Cara Terbaik Mengatasi Sinyal Sering Hilang Pada Android

Sinyal Handphone Hilang Mendadak merupakan faktor yang sangat mempengaruhi ketika kita menggunakan suatu smartphone dikarenakan sinyal adalah faktor yang sangat penting pada semua ponsel tanpa melihat OS Android ,Blackbery, Iphone, atau Microsoft. Lalu andai kata terjadi sinyal tiba-tiba hilang meskipun kita sudah menggunakan kartu yang baik seperti contoh sinyal 3G Telkomsel hilang lalu bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Sinyal Sering Hilang Pada Android ?

Jika melihat perkembangan dari waktu ke waktu dunia teknologi sangat mengesankan salah satunya contohnya adalah jaringan sinyal, mereka memikirkan untuk perbaikan dalam hal mengatasi sinyal yang  lemah . Ya anda benar dahulu orang berpikir bahwa sinyal 3G adalah yang paling kencang. namun, sekarang sudah muncul 4G LTE yang dapat mengirimkan data sampai 100MB/s sehingga tidak perlu khawatir nantinya kita mengatasi HP tidak ada sinyal

Sebelum kita mengetahui cara memperbaikinya alangkah lebih baiknya jika pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya berikut ini :
  • Sinyal sedang tidak tersedia di daerah anda. Sebagai contoh sinyal 3 sering hilang dirumah anda dikarenakan jauh dari pemancar juga berpengaruh.
  • Sinyal HP hilang setelah jatuh
  • Smartphone anda di setting ke mode hanya menerima jaringan 3G
  • Jaringan sinyal operator naik turun atau tidak konsisten
  • Faktor cuaca yang biasanya karena hujan yang membuat sinyal menjadi lemah
  • Terjadi kerusakan pada software atau hardware anda
  • Ada aplikasi pihak ketiga yang membuat masalah
  • Sedang dilakukanya pemadaman sinyal oleh operator

Cara Terbaik Mengatasi Sinyal Sering Hilang Pada Android

sinyal hilang

Anda tidak perlu mencari-cari referensi lain karena saat ini anda sudah berada di tempat yang tepat karena kami akan mengulasnya secara lengkap di bawah ini :

Solusi sinyal hp android hilang mendadak


1. Masuk Ke Mode Penerbangan

  • Langkah pertama untuk mengatasi sinyal yang hilang di android adalah masuk ke mode penerbangan selama beberapa menit ini bertujuan untuk merestart smartphone anda dalam penerimaaan sinyal.

2. Periksa Kartu SIM

  • Cobalah matikan ponsel android anda dan pastikan apakah kartu SIM anda terpasang pada posisi yang benar, jika miring atau tidak sesuai dengan dudukan bisa jadi itulah penyebabnya.

baca juga :

3. Mengganti Mode Penerimaan Jaringan

  • Smartphone sekarang kebanyakan telah di lengkapi dengan 3 jenis sinyal diantaranya 2G, 3G, dan 4G LTE. 2G mampu bekerja pada kekuatan sinyal (850/900/1800/1900 MHz), sementara 3G bekerja pada kekuatan sinyal (900/2100 MHz) dan 4G LTE sendiri lebih bekerja di atas 2100MHz.
  • Untuk menggantinya cukup masuk ke Settings => Wireless & Networks => Mobile Networks => Network Mode dan sekarang anda bisa melihat pengaturan penerimaan sinyal anda apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered.

4. Factory Reset

  • Ini adalah langkah terakhir jika anda sudah mencoba berbagai cara mengatasi sinyal sering hilang di android seperti di atas tetapi ini juga terdengar mengerikan bukan? maka dari itu sebelum ingin melakukan Factory Reset sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu.
  • Untuk melakukan Hard Reset masuk ke Settings => Backup & Reset => Factory Data Reset tetapi sebelumnya back up data terlebih dahulu ya seperti foto, video, kontak dan file penting lainya.

Sekian tips mengatasi sinyal sering hilang di smartphone android semoga informasi ini bisa membantu anda. Mulailah sedikit perhatian ketika handphone anda sudah mulai mengalami problem tersebut, dikarenakan dengan sering hilangnya sinyal itu berdampak hp atau ponsel kita menjadi cepat panas. Sehingga kita harus pandai-pandai merawat smartphone kita agar tidak cepat rusak. Sekian dan Salam Ponsel !!
LihatTutupKomentar