Cara Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Di Ponsel Ataupun Tablet

SIM Card tidak terbaca - Bagaimana cara mengatasi sim card tidak terbaca di smartphone android, tablet ataupun perangkat ponsel lainnya ? Mengisi daya pada handphone dalam keadaan mati merupakan suatu tindakan yang baik namun pernahkah anda mengalami kejadian dimana setelah hp android tersebut dihidupkan yang terjadi malah muncul notifikasi "no signal" atau kartu sim tidak terdeteksi di hp android tersebut. Tentu notifikasi insert sim card yang muncul pada layar ponsel android membuat anda berpikir terjadi kerusakan pada perangkat handphone yang anda miliki atau dari sim card yang error. Apapun itu jika menghadapi masalah sim card tidak terbaca akan sangat mengganggu aktifitas kita dalam penggunaan hape karena hal tersebut dapat mengakibatkan sinyal hp menjadi sering hilang.

Handphone tidak bisa detect sim card sering terjadi karena banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Salah satu yang menjadi penyebab hp android tidak bisa membaca kartu sim diantara adalah seringnya bergonta - ganti sim card, konektor kartu sim bermasalah, kerusakan pada kartu sim itu sendiri dan masih banyak yang lainnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki slot sim card yang rusak agar ponsel android dapat membaca kartu sim yang tidak terdeteksi tersebut ? Namun sebelum kita melakukan perbaikan atas sim card yang tidak terbaca tersebut sebaiknya pastikan terlebih dahulu akar permasalahannya agar kita tidak salah langkah dalam mengatasi masalah tesebut.

Artikel TechnoEcho kali bertujuan agar anda dapat menggunakan smartphone anda secara maksimal karena dengan adanya masalah kartu sim yang tidak terbaca dapat membuat hp android kehilangan sinyal yang menjadikan kita tidak bisa menerima panggilan masuk ataupun berselancar di dunia internet. Untuk itu pada pertemuan kita kami ini kami akan mencoba memberikan tips dan tutorial mengenai sim card tidak terbaca setelah upgrade. Mari langsung saja kita mulai pembahasan cara memperbaiki tempat kartu sim yang rusak yang sudah kami rangkum pada tulisan dibawah ini.

Cara Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca Di Ponsel Ataupun Tablet

cara memperbaiki slot sim card yang rusak


Pada intinya masalah SIM Card tidak terbaca,SIM Card rejected, Tidak ada signal disebabkan karena terdapat masalah pada simcard atau dudukan simcardnya. Untuk lebih lengkapnya dalam mengatasi masalah tersebut mari langsung saja kita mulai pembahasannya sebagai berikut :


Penyebab kartu sim tidak terbaca di hp maupun tablet


1. Suhu hp android yang terlalu panas

  • Sudah bukan menjadi suatu hal yang baru lagi jika dalam penggunaan hp berbasis android tentu akan selalu panas karena adanya aplikasi yang selalu bekerja pada layar belakang ponsel. Akan tetapi dalam beberapa kasus, hp android yang terlalu panas dapat menyebabkan konsleting salah satunya pada bagian slot sim card yang mengakibatkan kartu sim tidak terbaca oleh ponsel android tersebut.

2. Kerusakan pada software smartphone tersebut

  • Kesalahan sistem dapat menjadi pemicu dari masalah tersebut, sebab sistem operasi hp android akan tidak mampu membaca SIM Card. Untuk mengatasinya dapat kifa lakukan dengan cara  membuka kode PUK atau dengan pengaman ponsel.

3. Kerusakan dari kartu SIM itu sendiri

  • Biasanya ciri - ciri adanya kerusakan pada sim card ditandai dengan jalur chip yang semula keemasan akan berubah menjadi bintik-bintik kecoklatan yang mengakibatkan kartu sim tidak terdeteksi oleh hp android. Langkah paling mudah untuk memeriksa sim card tersebut terdapat kerusakan atau tidak dapat dilakukan dengan mencoba sim card tersebut pada ponsel yang lain.

4. Kerusakan Pada Dudukan dan Konektor Sim Card

  • Jika pada layar hp android anda terkadang muncul notifikasi kartu sim tidak terbaca atau sinyal kadang muncul dan kadang juga menghilang terdapat kemungkinan masalah pada dudukan konektor kartu sim. Biasanya untuk mengatasinya kita perlu mengganjal sim card dengan kertas agar sim card dapat stabil dibaca oleh hp android.

5. Jalur SIM card terputus

  • Yang dimaksud konektor disini adalah skema pcb/microchip yang berwarna keemasan pada kartu sim, ciri - ciri rusaknya ditandai putus jalur simcard yang berupa garis atau goresan tipis di microchip.

6. Kartu sim sudah melewati masa aktif

  • Meskipun penyebab kartu sim tidak terbaca yang terakhir ini terkesan sederhana namun banyak pengguna hp android yang kurang menyadarinya.

baca juga :

Cara Cek SIM Card error, tidak terbaca dan no signal di hp android


1. Coba ganti kartu sim yang error tersebut dengan yang baru

  • Apabila setelah penggantian sim card yang baru dan hasilnya hp android / tablet anda dapat mendeteksi adanya kartu sim dapat disimpulkan bahwa kondisi hp android anda masih dalam keadaan normal dan sumber permasalahan berasal dari sim card itu sendiri.

2. Jika sumber masalah berasal dari kartu sim itu sendiri, maka untuk memperbaikinya anda perlu menggosok secara perlahan di area jalur chip simcard menggunakan penghapus berbahan karet.

3. Namun apabila kerusakan berasal dari perangkat hp android anda sendiri anda perlu memeriksa Dudukan dan Konektor simcard Ponsel dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama - tama lihat pada dudukan dan konektor sim card. Konektor sim card disini adalah kuningan tiga kaki tempat kartu sim pada hp / tablet android.
  • Jika dudukan kartu sim terdapat kerak maka coba bersihkan menggunakan ampelas atau obeng kecil dengan cara mengkerik secara perlahan.
  • Namun apabila langkah tersebut belum menemukan titik terang maka cobalah untuk membawa hp android anda ke tempat service terdekat atau service center dari hp android yang anda miliki.

Tips menarik lainnya :

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja mengupas tentang bagaimana cara kita untuk mengatasi masalah kartu sim tidak terbaca di hp maupun tablet android. Semoga artikel kami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar