Aplikasi Sedikit Tapi HP Lemot ? Atasi Dengan 6 Solusi Berikut Ini !!

HP Android Lemot -  Bagaimana cara mengatasi hp android lemot padahal aplikasi sedikit yang terpasang di perangkat tersebut ? Bukan menjadi sebuah jaminan ketika kita memiliki smartphone dengan memori internal besar untuk tidak mengalami masalah hp android yang lemot. Baru - baru ini kami mendapatkan keluhan pengguna ponsel android yang mengalami masalah lemot pada ponsel yang dimilikinya, baik itu saat digunakan untuk multitasking, internet / browsing ataupun lemot saat digunakan untuk bermain game. Anehnya disini, sebuah smartphone android terasa lemot dan lelet padahal sedikit aplikasi yang terpasang pada perangkat yang memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB tersebut.

Mungkin menjadi hal yang wajar apabila hp android menjadi lemot jika kapasitas RAM yang tertanam di ponsel tersebut tergolong kecil. Namun jika hp android dengan RAM ataupun internal memori yang besar sering kali lemot saat digunakan tentu kita akan mencoba mencari cara mempercepat hp android yang lemot. Lantas adakah solusi untuk menjadi sebuah cara agar hp android tidak lemot saat internetan tersebut ? Meskipun masih dapat digunakan namun jika masalah hp android yang lelet ini kita biarkan berlarut - larut tentu akan menggangu aktivitas kita di kemudian harinya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami TechnoEcho akan mencoba memberikan solusi bagi anda yang sedang mencoba mencari sebuah cara memperbaiki ponsel android agar tidak lemot. Perlu untuk kita ketahui terdapat banyak sekali faktor yang menjadi penyebab hp android menjadi lemot. Apapun itu alasannya, kita harus segera memperbaiki smartphone android yang memiliki masalah memori internal penuh padahal tidak pernah instal aplikasi tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat agar tidak lemot di bawah ini.

Aplikasi Sedikit Tapi HP Lemot ? Atasi Dengan 6 Solusi Berikut Ini !!

cara mengatasi hp android lemot padahal sedikit aplikasi

Disini kami tidak akan membahas apa saja yang menjadi penyebab hp android menjadi lemot tersebut namun hal - hal yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari justru menyebabkan hp android menjadi lemot. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya tentang beberapa hal yang paling sering terjadi yang menyebabkan memori internal cepat penuh sehingga mengakibatkan hp lemot, diantaranya :

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit


1. Terlalu Memaksakan Mengupgrade OS Android

Salah satu hobi yang dilakukan oleh pengguna smartphone android adalah melakukan pembaharuan sistem ataupun mengoprek perangkat android yang dimilikinya. Disinilah yang jarang disadari oleh pengguna hp android, semakin tinggi OS maka semakin besar file OSnya sedangkan ram HP dan kapasitas penyimpanannya tetap. Jadi jika kapasitas memori internal dan RAM yang ada pada ponsel android kita tersebut kecil, saat kita akan menaikkan versi OS bukan berarti HP makin canggih justru malah bisa menjadi lemot yang disebabkan kinerja RAM yang terlalu berat.

2. Pembaruan Aplikasi Sistem Yang Diatur Secara Otomatis

Perlu untuk kita ketahui bahwa mengatur smartphone android agar dapat memperbarui aplikasi secara otomatis justru dapat membuat memori cepat penuh dan mengakibatkan HP kita lemot. Oleh karena ini rubah pengaturan agar aplikasi sistem tidak memperbarui secara otomatis dengan cara dibawah ini :

  1. Masuk di aplikasi playstore
  2. Setelah itu lihat pada garis tiga pojok kiri atas
  3. Buka (klik) garis tiga
  4. Kemudian masuk (klik) setelan
  5. Langkah berikutnya akan muncul beberapa daftar. Buka (klik) "Update aplikasi secara otomatis"
  6. Pilih (centang) Jangan update aplikasi secara otomatis
  7. Selesai

Dengan begitu aplikasi sistem tidak akan memperbarui secara otomatis sehingga memori internal tidak terasa penuh lagi.

3. Menghapus aplikasi yang kurang bersih

Tidak sedikit pengguna android yang sering kali menghapus aplikasi hanya sebatas pada aplikasi yang tertampil pada layar smartphone saja. Padahal dengan cara menghapus aplikasi seperti itu tidak akan begitu mengatasi kinerja lambat yang terjadi pada ponsel android yang kita miliki, hal ini dikarenakan masih tersimpan file data cache di memori internal yang membuat hp android menjadi semakin tidak responsif. Lantas bagaimana cara menghapus aplikasi agar ram bisa berkurang banyak dan membuat hp menjadi tidak lemot kembali ?

Cara menghapus aplikasi sampai bersih adalah sebagai berikut :

  1. Pertama - tama masuk ke menu pengaturan (Setelan)
  2. Setelah masuk Pengaturan, cari dan pilih menu "Aplikasi"
  3. Kemudian cari aplikasi yang ingin dihapus. Apabila sudah ketemu, klik aplikasi yang akan dihapus.
  4. Lalu pilih "penyimpanan"
  5. Langkah berikutnya "HAPUS CACHE" dan "HAPUS DATA"
  6. Jika kita sudah menghapus cache dan menghapus data, maka dapat dilanjutkan dengan menghapus aplikasi yang ingin kita hapus
  7. Selesai

4. File hasil download

Pada dasarnya setiap kita mengunduh file dari browser hp android entah itu google chrome ataupun lainnya, file hasil unduhan kita yang berupa foto, video, musik ataupun file data - data lainnya akan tersimpan di memori internal ponsel android yang kita miliki. Untuk itu agar penyimpanan memori intenal hp tidak cepat penuh dan kita terhindar dari masalah lemot di kebanyakan pengguna ponsel android pada umumnya, kita perlu memindahkan semua file hasil download ke kartu SD.

Untuk memindahkan file download dari memori internal ke SD Card, ikuti cara dibawah ini :

  1. Pertama - tama masuk pada file donload
  2. Kemudian tekan dan tahan salah satu file hasil unduhan tersebut
  3. Setelah itu pilih semua
  4. Pilih (klik) titik tiga pada bagian atas kanan layar ponsel >> Pindahkan kemudian pilih kartu SD
  5. Langkah berikutnya masukkan ke DCIM
  6. Kemudian SELESAI
  7. Sekarang untuk hasil download sudah tidak ada di memori internal dan semuanya sudah dipindahkan ke kartu memori

5. Hindari untuk menginstal aplikasi yang tidak diperlukan

Disarankan bagi kita yang memiliki smartphone android yang memiliki kapasitas ram dibawah 2GB dan internal memori dibawah 16GB jika ingin menginstal aplikasi, instal saja aplikasi yang dibutuhkan. Jika tidak membutuhkannya ​lebih baik dihapus karena hal tersebut dijamin akan cepat memenuhi ruang internal hp pun akan lemot.

6.  Atur ponsel android agar tidak mengunduh file dari aplikasi secara otomatis

Dan inilah yang sering kita alami saat ini, terdapat beberapa aplikasi yang sering menerima file seperti foto, video, dan file lainnya misalnya saja pada aplikasi WhatsApp. Aplikasi whatsapp sering kali akan secara otomatis menyimpan kiriman foto ataupun video ke dalam memori internal perangkat android yang kita miliki. Oleh karena itu cara setting hp android agar tidak lemot yang paling bagus adalah dengan mengentikan kiriman foto dan video WhatsApp agar tidak tersimpan otomatis di memori ponsel android yang kita miliki.

baca juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang penyebab hp android lemot padahal sedikit aplikasi yang kita miliki di dalam perangkat smartphone tersebut. Dengan kita melakukan cara - cara diatas, kami yakin dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah hp lemot tanpa harus factory reset. Sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar