hp android yang masih memiliki versi 5.0 (Lollipop) tersebut. Hal ini dikarenakan pada hp android lollipop terdapat fitur untuk menyembunyikan file foto, video atau aplikasi tanpa harus mengintasl aplikasi. Dengan membuat Guest Mode atau mode lainnya, kita tidak perlu membuat hidden folder pada kartu memori hp android yang kita miliki.

3. Jadi Developer

Cara Masuk Developer Options Di HP Android

Kelebihan menggunakan hp android adalah kita dapat menjadi developer perangkat tersebut, meskipun kita hanya seorang pengguna. Hal ini dikarenakan Google menyediakan akses untuk menjadi Developer dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengaktifkan Developer Options di HP Android


  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan membuka Pengaturan pada ponsel android yang kita miliki
  2. Setelah itu cari menu "About phone" atau "Tentang ponsel" atau "Tentang tablet"
  3. Kemudian masuk pada pilihan menu tersebut, lalu cari lagi ke bawah lagi hingga kita menemukan "Nomor bentukan" atau "Build number"
  4. Klik "Nomor bentukan" atau "Build number," maka Android akan menampilkan pesan berapa kali dan kita harus meng-klik hingga kita menjadi pengembang. Tetaplah klik hingga memenuhi jumlah yang diminta.
  5. Setiap tipe smartphone android mungkin akan memiliki cara yang berbeda. 

Misalnya saja pada HP Android Xiaomi, kita harus memulai dari cara nomor satu dan dua. Tetapi, langkah berikutnya, bukan mengklik build number namun mengklik "Versi MIUI" atau "MIUI Version" sebanyak 7 kali. Dengan begitu kita akan menjadi pengembang di perangkat Xiaomi tersebut.

4. Cara Mempercepat Android Yang Lemot

Tips Mempercepat Android Yang Lemot

Tidak sedikit pengguna Ponsel Android yang selalu melakukan akses root hanya untuk mempercepat kinerja hp android. Padahal sebenarnya perlu untuk kita ketahui bahwa cara mengatasi hp android yang lemot tersebut dapat kita lakukan tanpa harus ngeroot hp android tersebut.

Dengan masuk ke Developer Options, seperti langkah di atas lalu merubah semua angka Animation Scale kita sudah dapat mempercepat hp android yang sering ngeleg. Untuk mengaktifkan opsi pengembangan tersebut, mari kita lihat ulasan berikut :

Cara Setting Opsi Pengembangan Android Untuk Mengatasi HP Sering Hang


  • Masuk ke menu Settings >> Developer Options >> lalu cari semua bagian dengan opsi Animation Scale

5. Gunakan Fitur Google Bawaan Ponsel

Fitur Google Bawaan Ponsel

Sebenarnya untuk mahir dalam mengoperasikan smartphone kita tidak perlu untuk repot - repot melakukan root perangkat tersebut. Dengan adanya sistem yang didukung oleh Google, akan lebih mudah saat kita menggunakan berbagai aplikasi dan layanan yang dikembangkan oleh Google.

Untuk itu tidak heran jika memasukan akun gmail yang kita miliki pada smartphone android maka secara otomatis kita dapat langsung masuk ke berbagai aplikasi google tanpa harus melakukan verivikasi terlebih dahulu.

6. Tetap Hati - Hati Dalam Pemberian Ijin Akses Perangkat Android


Tentu sudah kita ketahui bahwa sekarang ini hampir di semua aplikasi hp android membutuhkan akses masuk ke sistem. Hal ini bertujuan supaya aplikasi dapat berjalan normal ketika akan membaca data yang ada di dalam hp android, misalnya saja seperti akses ke contact, kamera, lokasi, SMS, dan lain sebagainya.

Akan tetapi dengan adanya permohonan akses lokasi di hp android tersebut, kita harus lebih untuk berhati - hati karena terdapat kemungkinan bahwa ada aplikasi yang bertugas untuk mencuri data pribadi yang kita miliki.

7. Tentukan Aplikasi Default

Cara Setting Aplikasi Default HP Android

Jika kita tidak ingin bingung dalam menggunakan sebuah ponsel android tersebut, tips dari kami selanjutnya adalah dengan menentukan aplikasi default.

Contoh :

  • Saat kita akan browsing internet gunakan Google Chrome sebagai aplikasi default jika terdapat aplikasi browser di hp android yang kita miliki, UC browser misalnya.

8.  Tips Hemat Baterai HP Android

Tips Hemat Baterai HP Android
Foto : play.google.com

HP android akan selalu mengingatkan kita pada masalah baterai hp android yang cepat habis, untuk itu kita perlu merawat baterai hp android agar tidak boros. Tips merawat baterai hp android non removeble dan removeble sebenarnya tidaklah jauh berbeda, cukup dengan mengaktifkan Fitur Battery Saver.

Dengan kita menghidupkan fitur mode hemat baterai tersebut akan membuat kita mendapatkan beberapa notifikasi yang harus dilakukan agar pemakaian daya baterai dapat bertahan lebih lama.

9. Kontrol Penggunaan Kuota Internet

Tips Hemat Kuota Internet di Hp Android
Foto : Kominfo

Dengan menggunakan hp android kita tidak perlu lagi khawatir akan borosnya penggunaan kuota internet. Hal ini dikarenakan adanya fitur yang dapat membuat kita memantau penggunaan data internet, yakni dengan masuk pada menu Pengaturan >> Data Usage.

baca juga :

10. Tips Agar Penyimpanan Memori HP Android Lebih Besar


Untuk mengatasi memori internal hp android cepat penuh sebenarnya tidak perlu akses root pada perangkat tersebut. Cukup dengan melakukan Disable App saja, kita sudah dapat membuat ruang penyimpanan hp android menjadi lebih longgar.

Penyebab internal memory hp android cepat habis sebenarnya berasal pada banyaknya aplikasi bawaan pada smartphone tersebut. Jadi dengan disable aplikasi kita dapat membantu hp android agar tidak terlalu membebani sistem.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Tanpa Root 


  • Masuk ke menu Settings >> Apps, lalu cari aplikasi yang akan kita Disable

11.  Cara Cepat Masuk Menu Pengaturan


Dengan adanya panel notifikasi pada layar hp android tentu sangat memudahkan kita dalam melihat berbagai macam notifikasi yang masuk di hp android yang kita miliki. Namun selain hal tersebut, manfaatkanlah panel notifikasi tersebut untuk akses cepat kita saat kita akan mengelola beberapa pengaturan ponsel yang ada.

12. Tips Cepat Mengoperasikan HP Android


Tombol Recent Apps adalah suatu tombol yang berfungsi untuk memudahkan kita beralih dari suatu aplikasi ke aplikasi lainnya. Cara ini sering kali kita kenal dengan sebutan Multitasking, suatu tips android akan mempercepat waktu pindah ke aplikasi lainnya.

Beruntung bagi kalian yang menggunakan hp android yang sudah menggunakan versi Android Nouget. Selain berbekal Fitur Multi Windows, pada Android Nouget kita juga dapat menonton video sambil menjalankan aplikasi lain (chatting ataupun browsing).

13. Membuat HP Terlihat Keren

Aplikasi Launcher HP Android Terbaik

Tidak ada bosannya jika kita menggunakan smartphone android karena terdapat bermacam - macam aplikasi launcher terbaik yang dapat kita unduh di Google Play Store. Aplikasi Launcher Android Terbaru tersebut akan membantu kita untuk merubah tampilan hp android menjadi lebih menarik. Selain itu pada beberapa launcher android juga memberikan fitur - fitur yang tidak dimiliki oleh launcher bawaan perangkat tersebut, misalnya saja untuk menyembunyikan aplikasi dan boost kita bisa mengunduh Hola Launcher.

Namun bagi hp android yang sudah diroot untuk memodifikasi hp android agar tampilan lebih keren, kita dapat menggunakan Custom ROM yang ada pada situs JalanTikus. Disana terdapat berbagai macam kumpulan "Custom ROM" menarik buat kita coba di hp android yang kita miliki.

14. Akses Cepat ke Kamera


Ingin tahu tips dan trik android selanjutnya ? Adanya akses cepat ke kamera di tampilan lock screen hp android akan mambantu kita untuk membuka kamera lebih cepat. Selain itu kita juga akan sangat terbantu untuk menemukan aplikasi kamera dari banyaknya aplikasi yang terinstall pada perangkat android yang kita miliki.

15. Gunakan Google Search


Mungkin tidak banyak yang mengetahui fungsi dari Google Search yang disediakan Google pada hp android yang kita miliki. Sebenarnya kita dapat lebih mudah untuk menemukan berbagai aplikasi, kontak, hingga browsing lebih cepat dengan bantuan widget Google Search yang disediakan pada ponsel Android tersebut.

16. Taruh Alamat di Lockscreen

Cara Menambahkan Tulisan di Layar Hp Android

Hp android yang hilang adalah masalah terbesar bagi para pengguna smartphone berbasis android tersebut. Hilangnya ponsel android dapat disebabkan karena kasus pencurian, jatuh di jalan ataupun tertinggal dan ditemukan oleh orang yang berniat ingin mengembalikan. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita memberikan alamat dan informasi kontak pada tampilan layar kunci hp android yang kita miliki.

Untuk mengatur alamat dan informasi lainnya pada tampilan layar / lockscreen hp android dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

Cara Menambahkan Tulisan di Layar Depan HP Android


  • Pertama - tama masuk ke menu Settings >> Security >> Screen security >> Owner info. Kemudian akan muncul kotak kecil tempat kita bisa mengetik informasi alamat untuk ditampilkan di lockscreen hp android

Demikian pertemuan kita kali ini yang mengulas tentang 16 tips dan trik hp android yang perlu untuk kita coba. Jadi jika anda baru saja membeli sebuah hp android, postingan di atas adalah suatu hal yang perlu dilakukan setelah membeli hp baru. Sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar