PERCAYAKAH ? 6 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Dalam Keadaan Mati, Ini Berfungsi Di HP Samsung ?

HP Mati Tidak Bisa Dicas - Bagaimana cara mengatasi hp tidak bisa di cas pada hp android samsung ? Tidak dipungkiri lagi "baterai hp" menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di sebuah smartphone, mulai dari hp android tidak bisa di cas dalam keadaan mati ataupun hidup, hp android di cas tidak penuh - penuh dan bahkan hp di cas tapi malah berkurang. Kerusakan hp android yang tidak mengisi daya saat di charge inipun juga terjadi hampir di seluruh tipe ponsel android layaknya hp android samsung, xiaomi, asus zenfone, lenovo maupun advan sekalipun. Dan baru - baru ini sering kali kami mendengar keluhan akan hp samsung tidak bisa saat keadaan mati.

Kondisi dimana ponsel android tidak bisa di charge dalam keadaan mati tentu tetap saja merugikan bagi diri kita meskipun dalam keadaan hidup handphone tersebut bisa di cas / di charge. Bagaimana tidak merugikan jika smartphone yang kita miliki adalah hp android yang baterai cepat habis dan tiba - tiba mati mendadak, tentu hp android samsung tidak bisa hidup karena dalam keadaan mati tersebut hp tidak bisa di cas. Lantas bagaimana cara memperbaiki baterai hp samsung dicas tidak bisa penuh saat keadaan mati tersebut ? Jika kita tidak segera memperbaiki masalah tersebut, kita akan selalu bingung ketika hp android mati mendadak padahal baterai masih 20%.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan solusi akan masalah hp android samsung yang tidak bisa menyala setelah kehabisan baterai tersebut. Pada dasarnya, kerusakan akibat software ataupun hardware dapat menjadi penyebab hp android yang error saat di cas. Dengan adanya kerusakan tersebut maka tidak menutup kemungkinan masalah seperti hp di cas tapi 0% terus ataupun hape di charge lama penuh akan terjadi pada perangkat android yang kita miliki. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 6 cara menghidupkan hp android samsung yang mati tidak bisa di cas tersebut di bawah ini.

6 Cara Mengatasi HP Samsung Tidak Bisa Di Cas

cara mengatasi hp samsung tidak bisa di charge dalam keadaan mati

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab baterai hp tidak mengisi ketika dicas yang perlu untuk kita lakukan pada hp samsung yang tidak bisa mengisi daya saat ponsel dalam keadaan mati, langkah - langkahnya adalah sebagai berikut ini.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Di Charge Dalam Keadaan Mati


1. Restart Smartphone

    Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan apabila hp android yang kita miliki sedang mengalami masalah tidak bisa mengisi daya adalah dengan melakukan restart handphone tersebut. Restart yang kami maksud disini adalah dengan melepas baterai hp android dalam beberapa saat, hal ini bertujuan untuk merefresh kinerja ponsel yang terus menyala tanpa pernah dimatikan. Setelah itu coba kita pasang kembali baterai hp android lalu sambungkan kembali pada charger yang kita miliki.
    cara merestart hp android baterai tanam
    sumber gambar : https://www.samsung.com/id/ 
    Lantas bagaimana jika masalah yang terjadi ada pada hp android baterai tanam ? Di bawah ini kami berikan cara restart hp android baterai tanam di Samsung Galaxy A5.

    Cara Merestart HP Android Baterai Tanam Samsung Galaxy A5

    • Pertama - tama tekan tombol power dan volume down secara bersamaan
    • Setelah itu tahan kurang lebih selama 7 sampai 10 detik
    • Kemudian tunggu hingga terasa bergetar yang menandakan proses restart telah berhasil

    2. Cek Kondisi Baterai

    Jika dengan cara pertama hp samsung tetap tidak bisa di charge dalam keadaan mati maka kita perlu untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi baterai hp android tersebut. Untuk memeriksa baterai hp android tersebut juga tidak terlalu sulit, cukup dengan memperhatikan bentuk permukaan baterai guna memastikan adanya kebocoran arus karena baterai hp android yang tidak rata.

    battery android

    Perlu untuk kita ketahui bahwa baterai hp android yang menggembung merupakan salah satu penyebab hp android tidak bisa mengisi daya, maka dari itu mengganti dengan baterai hp android yang baru adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

    baca juga :
    3. Cek Kondisi Charger

    Kita perlu untuk mencoba memastikan bagaimana kondisi charger yang kita miliki karena tidak menutup kemungkinan penyebab hp tidak bisa di charge tersebut berasal dari kerusakan charger hp android itu sendiri. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita coba gunakan charger yang kita miliki tersebut pada hp android lainnya untuk mengisi daya. Jika pada ponsel lainnya charger tersebut ternyata dapat digunakan maka tidak ada salahnya kita mengganti charger hp android tersebut.

    cara cek charger hp android yang rusak

    Namun saat kita akan mengganti charger lama dengan yang baru, pastikan terlebih dahulu besarnya arus (ampere) pada charger tersebut. Hal ini dikarenakan apabila arus yang keluar dari charger tidak sebanding dengan spesifikasi perangkat android yang kita miliki, maka kita akan mengalami masalah baru yaitu hp android di cas lama penuh.

    4. Cek Kondisi Port USB

    Jika dari ketiga cara di atas ternyata tidak mengalami kerusakan maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengecek kondisi port usb hp android. Pentingnya melakukan pengecekan adalah port usb yang longgar akan mengakibatkan hp android tidak bisa terhubung ke pengisian daya sehingga membuat hp android di cas tidak masuk.

    cara membersihkan port usb android

    Untuk melakukan pengecekan kondisi port charger hp android yang rusak, dapat kita lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :

    • Periksa pin konektor pengisi daya telepon, pastikan sudah terpasang dengan benar
    • Periksa kebersihan konektor, pastikan tidak ada debu dan kotoran. Jika kondisinya tidak memungkinkan, coba bersihkan dengan membersihkan lubang pengisi daya dengan cairan pembersih
    • Periksa port charger ponsel Android, pastikan lubang konektornya normal atau tidak longgar.

    5. Cek Sumber Daya

    Pada dasarnya penyebab hp android lama di cas ataupun di cas tidak masuk berasal dari kekurangan sumber daya yang dibutuhkan untuk pengisian daya ponsel tersebut. Sumber daya dan juga charger yang tidak competible dapat mengakibatkan pengisian daya tidak masuk pada hp android.

    cara cek pengisian daya tidak masuk
    Photo by Thomas Kelley on Unsplash

    Oleh karena itu jika kita sudah melakukan pengecekan terhadap charger hp android maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan memastikan sumber daya tersebut, yaitu dengan menghindari untuk melakukan charging pada usb laptop ataupun PC.

    Menghubungkan perangkat pengisi daya langsung pada sumber listrik tanpa perantara akan jauh lebih baik dibandingkan dengan mengecas hp android lewat usb laptop.

    6. Cek Software HP Android

    Langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan memeriksa software hp android. Tidak menutup kemungkinan bahwa masalah hp android (samsung) yang tidak bisa dicas saat mati tersebut terjadi setelah kita melakukan update OS Smartphone Android tersebut.

    Jadi apabila hp tidak bisa di cas setelah update sistem operasi maka langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan melakukan downgrade os android tersebut. Hal ini terjadi dapat dikarenakan adanya ketidakcocokan / bugs pada software tersebut pada perangkat android yang kita miliki.

      baca juga :

      Jika dengan 6 langkah di atas masalah hp samsung tidak dapat terisi daya dalam keadaan mati maka terdapat kemungkinan bahwa adanya kerusakan IC Power. IC Power sendiri merupakan komponen smartphone yang berfungsi untuk membagikan tegangan listrik yang masuk dari baterai pada tiap - tiap komponen yang memerlukannya.

      Jadi apabila IC Power ponsel android mengalami kerusakan maka di bawah ini adalah beberapa hal yang akan di timbulkan, diantaranya :

      Ciri - Ciri IC Power HP Android Yang Rusak

      1. Hp Hidup ketika di charge dan ketika dicabut langsung Mati
      2. HP Bisa dicas tapi ketika charger di lepas hp tidak mau menyala
      3. HP Sering mati sendiri padahal daya baterai masih x% dan ketika dihidupkan baterai menjadi 100% ketika dihidupkan ulang setelah mati sendiri

      Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara menghidupkan hp samsung yang mati total dan tidak bisa di charge / di cas. Namun apabila dengan semua cara di atas smartphone android yang kita miliki belum juga dapat hidup kembali maka alangkah lebih baiknya jika kita membawa perangkat android tersebut ke service center terdekat, sekian dan terima kasih ..
      LihatTutupKomentar