10 Cara Memperbaiki Kamera Tidak Dapat Terhubung, Tidak Bisa Dibuka, Tidak Bisa Diakses di HP Android

Kamera Android Rusak - Bagaimana cara memperbaiki tidak dapat terhubung ke kamera hp android ? Kerusakan pada kamera seperti error kamera tidak dapat diakses ataupun kamera hp android yang tidak bisa dibuka tentu akan menjadi suatu masalah yang besar bagi pengguna hp android.

Hal ini dikarenakan mengingat tidak sedikit pengguna ponsel android yang memiliki kebutuhan akan foto dan video. Namun jika kamera depan ataupun kamera belakang hp android tidak berfungsi pasti akan membuat kita memberikan kabar terbaru di media sosial seperti facebook, instagram ataupun story whatsapp.

baca juga :

Akan tetapi sebelum kita mencoba untuk mengatasi kamera hp yg rusak tersebut, kita harus mencari terlebih dahulu alasan kenapa kamera hp android tersebut tidak bisa dibuka. Pada dasarnya penyebab masalah pada kamera hp android yang tidak merespon tersebut ada pada kerusakan software dan juga hardware.



Cara Mengatasi HP Android Yang Selalu Gagal Masuk di Kamera Bawaan Ponsel
10 Cara Memperbaiki Kamera Tidak Dapat Terhubung, Tidak Bisa Dibuka, Tidak Bisa Diakses di HP Android


Kerusakan software pada masalah kamera hp android tersebut sering kali ditandai dengan munculnya notifikasi "kamera tidak terhubung" dan juga mendadak keluar sendiri saat mencoba masuk di aplikasi kamera bawaan ponsel.

Namun apabila kerusakan hardware yang membuat kamera xiaomi tidak bisa mengambil gambar adalah penyebabnya maka diperlukan suatu penggantian dengan membungkar pada kamera smartphone yang kita miliki.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan beberapa tips mudah untuk mengatasi kamera hp android yang tidak bisa dibuka karena kerusakan software tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki kamera hp android yang terhenti sendiri di bawah ini.

10 Solusi Memperbaiki Masalah Pada Kamera HP Android Yang Tidak Bisa Terhubung


1. Matikan HP Android
kamera hp android tidak bisa dibuka


Perlu untuk kita ketahui bahwa penyebab aplikasi yang tidak dapat berjalan dengan baik sering kali dikarenakan masalah pada sistem yang tidak stabil. Dengan begitu tentu tidak dipungkiri jika ada beberapa aplikasi yang menjadi error, termasuk aplikasi kamera hp android.

Maka dari itu diperlukan adanya restart pada hp android yang kita miliki guna mereset aplikasi - aplikasi di hp android yang error tersebut. Setelah itu kita tinggal mencoba membuka kamera hp android tersebut, jika masih belum bisa dibuka maka coba lagi menggunakan langkah - langkah dibawah ini.

2. Hentikan Aplikasi Kamera Secara Paksa


Jika setelah melakukan restart hp android namun tetap saja aplikasi kamera tidak bisa digunakan maka tidak memberikan respon apa - apa (kamera hp android gelap), maka solusi selanjutnya adalah dengan melakukan Force Close.

Berikut beberapa langkah untuk menghentikan secara paksa pada aplikasi kamera hp android yang macet tersebut, diantaranya :

  • Pertama - tama buka pengaturan hp android
  • Setelah itu buka pengaturan aplikasi
  • Lalu cari aplikasi Kamera / Camera pada bagian apps atau apps sistem (All)
  • Setelah ketemu, buka aplikasi kamera tersebut
  • Kemudian klik Force stop / Paksa Berhenti

3.  Clear Cache dan Data Aplikasi Kamera


Tidak menutup kemungkinan penyebab sorfware aplikasi kamera hp android yang rusak tersebut berasal dari masalah Junk Files. Dimana masalah Junk Files tersebut dapat mengakibatkan aplikasi kamera hang sehingga saat aplikasi kamera tersebut dipejet, kamera hp android tetap saja tidak mau dibuka.

Maka dari itu, untuk menghapusnya kita perlu untuk mencoba Clear Cache dan Data pada aplikasi kamera tersebut. Untuk melakukan langkah kali ini, kita bisa mencoba dengan cara sebagai berikut :

  • Langkah pertama buka Pengaturan HP Android
  • Setelah itu buka Pengaturan Aplikasi
    cara menghapus data aplikasi kamera android
  • Lalu cari aplikasi kamera / camera pada bagian apps atau apps sistem (All)
    cara clear data aplikasi kamera hp android
  • Kemudian buka kamera tersebut
  • Terakhir klik hapus data dan hapus cache untuk menghapus junk files aplikasi kamera hp android tersebut
    cara menghapus data aplikasi kamera hp android

4. Scanning Antivirus
cara mengatasi kamera hp android tidak bisa dibuka karena virus


Tidak dipungkiri penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di hp android bisa berasal dari adanya virus pada perangkat tersebut. Selain pada aplikasi kamera, virus juga dapat mengakibatkan tidak bisa dibukanya pada aplikasi - aplikasi android lainnya.

5.  Coba Ganti Dengan Aplikasi Kamera Lainnya
install aplikasi kamera
sumber gambar : play.google.com


Cobalah untuk menggunduh aplikasi kamera dari google play android. Jika kita bisa masuk pada aplikasi kamera yang kita unduh tersebut maka besar kemungkinan penyebab tidak dapat terhubung ke kamera bawaan ponsel tersebut berasal dari aplikasi bawaan itu sendiri.

mungkin anda tertarik :

6. Unroot HP Android
kamera hp android error setelah root
sumber gambar : en.miui.com


Tanpa disadari oleh para pengguna ponsel android sering kali akses root dapat mengakibatkan errornya pada beberapa aplikasi di perangkat tersebut. Salah satunya yang terjadi pada aplikasi kamera bawaan ponsel yang tidak bisa dibuka.

Maka dari itu solusi pada masalah ini adalah dengan melakukan unroot pada ponsel android yang kita miliki. Namun setelah kita menghilangkan root tersebut alangkah lebih baiknya jika kita melakukan factory reset.

7. Update Sistem HP Android
cara memperbarui aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka


Aplikasi kamera terhenti, keluar sendiri ataupun tidak merespon ketika disentuh dapat terjadi karena masalah kapasitas RAM yang mulai penuh.

Banyak situs yang memberikan saran untuk menginstal aplikasi pembersih RAM HP Android agar dapat membantu ponsel kita untuk memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar.

Namun bagi smartphone android keluaran terbaru, kita tidak perlu menginstal aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan di dalam perangkat tersebut sudah terdapat aplikasi bawaan ponsel yang mampu melepas beban dari aplikasi yang berjalan.

Jika aplikasi kamera tidak bisa dibuka terjadi pada smartphone android terbaru yang kita miliki maka langkah yang harus kita lakukan adalah dengan mengupdate pembaharuan sistem android yang ada.

8. Factory Reset


Namun jika dengan menggunakan aplikasi kamera tambahan kita tetap saja tidak bisa mengambil gambar menggunakan kamera hp android, maka tidak ada salahnya jika kita melakukan factory reset pada smartphone tersebut.

Banyak yang telah berhasil membuat hp android menjadi normal kembali dengan langkah tersebut karena factory reset mampu menghilangkan error pada sistem hp android.

Namun perlu untuk kita pastikan terlebih dahulu sebelum kita melakukan pengaturan awal tersebut, lakukan backup semua data terlebih dahulu karena factory reset akan menghapus semuanya.


9. Cek Kerusakan Komponen Kamera HP Android


Jika dengan semua cara diatas kamera hp android tidak bisa diakses maka kita perlu untuk melakukan pengecekan pada salah satu komponen HP Android milik kita tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tanda kamera hp android yang rusak karena kerusakan hardware, diantaranya :

  • Kamera pelangi, kamera pelangi merupakan salah satu kerusakan kamera hp android dengan ciri - ciri ketika kita membuka kamera gambar yang muncul hanya garis warna - warni layaknya pelangi.
  • Tampilan kamera bergaris, munculnya garis - garis baik itu vertikal ataupun horizontal pada saat aplikasi kamera dibuka sering kali disebabkan karena retak pada bagian dalam kamera.
  • Kamera tidak ada gambar, tampilan kamera hitam / gelap adalah salah satu tanda jika adanya konektor yang putus pada komponen kamera hp android.

10. Bawa Ke Service Center
cara memperbaiki kamera hp android gelap


Jika memang masalah kamera hp android yang sedang kita alami seperti yang telah kita bahas sebelumnya, maka tempat service hp android menjadi tempat yang wajib untuk kita kunjungi.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas akan masalah kamera hp android yang tidak berfungsi tersebut. Semoga postingan kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ...
LihatTutupKomentar