10 Cara Mengatasi Panggilan Telepon Tidak Bisa Dilakukan Di HP Android

Hp tidak bisa menelpon - Bagaimana 10 cara mengatasi hp tidak bisa melakukan panggilan telepon baik itu panggilan keluar ataupun panggilan masuk ? Dalam situasi penting, biasanya orang - orang lebih suka menelpon dibandingkan dengan sms namun tidak menutup kemungkinan juga dalam situasi darurat tersebut malah hp tidak bisa digunakan untuk menelpon (tidak berfungsi / error). Dimana kondisi hp yang tidak bisa nelpon ini membuat hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar. Parahnya, masalah yang dapat terjadi pada semua perangkat handphone baik itu smartphone android ataupun iphone ini hingga membuat hp tidak bisa sms dan telepon.

Yang mana masalah nomor tidak bisa dihubungi padahal aktif ini dapat terjadi pada semua tipe ponsel android seperti oppo smartphone, vivo smartphone, asus zenfone, hp xiaomi dan juga hp samsung. Meskipun demikian penyebab hp tidak bisa memanggil tidak sepenuhnya berasal dari kerusakan perangkat ponsel itu sendiri namun banyak faktor yang mengakibatkan hp tidak bisa telepon tersebut. Jika terjadi hal tersebut maka langkah apa yang perlu untuk kita lakukan agar dapat mengatasi hp samsung tidak bisa menerima panggilan ? Walaupun ponsel tidak bisa menerima panggilan masuk dapat membuat kita tidak terganggu, masalah ini perlu segera dilakukan perbaikan agar tidak merepotkan kita ketika sedang ingin melakukan panggilan.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan 10 tips memperbaiki kontak telepon yang error pada hp android. Disini kami tidak akan hanya membahas mengenai masalah handphone yang tidak bisa telepon saja melainkan juga mengatasi ponsel tidak bisa melakukan panggilan keluar ataupun masuk dan juga cara mengatasi telepon terhenti pada hp android. Dimana notifikasi "Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti" selalu muncul pada layar ponsel android yang mengakibatkan kontak telepon tidak bisa dibuka. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapmya mengenai 10 cara mengatasi panggilan telepon tidak bisa dilakukan pada hp android di bawah ini.

10 Cara Mengatasi Panggilan Telepon Tidak Bisa Dilakukan Di HP Android

cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan telepon

Pada dasarnya masalah hp tidak bisa melakukan panggilan keluar atau menelpon ini tidak hanya terjadi pada operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis ataupun yang lainnya. Akan tetapi seringkali jika kita menghadapi masalah telpon yang selalu gagal / terputus saat melakukan panggilan ini biasanya disebabkan karena panggilan dibatasi FDN atau Fixed Dialing Number.

Namun tidak juga dapat dijadikan penyebab panggilan diakhiri terus saat menelepon ini berasal dari satu masalah tersebut. Untuk itu mari kita ulas lebih jauh lagi mengenai beberapa alasan kenapa hp tidak bisa melakukan panggilan lengkap dengan cara memperbaiki masalah tersebut di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telepon


1. Cara memperbaiki hp android tidak bisa melakukan panggilan keluar

Rubah settingan sinyal "Lock 4G Only"

  • Sebenarnya melakukan perubahan pengaturan sinyal pada mode 4G Only tidak sepenuhnya benar dapat mengatasi hp tidak bisa melakukan panggilan keluar. Namun pada beberapa tipe smartphone android ada yang tidak bisa digunakan untuk menelpon hanya karena mode jaringan dirubah pada mode Lock 4G Only, misalnya saja hp android xiaomi.

Pastikan registrasi nomer hp sudah dilakukan

  • Apabila kita tidak dapat menelpon nomer kontak lain baik itu saat kita menggunakan kartu sim baru ataupun lama maka pastikan terlebih dahulu kartu sim yang kita gunakan sudah dilakukan registrasi. Berdasarkan peraturan kemkominfo yang menghimbau agar semua pengguna kartu provider agar melakukan registrasi ulang nomor hp dengan menggunakan NIK dan nomor KK, akan membuat kita tidak bisa nelpon apabila nomer kita tersebut belum kita daftarkan.

Nonaktifkan FDN

Cara mengatasi hp android tidak bisa melakukan panggilan keluar selanjutnya adalah dengan merubah pengaturan FDN di hp android menjadi tidak aktif. Hal ini dikarenakan seperti yang telah kami beritahukan sebelumnya mengenai penyebab hp tidak bisa menelepon adalah karena panggilan dibatasi FDN atau fixed dialing number. Berikut langkah - langkah yang perlu untuk kita lakukan saat akan menonaktifkan FDN di hp android, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama - tama buka menu pengaturan 
  2. Setelah itu pilih menu Panggilan pada bagian System dan APPS
  3. Kemudian klik Advanced Settings dan cari Fixed Dialing Number
  4. Langkah terakhir tinggal kita pilih kartu SIM yang dipakai dan klik nonaktifkan FDN di menu tersebut

2. Cara mengatasi hp android tidak bisa menerima panggilan masuk

Restart hp android

  • Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan saat hp android tidak bisa menerima panggilan masuk adalah dengan melakukan restart hp android yang kita miliki. Hal ini bertujuan untuk merefresh perangkat android yang mungkin terjadi error pada sistem operasinya.

Rubah pengaturan sinyal jaringan hp android 

Jika dengan cara diatas masih saja membuat hp android tidak bisa menerima telepon maka melakukan perubahan pengaturan pada hp android untuk mencari jaringan sinyal secara manual perlu untuk kita lakukan. Hal ini bertujuan untuk membantu penangkapan sinyal hp android agar lebih fokus dari sebelumnya.

Untuk mengubah sinyal jaringan hp android ke mode manual signal dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Settings > pilih Data Seluler > terdapat 3 opsi jaringan (GSM/WCDMA/ Hanya WCDMA / Hanya GSM) kita dapat memilih salah satu dan jika dirasa sinyal tersebut kurang bagus coba ganti dengan opsi jaringan lainnya.

Gunakan kartu sim dengan penangkapan sinyal yang luas

  • Jika hp android yang kita miliki tidak bisa menerima telpon masuk yang dikarenakan keterbatasan sinyal maka alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan provider dengan layanan sinyal terbaik yang di miliki oleh Indonesia dan jaringannya telah tersebar ke pelosok negeri. Dan dari beberapa sumber mengatakan bahwa provider telkomsel merupakan operator seluler yang direkondasikan. Namun meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga bahwa masalah kartu telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar tersebut tidak terjadi pada ponsel android yang kita miliki.

baca juga :

3. Cara mengatasi "Sayangnya, Kontak Telah Berhenti" di hp android

Hapus Cache dan Data Aplikasi Kontak

Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan apabila notifikasi "Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti" atau "Unfortunately the process com.android.phone has stopped" selalu muncul di layar smartphone android yang kita miliki adalah dengan menghapus cache dan data aplikasi kontak. Akan tetapi sebelum kita melakukan langkah tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup data kontak terlebih dahulu dengan tujuan dapat merestore kembali apabila data kontak tersebut benar - benar hilang.

Untuk menghapus cache dan data aplikasi kontak di hp android tersebut dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Masuk ke Pengaturan >> Manager Apps / Aplikasi >> Cari Aplikasi Kontak, lalu hapus cache dan data

Menghapus aplikasi yang tersinkron dengan kontak

  • Jika dengan cara di atas masih saja belum dapat mengatasi kontak telah berhenti di hp android maka menghapus aplikasi aplikasi yang tersinkron dengan data kontak adalah langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan. Menghapus aplikasi yang tersinkron dengan data kontak ini bertujuan untuk mengurangi kinerja aplikasi kontak untuk selalu mensinkronkan dengan aplikasi - aplikasi yang di instal pada perangkat android yang kita miliki.

Factory Reset Ke Pengaturan Pabrik

Apabila kita sudah melakukan semua cara di atas namun masalah sayangnya kontak telah berhenti di hp android belum juga teratasi maka Factory Reset menjadi pilihan terakhir yang perlu untuk kita lakukan. Akan tetapi sebelum kita melakukan langkah terakhir ini, pastikan terlebih dahulu bahwa kita sudah melakukan backup semua data yang ada pada perangkat android yang kita miliki tersebut.

Untuk melakukan Factory Reset pada hp android tersebut, dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Masuk ke Pengaturan >> Buat Cadangan & Setel Ulang >> Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik >> Pilih Reset Ulang Telepon

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi hp android yang tidak bisa digunakan untuk telepon. Namun apabila dengan semua cara di atas masih saja belum bisa memperbaiki hp yang tidak bisa telpon ini maka membawa ke service center terdekat adalah langkah yang harus kita tempuh. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar