Cara Mengatasi Nada Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Di HP Android

Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi - Bagaimana cara mengatasi nada pesan whatsapp tidak bunyi di hp android padahal pengaturan volume sudah maksimal ? Tentu sudah kita kita ketahui bahwa notifikasi merupakan suatu hal yang sangat penting karena sebagai pemberitahuan seperti Pesan Masuk, Chat atau SMS, Panggilan Telepon, dan lain sebagainya di sebuah smartphone android.

Pemberitahuan di hp android itu sendiri dapat berupa Suara, Getar, dan Icon (Gambar) yang umumnya notifikasi terdapat pada bagian atas atau bar HP Android. Namun pernahkah kita mengalami kejadian dimana notifikasi di HP Android hilang ataupun nada dering hp tidak berbunyi. Jika memang seperti itu lantas bagaimana cara memperbaiki nada pemberitahuan whatsapp tidak ada suara ? Dan apakah yang menjadi penyebab whatsapp tidak bunyi jika ada pesan masuk tersebut ?

mungkin anda tertarik :

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan Tips Whatsapp untuk mengatasi masalah notifikasi aplikasi chatting tersebut yang tidak berbunyi. Untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi notifikasi pesan wa yang tidak bunyi di HP Android milik kita tersebut.



Penyebab dan Solusi Kenapa Nada Pesan Whatsapp Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Nada Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Di HP Android

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengatasi whatsapp tidak ada suara pesan masuk di hp android yang kita miliki. Penyebab pesan whatsapp yang tidak ada suara tersebut sering kali terjadi apabila kita tidak mengaktifkan opsi "Tampilkan Pemberitahuan" ataupun ponsel yang kita miliki berada dalam mode diam / senyap.

Dengan tidak ada suara di hp android yang kita miliki tersebut tentu akan membuat seperti pesan wa tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka. Oleh karena itu agar nada notifikasi wa tidak bunyi di hp android dapat kita atasi, cobalah beberapa langkah sebagai berikut :

1. Pastikan HP Android Tidak Dalam Mode Senyap atau Diam


Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan agar kita bisa mendengar suara atau bunyi ketika pesan whatsapp masuk di hp android yang kita miliki adalah dengan tidak mengatur ponsel pada mode diam.
Notifikasi whatsapp yang tidak bunyi

Hal ini dikarenakan mode diam tersebut tidak akan memberikan informasi berupa suara ataupun getaran ketika ada notifikasi masuk, meskipun volume whatsapp call tidak ada suara. Untuk merubah profil smartphone android ke mode umum, dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pengaturan >> Audio Profil dan kemudian pilih centang opsi Umum >> Pastikan bahwa opsi Tampilkan Pemberitahuan telah dicentang

Namun jika kita menginginkan cara mudah agar hp android bisa bunyi kembali, kita dapat mengaturnya melalui panel notifikasi. Cukup dengan mencari ikon speaker pada layar notifikasi kemudian ketuk ikon tersebut hingga ikon speaker berubah menjadi berbunyi.

2. Aktifkan Opsi "Tampilkan Pemberitahuan"


Untuk langkah ke dua ini kita perlu mengaktifkan opsi "Tampilkan Pemberitahuan" pada pengaturan hp android yang kita miliki. Tujuan dari mengaktifkan fitur tersebut supaya setiap ada pemberitahuan yang masuk di ponsel android, kita bisa mengetahuinya karena adanya sebuah notifikasi yang berupa lampu led, bunyi atau suara dan juga getaran jika diaktifkan.

Untuk mengaktifkan opsi "Tampilkan Pemberitahuan" itu sendiri terdapat 2 cara, yaitu melalui pengaturan hp android (berfungsi untuk semua aplikasi) dan juga lewat menu setelan whatsapp di hp android. Agar lebih jelasnya dalam memperbaiki nada wa yang tidak bunyi tersebut, kita dapat melihatnya secara lengkap pada ulasan sebagai berikut :

1. Lewat Pengaturan HP Android


Cara mengatasi pemberitahuan whatsapp tidak ada suara melalui pengaturan hp android tersebut dapat simak pada ulasan sebagai berikut :

  • Pengaturan >> Aplikasi >> Pilih WhatsApp >> Pastikan bahwa opsi Tampilkan Pemberitahuan telah dicentang

baca juga :

2. Lewat Menu Setelan Whatsapp HP Android


Jika dari semua cara di atas sudah kita lakukan namun nada notifikasi whatsapp tetap tidak bunyi di hp android maka kita perlu untuk memastikan apakah kita sudah mengatur nada pemberitahuan dengan benar di aplikasi whatsapp tersebut.

Jadi untuk memastikan pesan masuk yang tidak berbunyi melalui menu setelan notifikasi whatsapp di hp android, dapat kita lihat tutorialnya di bawah ini :

  • Pertama - tama kita masuk ke Aplikasi WhatsApp
  • Setelah itu kita tekan pada ikon 3 titik pada bagian kanan atas sebalah ikon pencarian
  • Lalu pilih menu Setelan
  • Kemudian kita cari menu yang bernama Notifikasi
    Cara Mengatasi Nada Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Di HP Android
  • Pastikan opsi Nada Percakapan di menu setelah whatsapp sudah kita centang
    Cara Mengatasi Nada Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Di HP Android
  • Selesai dan tahap terakhir setelah melakukan semua hal diatas adalah dengan melakukan pengaturan nada dering whatsapp sesuai yang kita inginkan

Cara Merubah Bunyi Notifikasi Whatsapp Pada HP Android


Pada dasarnya secara bawaan aplikasi, Whatsapp memiliki nada dering sendiri untuk memberikan notifikasi adanya pesan masuk ataupun panggilan masuk. Namun ternyata, pada aplikasi chatting yang satu ini kita bisa merubah bunyi agar tidak sama dengan nada bawaan aplikasi whatsapp tersebut.

Jika kita ingin mengganti nada notifikasi whatsapp agar tidak sama dengan nada notifikasi panggilan masuk ataupun aplikasi lainnya, kita bisa merubahnya dengan cara sebagai berikut :

  1. Pertama buka aplikasi Whatsapp
  2. Kemudian klik dan pilih simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas
  3. Lalu pilih dan klik settings untuk mengganti nada dering
  4. Setelah itu klik pada menu "Notifications" untuk mengatur nada dering di Whatsapp HP Android
  5. Untuk mengganti nada dering Whatsapp, klik "Notification tone" pada bagian "Message Notifications / Group Notifications / Call Notifications"
  6. Langkah berikutnya gulir ke atas untuk klik "More Ringtones ..."
  7. Terakhir, klik salah satu lagu yang ada di ponsel yang kita miliki untuk dijadikan ringtone. 
  8. Jika sudah selesai memilih, langsung klik OK

INFO :

  • Message Notifications untuk mengganti nada dering chat WA
  • Group Notifications untuk mengganti nada dering grup WA
  • Call Notifications untuk mengganti nada dering telepon WA

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi notifikasi wa yang tidak ada suara tersebut. Semoga postingan kami di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar