Inilah 11 Cara Saya Berhasil Mengatasi HP OPPO Yang Sering Mati Sendiri

HP OPPO Mati Sendiri - Bagaimana cara mengatasi HP OPPO yang sering mati hidup sendiri ? Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan masalah hp android sering mati sendiri karena hampir di semua tipe ponsel android seperti HP OPPO, xiaomi, asus, vivo, lenovo, advan dan bahkan Samsung sekalipun pernah mengalaminya.

Beberapa hari yang lalu di bulan Desember 2018 ini, masalah hp mati sendiri tersebut terjadi pada HP OPPO A71 yang saya miliki. Dimana HP OPPO yang restart berulang - ulang tersebut sangat membuat saya kebingungan. Bagaimana tidak, kondisi HP OPPO yang mendadak mati sendiri tersebut terjadi pada kondisi baterai smartphone penuh.

Yang saya amati waktu itu, HP OPPO restart sendiri terus tersebut terjadi saat kondisi baterai ponsel panas. Namun apabila baterai hp sudah dingin, ponsel OPPO yang saya miliki tersebut akan hidup sendiri. Dengan keadaan seperti itu, untuk mengantisipasi terjadinya blank pada hp android tersebut saya tidak bisa menggunakan smartphone dalam waktu yang lama.

Sempat mencoba langkah flashing ulang untuk memperbaiki HP OPPO mati nyala terus yang sedang saya alami tersebut namun mengingat kegagalan flashing dapat membuat HP OPPO hanya muncul tulisan OPPO saat dihidupkan membuat saya mengurungkan niatan tersebut. Namun setelah mencoba beberapa cara yang saya cari lewat pencarian Google, 11 langkah di bawah ini adalah cara saya berhasil memperbaiki HP OPPO A71 yang sering mati sendiri tersebut.

11 Cara Mengatasi HP OPPO Yang Berulang - Ulang Mati Hidup Sendiri

11 Cara Mengatasi HP OPPO Yang Sering Mati Hidup Sendiri

Pada pertemuan kali ini TechnoEcho akan memberikan solusi untuk mengatasi HP OPPO yang restart terus tanpa masuk ke Mode Recovery. Namun sebelum kita membahas lebih jauh, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu faktor - faktor yang menjadi penyebab HP OPPO mati hidup sendiri tersebut.

Mengetahui akan penyebab HP android yang selalu restart tersebut berfungsi agar kita tidak salah langkah dalam melakukan perbaikan di kerusakan HP OPPO yang kita miliki. Untuk itu, pada ulasan di bawah ini akan saya informasikan apa saja yang menyebabkan HP sering mati terus tersebut.

Penyebab HP OPPO Mati Nyala Terus


  • Terlalu banyak file sampah yang pada perangkat OPPO dan tidak pernah dibersihkan
  • Adanya kerusakan pada aplikasi yang terinstall di HP OPPO
  • Kerusakan pada Sistem Android yang belum di update
  • Kondisi ponsel OPPO yang terlalu panas
  • Overload pada Hardware, misalnya saja pada RAM, CPU ataupun GPU
  • Ponsel OPPO yang telah di root
  • Kesalahan saat melakukan Costum ROM atau gagal Flashing
  • dan beberapa hal lainnya

baca juga :
  1. 3 Cara Mengatasi HP OPPO Yang Tidak Bisa Masuk Ke Recovery Mode
  2. 3 Cara Memperbaiki HP OPPO Bootloop Tanpa Flashing Ulang

Cara Memperbaiki HP OPPO Yang Sering Restart Sendiri


Sebelum kita memulai untuk mengulas apa saja yang harus dilakukan agar HP OPPO tidak sering mati sendiri, pastikan terlebih dahulu tidak ada kerusakan hardware pada perangkat OPPO yang kita miliki. Misalnya saja IC Power yang rusak, jika memang penyebab HP OPPO selalu mati hidup sendiri karena komponen tersebut maka solusi terbaiknya adalah dengan mengganti dengan yang baru.

Cara memperbaiki ponsel OPPO yang selalu mati nyala sendiri kali ini adalah sebuah langkah yang dilakukan jika sumber masalahnya berasal dari kerusakan software. Dan di bawah ini adalah beberapa hal yang berhasil saya lakukan pada HP OPPO tiba - tiba mati hidup terus menerus.

1. Restart HP OPPO


Langkah termudah yang pertama kali harus kita lakukan jika HP OPPO yang kita miliki mendadak mati sendiri dan beberapa saat kemudian tiba tiba hidup sendiri adalah dengan Restart Smartphone. Restart HP OPPO ini berfungsi untuk memulai ulang kinerja smartphone / Reset HP yang mungkin terbebani oleh aplikasi - aplikasi didalamnya.

Cara melakukan Restart HP OPPO sendiri terbilang cukup mudah, kita hanya perlu mematikan ponsel android tersebut lalu lepaskan kartu sim, micro sd dan juga baterai HP OPPO tersebut. Setelah beberapa saat, pasang kembali kartu sim, micro sd dan juga baterai sebelum kita menghidupkan HP OPPO yang mati tersebut.

2. Bersihkan Cache HP OPPO

Cara Mengatasi HP OPPO Mati Hidup Sendiri

Perlu untuk kita ketahui bahwa hp android OPPO yang mengalami restart secara tiba - tiba sering kali kali disebabkan oleh file cache yang menumpuk. Maka dari itu jika HP OPPO yang kita miliki mulai mengalami penurunan performa dimana ponsel mulai lemot dan mendadak mati sendiri, cobalah untuk membersihkan file sampah pada perangkat android tersebut.

Untuk menghapus file cache yang menumpuk di HP OPPO dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Nama Aplikasi" » Kemudian tap "Hapus Cache"

3. Hapus Data Aplikasi Yang Error di HP OPPO

Cara Mengatasi HP OPPO Mati Hidup Sendiri

Jika sebelum HP OPPO mati hidup sendiri terjadi, perangkat android yang kita miliki tersebut  mengalami masalah error ataupun tidak bisa dibuka pada salah satu aplikasi maka terdapat kemungkinan bahwa ada indikasi kerusakan pada aplikasi tersebut. Oleh karena itu agar HP OPPO tidak mendadak mati sendiri saat membuka aplikasi, kita perlu untuk menghapus data aplikasi tersebut.

Namun perlu untuk kita ketahui bahwa efek dari menghapus data aplikasi di HP OPPO dapat mengakibatkan semua data yang bersifat sementara, seperti basis data, cache aplikasi, history, bookmark, dan lainnya akan ikut terhapus. Apabila kita akan menghapus data aplikasi pada ponsel OPPO tersebut, ikuti langkah - langkah di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Nama Aplikasi" >> Kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data"

4. Pindai HP OPPO Menggunakan Antivirus


Adanya virus pada HP OPPO yang kita miliki ternyata dapat membuat perangkat android menjadi sering restart sendiri. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita melakukan scanning pada memori HP OPPO yang kita miliki. Untuk melakukan pemindaian virus pada ponsel android OPPO tersebut, kita bisa menggunakan bantuan Aplikasi Antivirus yang telah tersedia secara gratis di Google Play Android.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara Mengatasi HP OPPO Restart Berulang Ulang

Terlalu banyak menginstal aplikasi tentu akan membuat hp android menjadi lebih keras dan tidak heran jika HP OPPO akan mati sendiri karena beban yang terlalu berat tersebut. Untuk itu apabila HP OPPO yang kita miliki mendadak mati sendiri padahal baterai masih banyak maka alangkah lebih baiknya jika kita menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Agar memori ponsel android lebih longgar, kita bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan tersebut dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Nama Aplikasi" >> Kemudian tap "Hapus Instalasi"

6.  Hapus Aplikasi Yang Mengganggu


Tahukah anda jika ternyata ada beberapa aplikasi yang terdapat kemungkinan mengandung virus didalamnya ? Dimana aplikasi tersebut jika kita instal pada smartphone OPPO yang kita miliki akan merusak sistem android. Jadi jika kita mengalami masalah HP OPPO sering restart sendiri setelah menginstal aplikasi, kita patut mencurigai pada aplikasi yang terakhir di instal pada perangkat android tersebut.

Alangkah baiknya untuk memperbaiki HP OPPO yang mati hidup secara terus menerus tersebut kita perlu menghapus aplikasi yang baru saja kita unduh tersebut. Untuk menghapus aplikasi tersebut, kita bisa menggunakan cara yang sama pada langkah di atas.

7. Lepas Akses Root di HP OPPO


Melakukan Unroot pada ponsel android OPPO yang kita miliki dapat menjadi salah satu cara mengatasi hp restart berulang - ulang. Perlu untuk kita ketahui bahwa memang terkadang melakukan root hp android dapat meningkatkan performa smartphone, namun terkadang tidak sedikit yang mengalami ponsel android restart sendiri terus menerus karena kegagalan root tersebut.

Maka dari itu untuk mengembalikan kondisi seperti sedia kala alangkah lebih baiknya jika kita melakukan unroot pada hp android OPPO yang kita miliki tersebut.

8. Coba Cabut MicroSD


Cobalah untuk melepas MicroSD dari perangkat android OPPO yang kita gunakan. Langkah kali ini bertujuan untuk memastikan kondisi SD Card yang kita miliki. Berdasarkan pengalaman teman, hp android yang dimilikinya selalu restart sendiri ketika kartu memori dipasang pada perangkatnya tersebut. Akan tetapi jika tidak menggunakan kartu memori masalah hp android yang mati hidup sendiri sama sekali tidak muncul.

Maka dari itu untuk memastikannya, cobalah untuk mencabut microSD dan aktifkan kembali HP OPPO yang kita miliki tersebut. Performa smartphone dapat menurun apabila terdapat kerusakan pada MicroSD yang kita gunakan.

lihat juga :

9. Update Sistem Android HP OPPO


Melakukan Update Sistem pada smartphone android OPPO yang kita miliki berfungsi untuk meningkatkan performa hp android dari sisi software. Tidak menutup kemungkinan bahwa HP OPPO yang sering mati sendiri tersebut disebabkan karena adanya bugs pada software lama yang kita gunakan. Oleh karena itu dengan adanya Update Sistem Android ini, kita bisa memperbarui Sistem Android OPPO sekaligus menghilangkan bugs yang ada.

10. Hard Reset HP OPPO

Cara Mengatasi HP OPPO Restart Sendiri

Jika dari semua cara diatas belum juga dapat mengatasi masalah restart sendiri pada HP OPPO yang kita miliki maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan Hard Reset. Hard Reset HP OPPO (Factory Reset) atau yang lebih sering kita kenal dengan mengembalikan Android ke setelan pabrik ini memang terbukti cukup ampuh untuk mengatasi semua masalah error yang ada pada sistem dan aplikasi smartphone android.

Akan tetapi sebelum kita melakukan cara ke sepuluh ini, alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup semua data yang ada terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan semua data pada aplikasi dan sistem akan hilang secara total ketika kita melakukan Factory Reset HP OPPO tersebut.


Di bawah ini adalah langkah - langkah untuk melakukan Factory Reset pada HP OPPO, berikut tutorialnya :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Buat Cadangan dan Reset >> Kemudian tap "Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar"

11.  Install Ulang Sistem Android OPPO


Langkah terakhir jika Hard Reset HP OPPO masih belum bisa juga mengatasi masalah hp yang sering mati hidup sendiri tersebut adalah dengan melakukan install ulang pada sistem android. Namun jika kita akan melakukan Flashing Ulang pastikan terlebih dahulu kita telah mengunduh ROM atau Firmware yang sesuai dengan tipe HP OPPO yang kita miliki.

Kesimpulan

Lakukan langkah - langkah di atas sesuai dengan urutannya karena tidak semua masalah HP OPPO yang selalu restart berulang - ulang tersebut hanya dapat teratasi dengan langkah terakhir. Namun apabila masalah HP OPPO yang sering sekali mati nyala sendiri terlalu mengganggu, tidak ada salahnya jika kita membawanya ke service center. Dan dari 11 cara mengatasi HP OPPO yang mati hidup sendiri diatas, saya berhasil mengatasi masalah tersebut dengan cara mengganti MicroSD yang telah rusak.

Demikian pertemuan kita kali ini yang telah membahas cara membuat HP OPPO tidak mati sendiri secara terus menerus tersebut. Semoga langkah - langkah di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar