Cara Mengatasi Baterai HP Android Yang Baru Dicas 2 Jam Langsung Ngedrop

Baterai HP Android - Bagaimana cara mengatasi baterai hp android yang cepat habis ? Baterai hp android cepat habis atau yang lebih sering dikenal dengan istilah baterai ngedrop adalah suatu kondisi dimana baterai hp dengan kapasitas daya sudah penuh (full 100%) namun dengan penggunaan dalam kondisi normal,misalnya baru 2 jam saja kondisi baterai hp android sudah habis.

Perlu untuk kita ketahui bahwa kondisi baterai hp android yang sudah ngedrop tersebut dapat terjadi pada semua tipe hp android yang ada, baik itu hp android dengan baterai removeble ataupun non removeble / baterai tanam.

Apa yang menjadi penyebab hp cepat ngedrop ?


Dalam kondisi normal, sebuah smartphone android dengan kapastitas daya baterai yang terisi penuh dapat bertahan selama 8 jam (hanya sebatas untuk telepon dan sms, tanpa adanya pemakaian ponsel android yang membutuhkan koneksi internet) - menurut manual book smartphone android. Namun hal itu tentu akan sangat bertolak belakang dengan kenyataan yang ada, dalam satu hari kita justru mengecharge hp android 2 sampai 3 kali karena baterai cepat habis padahal tidak dipakai.

Faktor pemakaian, kondisi baterai, kabel dan adaptor charger adalah hal wajib yang harus kita pastikan terlebih dahulu ketika kita mulai mengalami masalah hp android yang tiba - tiba ngedrop tersebut. Namun selain dari ketiga hal tersebut, penyebab baterai hp android cepat habis padahal masih baru yang sering kali terjadi adalah :

  1. Penggunaan smartphone diluar batas normal
  2. Terlalu sering menggunakan hp android yang sedang di cas
  3. Sering menggunakan ponsel android hingga baterai habis atau kosong 0%

tips seputar baterai hp android :

Jika kita tidak ingin mengalami masalah seperti hp android di cas tidak bisa penuh alangkah lebih baiknya jika menghindari semua kegiatan di atas. Namun jika hal itu sudah terlanjur terjadi, disini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan beberapa Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Sudah Ngedrop pada ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai HP Android Yang Baru Dicas 2 Jam Langsung Ngedrop

cara mengatasi baterai hp android cepat habis yang baru dicas 2 jam

Sebelum kita memulai untuk membahas akan cara memperbaiki hp android yang sering dicas / dicharge karena kehabisan baterai tersebut, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai pentingnya mengganti baterai yang rusak dengan baterai bermerek (asli) dan memastikan baterai hp android tersebut tidak palsu. Sebagai panduan umum, Komisi Perlindungan Keamanan Konsumen A.S. menyarankan beberapa hal sebagai berikut :

1. Jangan gunakan baterai dan pengisi baterai ponsel yang tidak kompatibel

  • Beberapa situs Web dan dealer bekas, yang tidak terkait dengan produsen dan operator terkemuka, mungkin menjual baterai dan pengisi daya yang tidak kompatibel atau bahkan palsu. Konsumen harus membeli produk dan aksesori yang direkomendasikan produsen atau operator. Jika tidak yakin apakah baterai atau pengisi daya pengganti kompatibel, hubungi produsen baterai atau pengisi daya.

2. Jangan biarkan baterai keluar dari telepon untuk bersentuhan dengan benda-benda logam, seperti koin, kunci atau perhiasan


3. Jangan biarkan baterai habis 

  • Jangan hancurkan, tusukan, atau berikan tekanan tingkat tinggi pada baterai karena ini dapat menyebabkan korsleting internal, yang mengakibatkan panas berlebih. Dari telepon untuk bersinggungan dengan benda logam, seperti koin, kunci atau perhiasan.

4. Hindari menjatuhkan ponsel

  • Menjatuhkannya, terutama pada permukaan yang keras, dapat berpotensi menyebabkan kerusakan pada ponsel dan baterai. Jika Anda mencurigai kerusakan pada ponsel atau baterai, bawa ke pusat layanan untuk diperiksa.

5. Jangan letakkan telepon di area yang sangat panas, seperti di atas atau di dekat permukaan memasak, alat memasak, setrika, atau radiator.


6. Jangan biarkan ponsel atau baterai Anda basah. 

  • Meskipun mereka akan kering dan tampak beroperasi secara normal, sirkuit bisa perlahan-lahan menimbulkan korosi dan menimbulkan bahaya keamanan.

7. Ikuti panduan penggunaan baterai, penyimpanan, dan pengisian daya yang ditemukan dalam panduan pengguna.


Untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita lihat langkah - langkah apa sajakah yang dapat membuat baterai hp yang ngedrop menjadi tidak cepat habis tersebut di bawah ini.

8 Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat Habis Sendiri

cara memperbaiki baterai hp android ngedrop

1. Rubah Mode Baterai ke Hemat Daya
cara merubah mode hemat baterai hp android
Foto : Riaume

Jika hp android yang kita miliki sering lowbat, maka untuk membantu agar baterai hp android lebih awet atau lebih lama habisnya sebaiknya jika kita mengubah pengaturan pada baterai ke mode hemat daya. Namun sayangnya, pengaturan mode hemat daya ini tidak tersedia pada semua tipe sistem operasi hp android.

2. Setting Tampilan Brightness Sesuai Kebutuhan
cara setting kecerahan layar hp android

Selain untuk menjaga kesehatan mata, kecerahan layar pada smartphone android dapat mempengaruhi penggunaan daya baterai. Semakin terang intensitas cahaya pada layar smartphone tersebut tentu akan membuat baterai hp android cepat terkuras habis. Maka dari itu atur brightness pada tampilan layar ponsel android sesuai dengan penggunaan.

3. Matikan Beberapa Fitur
cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop

Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki baterai android yang cepat habis selanjutnya ialah dengan menonaktifkan beberapa fitur hp android yang tidak kita gunakan. Beberapa fitur hp android yang terkadang tidak kita gunakan tersebut contohnya adalah fitur Wi-Fi, GPS, Data Seluler dll.

Sedikit gambaran, contoh fitur hp android yang kami akan atur agar dapat menghemat baterai hp android disini adalah fitur GPS. Berikut langkah - langkah mengatur HP Android agar hemat baterai saat menggunakan GPS, diantara :

  • Masuk pada menu pengaturan > Lokasi, pada pengaturan ini kita dapat memilih Akurasi tinggi saat kita membutuhkannya, atau Hemat baterai saat tidak digunakan. 

4.  Kenali Aplikasi - Aplikasi Yang Memakan Daya Baterai
cara mengatasi baterai tanam ngedrop

Perlu untuk kita ketahui, sebenarnya penyebab baterai hp android boros dan cepat habis berasal dari sebuah aplikasi yang ada didalamnya. Hal ini dikarenakan aplikasi - aplikasi tersebut akan terus berjalan pada latar belakang smartphone meskipun sedang tidak kita gunakan.

Oleh karena itu kita perlu memilah mana aplikasi yang dapat lebih mengurangi kinerja ponsel terutama pada baterai dan mana yang tidak. Sebab jika kita biarkan, aplikasi tersebut selain membuat baterai hp android cepat habis juga akan mengakibatkan hp android yang kita miliki cepat panas.

Untuk itu disini kami akan memberikan beberapa tips untuk membatasi aplikasi hp android agar tidak membuat baterai cepat habis. Berikut langkah - langkah mengatasi baterai hp android cepat habis karena aplikasi yang berjalan berdasarkan pusat bantuan google, diantaranya :

Batasi aplikasi dengan penggunaan baterai tinggi di latar belakang

  • Pertama - tama buka aplikasi Setelan
  • Tap Baterai
  • Jika kita melihat kartu dengan saran untuk membatasi aplikasi, tap kartu lalu Batasi

Batasi aplikasi dengan penggunaan baterai tinggi secara keseluruhan

  • Pertama - tama buka aplikasi Setelan
  • Tap Baterai lalu Lainnya >> Penggunaan baterai lanjutan
  • Pada bagian "Penggunaan aplikasi sejak baterai terisi penuh", lihat daftar aplikasi dengan persentase baterai yang digunakan. Tips : Untuk melihat layanan dan aplikasi, tap Lainnya lalu Tampilkan semua penggunaan perangkat
  • Tap aplikasi yang ditampilkan untuk melihat atau mengubah cara penggunaan baterai
  • Untuk beberapa aplikasi, kita bisa mengaktifkan Pembatasan akses latar belakang
  • Untuk semua aplikasi, kami menyarankan Anda agar tetap mengaktifkan Pengoptimalan baterai

Penting : Beberapa langkah di atas hanya berfungsi di Android 9.0 dan yang lebih baru.

5.  Install Bantuan Aplikasi Penghemat Baterai
aplikasi hemat baterai hp android
Foto : Google Play

Memang pada beberapa hp android keluaran terbaru saat ini tentu sudah terdapat aplikasi tambahan, khusunya untuk membantu menghemat proses kinerja baterai smartphone. OPPO Smartphone misalnya, keluaran terbaru perangkat tersebut telah dilengkapi fitur canggih dalam mengontrol kinerja penggunaan baterai.

Namun apabila pada hp android yang kita miliki belum terdapat aplikasi tambahan tersebut, kita dapat menginstall aplikasi hemat baterai seperti DU Batery Saver, C Battery Save, ataupun Mobo Clean melalui Google Playstore.

mungkin anda tertarik :

6. Pilihlah Beberapa Widget Yang Berguna


Seringkali pengguna ponsel android tidak menyadari bahwa widget yang ditampilkan pada layar ponsel jika terlalu banyak ternyata dapat memperboros daya baterai. Oleh karena itu ketika kita sedang mengatur widget yang ada pada layar ponsel alangkah lebih baiknya jika kita memilah widget yang memang dibutuhkan supaya dapat mengurangi konsumsi daya kinerja baterai.

7. Ubah Screen Time Out Sesuai Kebutuhan


Cara Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis selanjutnya adalah dengan mengatur Screen Time. Screen time merupakan kemampuan layar saat menyala dengan jangka waktu tertentu, dalam kondisi normal settingan screen time sudah ada sesuai bawaan ponselnya masing - masing berkisar antara 2 menit.

8. Pengaturan Sinkronisasi
cara membuat baterai hp awet kembali

Mengatur sinkronisasi adalah langkah terakhir kita dalam mengatasi hp android yang sering ngedrop kali ini. Untuk mengatur sinkronisasi dapat kita temukan pada option "Pengaturan Sinkronisasi & Akun", karena dalam pengaturan ini membantu teman - teman dalam memilih apa aplikasi yang benar - benar digunakan dalam situasi tertentu sesuai apa yang diinginkan.

baca juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan beberapa cara memperbaiki baterai hp android yang ngedrop dan cepat panas tersebut. Untuk itu, menggunakan smartphone android dengan bijak adalah jawaban terbaik dalam mengatasi hp sering lowbat di atas. Semoga postingan kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar