Notifikasi Di HP Android Tidak Muncul ? Lakukan 9 Cara Sukses Di Bawah Ini !

Notifikasi Hp Android Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi notifikasi yang tidak muncul di hp android ? Tentu sudah kita ketahui bahwa notifikasi di hp android memiliki fungsi sebagai pemberitahuan dari suatu aplikasi yang muncul di layar hp android yang kita miliki. Notifikasi hp android itu sendiri dapat berupa sebuah bunyi atau suara, lampu yang berkedip, tampilan pada status bar ataupun sebuah popup yang muncul setiap kali ada pemberitahuan terbaru.

Melihat pentingnya sebuah notifikasi pernahkah kita membayangkan atau bahkan malah sedang mengalami masalah notifikasi yang tidak bisa muncul di layar hp android yang kita miliki tersebut ? Tentu akan sangat merepotkan apabila kita baru bisa mengetahui setelah masuk ke aplikasi tersebut karena notifikasi tidak bisa masuk jika aplikasi tidak dibuka.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini TechnoEcho akan mencoba memberikan solusi untuk memperbaiki masalah hp android yang tidak bisa muncul pemberitahuan terbaru tersebut. Maka dari itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi notifikasi tidak muncul di layar kunci hp android di bawah ini.

Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Yang Tidak Masuk Jika Aplikasi Tidak Dibuka

Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul

Penyebab Notifikasi HP Android Tidak Muncul


Pada ulasan di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab notifikasi aplikasi seperti whatsapp, facebook ataupun instagram yang tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka pada hp android yang kita miliki. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai beberapa faktor yang sering kali membuat pemberitahuan telat masuk dan bahkan tidak muncul di status bar HP Android.

1. Kerusakan Aplikasi

Jika hanya pada salah satu Aplikasi yang mengalami masalah notifikasi tidak muncul di layar HP Android tersebut, maka kemungkinan sumber penyebabnya berasal dari aplikasi itu sendiri.

2. Terlalu Sering Melakukan FORCE STOP

Jika kita termasuk seorang pengguna hp android yang terlalu sering melakukan Force Stop pada aplikasi - aplikasi yang ada di perangkat tersebut maka jangan kaget apabila hp android tidak bisa menerima notifikasi pesan masuk.

Hal ini dikarenakan menghentikan aplikasi secara paksa dapat membuat notifikasi tidak muncul di layar kunci ponsel android.

3. Kerusakan Sistem Android

Perlu untuk kita ketahui bahwa ternyata kerusakan pada sistem android dapat mengakibatkan tidak munculnya notifikasi pada semua aplikasi smartphone android baik itu di layar atas / status bar dan juga di lock screen saat layar terkunci.

Kerusakan sistem operasi di HP Android itu sendiri dapat disebabkan karena kita yang tidak pernah melakukan pembaharuan sistem operasi ataupun penggunaan ROM yang tidak cocok dengan tipe ponsel android yang kita miliki.

4. Power Saver Bawaan HP Android

Tahukah anda penggunaan aplikasi Power Saver di HP Android ternyata dapat membuat notifikasi telat masuk dan akan muncul apabila kita telah mengaktifkan layar atau membuka aplikasi tersebut ?

Aplikasi Power Saver yang berfungsi untuk menghemat daya baterai HP Android itu sendiri yang menjadi penyebab notifikasi tidak muncul. Dengan prinsip kerja yang akan mematikan koneksi internet ketika layar hp android dimatikan (dikunci) yang membuat notifikasi tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka.

5. Sinyal HP Android Yang Tidak Baik

Sebelum terlalu jauh melangkah, pastikan terlebih dahulu akan koneksi internet pada hp android yang kita miliki. Pemberitahuan atau notifikasi yang telat masuk tersebut dapat dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil.

baca juga :

Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Telat Masuk


Setelah mengetahui akan 5 penyebab notifikasi di hp android tidak muncul di atas, lantas bagaimana cara agar dapat membuat notifikasi hp android selalu muncul setiap kali ada pemberitahuan pesan masuk tersebut ?

Untuk itu mari langsung saja kita ikuti tutorial di bawah ini mengenai cara mengatasi notifikasi hp android yang tidak muncul tersebut.

1. Matikan HP Android

Restart hp android adalah suatu cara termudah untuk memperbaiki kerusakan software yang bersifat sementara, misalnya saja masalah status bar hp android tidak muncul pemberitahuan terbaru.

Merestart ponsel android yang tidak bisa menerima notifikasi tersebut terbilang cukup efektif karena mematikan hp android sama halnya dengan merefresh perangkat android yang kita miliki. Kita dapat menampilkan kembali pemberitahuan di atas layar hp android dengan cara restart hp android sebagai berikut :

  • Pertama - tama kita matikan HP Android terlebih dahulu
  • Setelah benar - benar mati, kita tunggu hingga ponsel bergetar untuk memastikan keadaan
  • Kemudian kita lepas semua komponen seperti kartu memori, SIM Card dan juga baterai untuk hp android dengan baterai removeble
  • Lalu kita tunggu hingga beberapa menit, setelah itu pasangkan kembali semua komponen yang telah kita lepas tersebut
  • Langkah terakhir, nyalakan smartphone android dan cek kembali apakah notifikasi sudah bisa tampil di layar utama hp android tersebut

2. Perbarui Aplikasi Di HP Android

Perlu untuk kita ketahui bahwa memperbarui aplikasi yang ada di hp android ternyata juga menjadi salah satu cara mengatasi notifikasi yang tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka. Jadi jika kita dapat bisa menerima pemberitahuan dari salah satu aplikasi seperti fb, wa ataupun ig di layar hp android yang kita miliki maka mengupdate aplikasi adalah langkah yang harus kita lakukan.

3. Setting Ijin Pemberitahuan Aplikasi

Jika dengan melakukan pembaharuan aplikasi namun tetap saja pesan whatsapp telat masuk di hp android yang kita miliki maka tidak ada salahnya jika kita memeriksa pengaturan notifikasi hp android.

Efek dari ijin pemberitahuan aplikasi yang belum kita aktifkan dapat mengakibatkan notifikasi yang tidak bisa masuk jika kita belum membuka aplikasi whatsapp tersebut. Ulasan di bawah ini merupakan cara setting untuk mengaktifkan Ijin Pemberitahuan Aplikasi di HP Android, diantaranya adalah :

  • Buka menu Pengaturan pada Ponsel Android
  • Masuk ke menu Manajemen Aplikasi atau Kelola Apps
  • Cari dan pilih aplikasi yang tidak muncul notifikasi ketika ada pemberitahuan terbaru
    Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul
  • Pilih Kelola Pemberitahuan atau Kelola Notifikasi
    Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul
  • Langkah terakhir kita geser pengaturan ke tombol On pada tampilkan Pemberitahuan / Izinkan Pemberitahuan 
    Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul
*sumber gambar : techieway.blogspot.com

4. Hard Reset / Factory Reset

Cara membuat hp android ke pengaturan awal atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah factory reset ini alangkah lebih baiknya jika kita gunakan apabila ke tiga cara di atas gagal mengatasi notifikasi hp android yang tidak bisa muncul tersebut.

Hal ini perlu kami ingatkan kembali karena dengan melakukan hard reset tersebut tentu akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di hp android yang kita miliki. Meskipun demikian, factory reset ini terbukti ampuh mengatasi masalah yang disebabkan karena kerusakan software di hp android.

artikel menarik lainnya :

Lantas mengapa notifikasi pesan wa saya sering telat masuk ?


Perlu untuk kita ketahui bahwa notifikasi whatsapp yang sering telat masuk di perangkat android sering kali disebabkan karena kita mengaktifkan layanan WhatsApp Web. Layanan WhatsApp Web inilah yang menjadi penyebab wa tidak menampilkan notifikasi di hp Android karena notifikasi akan muncul terlebih dahulu di layanan tersebut.

Maka dari itu, solusi untuk mengatasi pesan masuk whatsapp yang tidak muncul di ponsel android yang kita miliki adalah dengan cara keluar dari semua Layanan WhatsApp Web.

Untuk keluar dari Layanan WhatsApp Web tersebut, dapat kita lakukan seperti langkah - langkah di bawah ini :
Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul

  • Buka aplikasi WhatsApp >> pilih menu yang terdapat di pojok kanan atas >> buka WhatsApp Web >> ketuk pilihan Log out from all computers

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas tentang cara mengatasi notifikasi hp android yang tidak muncul tersebut. Semoga postingan kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di situs tips dan tutorial hp android yang kami miliki, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar