Cara Kalibrasi Layar Sentuh Dan Membuat Touchscreen Android Kembali Sensitif

Kalibrasi touchscreen - Bagaimana cara kalibrasi layar sentuh untuk mengatasi touch screen yang kurang maupun terlalu sensitif di hp android ? Memang sulit untuk dibayangkan jika kita mengalami masalah pada layar sentuh hp android seperti layar touchscreen tidak berfungsi, sensitive touch screen kurang responsif  maupun layar sentuh tidak berfungsi sama sekali. Sebagai pengguna hp android terkadang kita sering tidak menyadari beberapa hal yang menjadi penyebab layar android tidak sensitif namun selalu kita lakukan selama ini. Misalnya saja penggunaan charger smartphone yang tidak sesuai, hal ini jika kita biarkan lama kelamaan akan membuat layar sentuh terlalu sensitif terjadi pada ponsel android yang kita miliki.

Apabila sudah terjadi masalah pada sensitivitas layar sentuh hp android, baik itu touchscreen yang kurang merespon ataupun terlalu sensitif tentu kita akan mencari tahu akan cara mengatur sensitivitas layar hp android tersebut. Salah satu cara meningkatkan sensitif layar sentuh pada smartphone android adalah dengan melakukan kalibrasi touchscreen atau layar sentuh. Namun tahukah anda bagaimana cara melakukan kalibrasi layar sentuh hp android agar sensitive touch screen android yang kita miliki dapat menjadi normal kembali ? Kita sebelum memulai untuk mengatur sensitivitas layar sentuh dengan cara kalibrasi touch screen, alangkah lebih baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan tips untuk anda yang sedang mengalami masalah error pada layar sentuh hp android yang kita miliki. Untuk mengetahui layar sentuh android rusak kita dapat menggunakan dua cara, yaitu menggunakan aplikasi yang bernama Simple Touch Tester atau bisa juga menggunakan kode rahasia dari hp android. Akan tetapi jika kita akan menguji touchscreen smartphone android yang tidak bisa disentuh, kita harus mengetahui kode rahasia pada tiap - tiap tipe hp android karena tidak semua tipe hp android memiliki kode rahasia yang sama. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara mengatur touchscreen hp android yang kurang sensitif pada artikel di bawah ini.

Cara Kalibrasi Layar Sentuh Dan Membuat Touchscreen Android Kembali Sensitif

cara mengatur sensitif layar android
Jika kita mengalami masalah seputar layar sentuh atau LCD hp android baik itu dead pixel, hang ataupun layar retak, disini kami akan memberikan solusi agar layar sentuh hp android yang kita miliki kembali sensitif. Namum sebelum kita memulai membahas cara memperbaiki touchscreen android yang tidak merespon tersebut, ketahuilah terlebih dahulu penyebab layar sentuh error di ponsel android tersebut sebagai berikut ini :

  • Arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan.
  • Terlalu banyak animasi yang diaktifkan.
  • Pernah terbentur.

Sebelum kita memulai untuk melakukan kalibrasi touchscreen hp android, coba beberapa tips berikut ini untuk mengembalikan sensitivitas dari layar sentuh hp android yang kita miliki tersebut.

1. Hindari penggunaan charger yang bukan bawaan ponsel
cara mengatur sensitif layar android


Perlu untuk kita ketahui bahwa setiap charger smartphone tidaklah sama meskipun memiliki colokan yang sama karena setiap arus pada charger smartphone memiliki arus yang berbeda - beda.

Masalah yang terjadi pada touchscreen hp android ketika dicharge seperti layar sentuh yang bergerak liar atau lompat ini bisanya berasal dari lonjakan arus yang tinggi. Jika kita biarkan terus menerus maka tidak dapat dipungkiri akan membuat layar sentuh tidak merespon terjadi ponsel android yang kita miliki.

Jadi boleh - boleh saja kita meminjam charger milik teman kita, namun jangan terlalu sering jika tidak ingin membuat touchscreen hp android menjadi error terjadi pada kita.

2. Kurangi Skala Animasi pada Layar Hp Android
cara mengatur sensitif layar android


Perlu untuk kita ketahui bahwa tenyata kecepatan software membaca perintah dari kita berasal dari kecepatan skala animasi di hp android yang kita miliki. Terkadang kita merasa sensitivitas layar sentuh ponsel android tersebut seperti kurang merespon itu bersumber dari skala animasi yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu untuk menonaktifkan skala animasi layar agar touchscreen dapat kembali bisa disentuh secara responsif, dapat kita lakukan dengan langkah sebagai berikut :
  1. Pertama - tama masuk pada menu setting / pengaturan ponsel
  2. Kemudian cari Developer Option
  3. Setelah itu coba temukan pilihan Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale
  4. Setelah itu ubah angkanya ke .5x

3. Install Pixel Fixer

Selain mengatur skala animasi, ternyata layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian itu juga merupakan salah satu tanda - tanda adanya dead pixel pada layar hp android yang kita miliki.  Dengan adanya Pixel Fixer di hp android, dead pixel dapat teratasi karena adanya rangsangan sinyal dinamais dari aplikasi tersebut dan tentunya berharap dapat membuat layar sentuh hp android menjadi sensitif kembali.

4. Lepas Tempered Glass
cara mengatur sensitif layar android


Mungkin selama ini kita merasa takut terjadi kerusakan pada layar sentuh pada hp android yang kita miliki oleh karena itu kita sering kali memasangkan tempered glass untuk memberikan keamanan. Namun tahukah anda jika ternyata penggunaan tempered glass dapat membuat layar sentuh ponsel android menjadi kurang sensitif terlebih lagi jika tempered glass yang kita pasang pada layar LCD hp android tersebut sudaj retak.

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Android Error Ketika Di Charge
  2. Cara Mengatasi Hp Layar Sentuh Berkedip - Kedip

Cara setting sensitif touchscreen android


Jika kita sudah mencoba mengaplikasikan tips di atas namun layar sentuh hp android masih saja tidak berfungsi atau error, mari langsung saja kita lakukan langkah mengatur ulang kalibrasi layar sentuh hp android yang terlalu sensitif atau tidak berfungsi tersebut dengan cara sebagai berikut :

Masuk pada pengaturan display hp android
cara mengatur sensitif layar android

  • Setiap produk memiliki lokasi pengaturan yang berbeda. Atur ulang kalibrasi yang ada didalam pengaturan tersebut. Sebagai alternatif, jangan mengaktifkan fitur Auto Rotation.

Instal SwiftKey Keyword
  • Selain itu kita dapat menggunakan aplikasi SwiftKey Keyword jika pada hp android yang kita miliki tidak terdapat pengaturan kalibrasi touchscreen pada display settings. Aplikasi ini memiliki pengaturan yang dinamakan Touch Input. Dari sana, kita bisa mencoba untuk mengatur ulang kalibrasi.

Factory Reset
  • Jika dari kedua cara diatas belum dapat mengatur ulang layar sentuh hp android yang kita miliki maka langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan Factory Reset. Hal ini berfungsi untuk mengatasi layar sentuh yang error karena adanya kerusakan software. Namun sebelum melakukan Factory Reset, alangkah baiknya jika kita membackup semua data yang ada karena langkah ini akan menghapus semua data sehingga ponsel android yang kita miliki seperti kembali baru lagi.

Penanganan Lebih Lanjut
  • Langkah terakhir yang bisa kita lakukan jika ketiga cara diatas belum berhasil kita gunakan untuk melakukan kalibrasi touchscreen android yang error adalah membawa smartphone android yang kita miliki ke service center terdekat. Hal ini bertujuan supaya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena bisa jadi layar sentuh yang tidak berfungsi tersebut disebabkan oleh kerusakan dari hardware ponsel itu sendiri.

Demikian langkah - langkah mengenai cara mengatur layar sentuh hp android agar kembali sensitif yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga tips kami ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan jangan lupa berikan komentar jika anda miliki cara lain untuk mengatasi touch screen hp android yang tidak merespon ini. Sekian dan terima kasih..
.
LihatTutupKomentar