10 Cara Video Instagram Tidak Bisa Diputar Di HP Android

Video instagram error - Bagaimana 10 cara mengatasi video Instagram yang tidak dapat diputar pada hp android ? Instagram memang menjadi salah satu aplikasi sosial yang sangat populer di kalangan pengguna pribadi ataupun pelaku bisnis guna mengunggah foto ataupun video. Namun seiring dengan tingkat populeritas aplikasi tersebut, tidak sedikit pengguna instagram yang mengalami beberapa masalah misalnya seperti video instagram patah patah saat di play di ponsel android. Dengan gangguan pada saat memutar video tersebut tentu juga akan membuat kita kesulitan akan melihat video teman di instagram milik kita.

Tidak dapat diputarnya video pada aplikasi instagram ini memang tidak terjadi pada semua pemilik akun aplikasi media sosial di hp android tersebut. Namun meskipun demikian penyebab kenapa anda tidak bisa play video di instagram saat ini masih terdapat beberapa faktor yang belum mendapatkan kepastian penyebabnya. Lantas bagaimana 10 cara mengatasi video instagram yang muter muter saat akan diputar di smartphone android yang kita miliki ? Karena tentu sangat menjengkelkan apabila kita mengalami masalah tidak bisa memutar video instagram tersebut.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan solusi bagi anda yang mendapati masalah video di Instagram masih tidak bisa diputar tersebut. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, video instagram tidak bisa dibuka tersebut berasal dari memori penyimpanan internal android yang mulai penuh. Jadi jika kita tidak dapat melihat video artis kesayangan kita karena video instagram tersebut tidak mau di putar cobalah untuk mengosongkan sedikit memori penyimpanan di smartphone yang kita miliki terlebih dahulu. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai 10 cara membuat video instagram yang tidak bisa diputar agar dapat diputar pada hp android yang kita miliki di bawah ini.

10 Cara Video Instagram Tidak Bisa Diputar Di HP Android

cara mengatasi video instagram tidak bisa diputar di hp android

1. Update Aplikasi Insagram

Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan ketika video instagram tidak bisa diputar di hp android yang kita miliki adalah dengan memastikan aplikasi instagram yang terpasang bukanlah versi yang terdahulu. Untuk itu jika memang aplikasi instagram yang terpasang di hp android tersebut masih menggunakan versi lama alangkah lebih baiknya jika kita melakukan update aplikasi melalui google playstore di smartphone milik kita tersebut.

Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan file yang terjadi serta membuat kita mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut. Untuk melakukan pembaharuan aplikasi, berikut langkah - langkah yang perlu untuk kita lakukan :

  • Buka Google Play Store >> Cari aplikasi "Instagram" >> Tap "Update" dan "Terima"

2. Bersihkan Cache Instagram

Salah satu penyebab video instagram tidak dapat diputar di hp android lainnya adalah karena terlalu banyak penumpukan history pencarian dan cache. Maka dari itu langkah paling mudah untuk memperbaiki video instagram tidak dapat di play tersebut adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Clean Master.

Akan tetap jika kita ingin membersihkan file cache / file sampah tersebut secara manual, kita dapat melakukannya dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Instagram" >> Kemudian tap "Hapus Cache"

3. Lakukan Force Stop dan Clean Data

Selain dua cara diatas, kita dapat mencoba melakukan force stop dan clean data apabila video instagram tersebut masih saja hanya berputar putar saat ditekan tombol play di hp android yang kita miliki. Untuk menghentikan dan menghapus aplikasi secara paksa,di bawah ini merupakan langkah - langkah yang perlu untuk kita lakukan :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Instagram" >> Kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data"

Perlu untuk kita ketahui bahwa force stop memiliki tujuan untuk menghentikan aplikasi secara paksa, sedangkan clean data berfungsi untuk menghapus semua data seperti data login, history, dan cache pada hp android yang kita miliki.

4. Install Ulang Aplikasi

Jika dari beberapa cara diatas masih saja membuat video di instagram tidak dapat diputar maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengunduh ulang aplikasi tersebut. Akan tetapi saat akan mengunduh ulang alangkah lebih baiknya jika kita menghapus aplikasi instagram lama terlebih dahulu dan jangan menggunakan aplikasi file APK saat kita mengunduh aplikasi tersebut di hp android yang kita miliki.

Untuk menghapus aplikasi instgram di hp android yang kita miliki tersebut, simak langkah - langkahnya di bawah ini :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Instagram" >> Kemudian tap "Hapus Instalasi"

5. Restart Smartphone

Perlu untuk kita perhatikan setelah kita melakukan langkah ke empat diatas, alangkah baiknya kita melakukan restart pada smartphone ataupun tablet android yang kita miliki setelah melakukan install ulang. Hal tersebut bertujuan untuk membuat aplikasi dapat berjalan secara normal atau berjalan dari nol.

Cara mengatasi video di instagram tidak bisa diputar


Akan tetapi jika kita sudah melakukan semua langkah di atas namun tetap saja membuat aplikasi video di intagram tidak bisa dibuka, sebaiknya kita gunakan cara lain yang mungkin dapat membantu kita supaya video instagram dapat diputar seperti sedia kala.

6. Cek Koneksi Internet

Memastikan koneksi internet hp android dalam keadaan baik adalah hal yang sering kita lupakan saat video di instagram tidak bisa diputar. Meskipun Instagram video merupakan video yang relative singkat, hal terbesar yang dapat mempengaruhi gagalnya pemutaran video di Instagram adalah kualitas koneksi internet. Oleh karena itu jika kita tidak ingin video di instagram lemot pastikan kita berada di jaringan internet yang bagus terlebih dahulu.

baca juga :

7. Aktifkan fitur preload 

Akan tetapi cara yang satu ini hanya dapat kita gunakan pada saat kita menggunakan koneksi internet wifi. Untuk mengaktifkan preload wifi only, kita perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Caranya tap Profile >> tap icon tiga titik disudut atas >> Videos >> dan pada bagian pengaturan Data Usage, ceklis Preload on Wifi Only

Tambahan

Selain memperbaiki video instagram yang tidak dapat diputar di atas, di bawah ini kami juga akan memberikan tips tambahan untuk mengatasi insta story error seperti tidak bisa unggah video / foto dan malahan tidak bisa dibuka di hp android yang kita miliki.

8. Ruang penyimpanan internal penuh

Masalah yang sering terjadi ketika story instagram error adalah karena pada penyimpanan telepon yang penuh. Oleh karena itu kita perlu untuk menghapus berkas yang ada atau memindahkan berkas tersebut ke memori penyimpanan eksternal guna mengatasi insta story instagram yang tidak bisa upload foto ataupun video.

9. Instagram story tidak bisa dibuka karena baterai boros

Terkadang banyak pengguna smartphone android yang mengeluhkan tidak bisa memperbarui insta story mereka ini dikarenakan baterai yang boros. Untuk itu agar dapat membuat story instagram bisa upload foto dan video kembali, kita perlu untuk memperbaiki batai hp android yang boros tersebut.

10. Versi OS android kurang mendukung

Pada dasarnya aplikasi instagram hanya akan berjalan pada smartphone android bersistem operasi gingerbread ke atas. Jadi jika kita mengalami kesulitan saat akan unggah video ke story pastikan terlebih dahulu versi OS yang ada pada hp android yang kita miliki terlebih dahulu.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi hp android yang tidak dapat memutar video di aplikasi instagram tersebut. Semoga postingan kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar