Cara Menyimpan Kiriman Lagu Dari WA Ke Pemutar Musik HP Android

Cara simpan audio - Bagaimana cara menyimpan kiriman lagu dari wa ke pemutar musik hp android ? Tentu tidak sedikit pengguna hp android yang mengeluhkan akan masalah aplikasi whatsapp yang tidak bisa menyimpan mp3. Dimana saat mendapatkan kiriman berupa file musik ataupun pesan audio lewat wa kita bisa mendengarkan ketika membuka kiriman audio wa tersebut namun pada ponsel android tidak dapat menyimpan kiriman audio dari wa ke media secara otomatis. Meskipun sudah kita periksa berulang kali pada pemutar musik, lagu yang dikirim dari wa tersebut tetap saja tidak muncul ataupun terlihat di galeri musik hp android yang kita miliki.

Tentu akan menjadi suatu masalah apabila kita ingin mendengarkan audio mp3 yang dikirim berulang - ulang namun lagu dari kiriman whatsapp tersebut tidak bisa tersimpan ke dalam playlist MP3 Player. Anehnya, saat kita akan memindahkan lagu dari kiriman wa tersebut tidak terdapat pengaturan untuk menyimpan lagu dari whatsapp di android. Lantas bagaimana cara menyimpan otomatis audio lagu yg terkirim di wa ke pemutar musik hp android ? Hal seperti ini sering kali membuat kita berpikir bahwa kartu memori ponsel android yang kita miliki telah rusak sehingga membuat lagu tidak muncul di folder pemutar musik.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan beberapa langkah agar dapat membuat lagu / audio kiriman wa dapat muncul di pemutar musik smertphone yang kita miliki. Pada dasarnya ketika kita menyimpan file musik dan audio didalam smartphone android, secara otomatis aplikasi akan memindai file tersebut agar dapat diperbarui. Namun ada beberapa merk ponsel android yang mengharuskan kita untuk melakukan pengaturan secara manual agar dapat memindahkan file musik wa ke folder musik hp android. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara menyimpan audio yang dikirim orang di wa ke mp3 player hp android di bawah ini.

Cara Menyimpan Kiriman Lagu Dari WA Ke Pemutar Musik HP Android

cara menyimpan kiriman lagu dari wa ke pemutar musik hp android

Untuk menyimpan audio ataupun file musik dari aplikasi whatsapp ke pemutar musik hp android yang kita miliki tanpa harus menginstal aplikasi tambahan, dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

Cara Menyimpan Lagu Dari WA Ke Musik Android


  1. Pertama - tama kita unduh terlebih dahulu file musik yang di kirim di chat whatsapp dengan cara menekan tombol tanda panah ke bawah
  2. Jika gambar kiriman lagu tersebut menjadi gambar play maka itu artinya proses penyimpanan sudah selesai
  3. Setelah itu masuk pada aplikasi file manager hp android yang kita miliki
  4. Langkah selanjutnya di dalam file manager masuk ke penyimpanan SD Card (apabila kita tidak menggunakan SD card maka kita masuk saja ke penyimpanan telepon)
  5. Lalu cari folder bernama WhatsApp >> pilih folder Media >> pilih WhatsApp Audio. Disana kita akan menemukan file audio atau mp3 yang telah kita unduh tadi
  6. Tinggal kita pilih file apa saja yang akan kita simpan pada penyimpanan memori hp android setelah itu copy file musik / audio mp3 tersebut lalu kita pindahkan ke folder musik bawaan hp android
  7. Langkah terakhir, masuk pada aplikasi pemutar musik hp android dan lakukan pemindaan. Dan kita periksa kembali apakah file musik tersebut sudah muncul atau belum

Jika setelah kita melakukan tutorial di atas namun file musik tersebut tetap saja tidak terdeteksi di hp android maka terdapat kemungkinan bahwa ponsel android yang kita miliki sedang mengalami masalah, entah itu pada software ataupun hardwarenya. Dan tentu sudah kita ketahui bahwa penyebab lagu baru tidak terdeteksi / tidak bisa muncul di pemutar musik hp android memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya.

Berikut ini akan kami berikan solusi akan cara mengatasi file musik yang tidak bisa terbaca di mp3 player ponsel android dengan langkah - langkah sebagai berikut :

Cara Mengatasi Lagu Baru Tidak Muncul Di Pemutar Musik HP Android


1. Reboot Smartphone Android


  • Sebelum kita melakukan berbagai macam cara mengatasi kiriman lagu dari whatsapp tidak bisa tersimpan di hp android alangkah lebih baiknya jika kita mematikan ponsel android yang kita miliki terlebih dahulu, lalu biarkan beberapa saat dengan kondisi baterai dan micro sd terlepas dari perangkat tersebut. Hal ini bertujuan untuk memindai ulang semua file musik pada saat sistem Android ketika sedang proses reboot tersebut.

2.  Paksa Berhenti dan Hapus Data Pemutar Musik


  • Masuk pada pengaturan >> Aplikasi Manager >> Google Play Musik. Selanjutnya tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data".

3.  Perbarui Aplikasi Pemutar Musik


  • Langkah berikutnya apabila lagu dari wa tidak bisa muncul / tidak terlihat di pemutar musik hp android maka kita perlu untuk melakukan pembaharuan aplikasi music player ke versi terbaru. Hal ini bertujuan untuk mengatasi file musik tidak mucul yang disebabkan karena bug fixing yang tidak update.

4.  Ganti Kartu Memori


  • Jika kita mengalami kejadian dimana saat akan memutar lagu kiriman wa tersebut di pemutar musik namun tiba - tiba muncul pemberitahuan "tidak dapat memutar trek yg diminta" maka hal itu dapat disebabkan karena file musik sudah terhapus dari dalam folder ataupun kartu memori eksternal yang telah rusak.

baca juga :

5.  Rubah File Musik Sebelum Disimpan


  • Terkadang musik yang telah tersimpan dan muncul di mp3 player hp android tiba - tiba memberikan notifikasi "maaf pemutar tidak mendukung jenis audio ini" maka itu artinya aplikasi pemutar musik tidak dapat membaca format audio yang akan kita putar tersebut. Maka dari itu kita perlu mengconvert file audio kiriman wa sebelum kita memindahkan ke folder musik hp android.

6. Factory Reset


  • Langkah terakhir jika semua cara diatas tidak dapat mengatasi masalah pemutar musik tidak bisa memutar lagu di hp android adalah dengan melakukan Factory Reset. Namun sebelum kita melakukan langkah terakhir kali ini alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup terlebih dahulu.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang masalah aplikasi whatsapp hp android yang tidak bisa menyimpan audio ke musik secara otomatis. Jika dengan langkah - langkah di atas masalah tersebut belum juga bisa teratasi maka tidak ada salahnya jika kita membawa smartphone android yang kita miliki ke service center terdekat, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar