Kumpulan Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Tidak Berfungsi Termudah

Layar sentuh hp android - Bagaimana cara mudah mengatasi layar sentuh hp android yang tidak berfungsi ? Layar sentuh hp android atau yang sering kita kenal dengan touchscreen smartphone android adalah salah satu bagian terpenting dari perangkat ponsel cerdas tersebut. Jika merupakan salah satu bagian terpenting, lantas bagaimana jika layar sentuh ponsel android tersebut mengalami kerusakan / error ?

Meskipun layar sentuh hp android hanya sebuah kaca LCD pada handphone android yang kita miliki namun ternyata setiap tipe hp android memiliki jenis layar sentuh yang berbeda. TFT LCD, IPS-LCD, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Retina Display, Haptic / Tactile Touchscreen adalah jenis - jenis layar sentuh pada smartphone yang ada sekarang ini.
Jenis - jenis layar sentuh hp android

Dikutip dari Forum Asus ZenTalk "Super AMOLED merupakan versi tingkat lanjut dari AMOLED yang dikembangkan oleh Samsung. Sensor sentuhnya dibangun di atas layar itu sendiri tanpa harus menambahkan lapisan khusus untuk sensor sentuhnya. Dengan demikian ukurannya akan jauh lebih tipis dibandingkan dengan layar OLED yang sensor sentuhnya dibangun di atas lapisan tersendiri", ujar Einzel.

Walaupun tipe layar sentuh hp android terdapat berbagai macam namun sering kali penyebab layar hp android rusak tersebut hanya disebabkan karena kerusakan software ataupun hardware perangkat android itu sendiri. Dan dari beberapa pengguna ponsel android, masalah yang sering terjadi pada touch screen android adalah layar sentuh hp android yang tidak merespon.

Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh Rusak Di HP Android

Cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi di hp android

Tentu tidak sedikit pengguna smartphone android yang merasa jengkel ketika layar sentuh android yang tidak berfungsi tersebut menimpa pada diri mereka. Bagaimana tidak jengkel ? Jika kita sedang melakukan pencarian akan cara mengatasi layar sentuh hp tidak berfungsi / error tersebut hasil yang ditemukan hanyalah kalibrasi layar sentuh hp android.

Baik itu masalah yang sebenarnya terjadi seperti layar sentuh tidak merespon sentuhan, layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali, cara menghilangkan retak di hp ataupun cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri hasil pencarian yang ditemukan masih seputar contoh melakukan kalibrasi pada layar sentuh hp android.

Jika memang kasus yang terjadi hanya karena layar sentuh yang meleset ketika disentuh maka terdapat kemungkinan kalibrasi layar sentuh dapat berfungsi / digunakan pada ponsel android yang kita miliki tersebut. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa berbeda penyebab layar sentuh hp android yang rusak tentu akan berbeda pula langkah - langkah atau solusi penanganan masalah tersebut.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan informasi terlengkap pada masalah layar sentuh smartphone android yang tidak berfungsi tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai tutorial mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian di bawah ini.

1. Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Berfungsi Sama Sekali

Cara mengatasi blank screen layar sentuh hp android

Jika kita mengalami kondisi dimana layar sentuh ponsel android yang kita miliki tidak merespon sentuhan sama sekali maka restart hp android adalah langkah termudah yang dapat kita lakukan. Namun pastikan setelah kita mematikan hp android tersebut jangan lupa untuk melepas baterai, dengan tujuan agar kerusakan yang dikarenakan masalah software dapat teratasi.

"Smartphone android yang saya miliki adalah jenis hp android dengan baterai non removeble, kak ?". Di bawah ini adalah cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi pada hp android baterai tanam, diantaranya :

Cara restart hp android baterai tanam yang hang / blank screen


Penyebab layar hp android ngeblank hitam antara lain :

  • Loading software / aplikasi yang lambat / error
  • Terjadi error terhadapa aplikasi yang terinstal
  • Screen Guard / Protector mengganggu / menghalangi Touchscreen

Solusi layar hp android blank screen / layar hitam :

  • Matikan ponsel 30-60 detik lalu hidupkan kembali
  • Jika belum berhasil, cabut baterai 20-60 detik lalu pasang dan hidupkan kembali android anda.
  • Uninstal / hapus aplikasi yang sekiranya baru anda instal sebelum terjadinya kerusakan atau hapus semua aplikasi yang mencurigakan.
  • Ganti atau cabut pelindung layar ( Screen guard )
  • Jika masih belum mempan juga, lakukan recovery mode lalu reset ponsel melalui menu Factory reset.
  • Langkah terakhir jika masih belum menyelesaikan masalah, Reflash software android anda.

2. Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Kurang Sensitif

Cara mengatasi layar sentuh hp android kurang sensitif

Jika masalah yang sedang kita alami adalah layar sentuh tidak merespon sentuhan atau kurang sensitif maka bisa jadi penyebab layar hp android tidak bisa disentuh tersebut adalah sebegai berikut :

  • Arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan
  • Terlalu banyak animasi yang diaktifkan
  • Pernah terbentur

Jika memang sumber permasalahan layar sentuh hp android yang lambat tersebut karena adanya dead pixel maka kita perlu mengurangi skala animasi pada pengaturan layar sentuh.  Oleh karena itu untuk menonaktifkan skala animasi layar agar touchscreen dapat kembali bisa disentuh secara responsif, dapat kita lakukan dengan langkah sebagai berikut :

  • Pertama - tama masuk pada menu setting / pengaturan ponsel
  • Kemudian cari Developer Option
  • Setelah itu coba temukan pilihan Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale
  • Setelah itu ubah angkanya ke .5x

Selain menggunakan cara di atas, kita juga dapat memperbaiki layar sentuh android yang kurang sensitif tersebut menggunakan aplikasi Touchscreen Perbaikan yang bisa kita unduh melalui google play.

baca juga :


3. Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Bergerak Sendiri Ketika Di Cas

Cara mengatasi layar sentuh bergerak sendiri ketika hp dicas

Layar sentuh bergerak sendiri ketika dicas merupakan suatu kondisi dimana layar sentuh yang sulit dioperasikan ketika ponsel sedang terhubung ke pengisian daya. Namun jika ponsel android tersebut tidak sedang mengisi daya maka kondisi layar sentuh / touchscreen android dapat bekerja dengan normal.

Sebenarnya masalah layar sentuh yang loncat loncat ketika disentuh ini sudah kami bahas pada postingan kami sebelumnya. Akan tetapi disini kami akan mengutip sedikit tutorial mengatasi layar sentuh yang tidak berfungsi ketika di charge tersebut dengan cara membuat grounding charger, langkah - langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama - tama kita siapkan kabel yang berukuran 5cm
  • Kupas setiap ujung kabel 2 cm dan 1 cm
  • Lilitkan ujung kabel yang sudah kita kupas 2 cm ke ujung logam USB dan sisi lain kupasan 1 cm biarkan saja
  • Silakan kita cas HP android dan kabel yang di kupas 1 cm kita pegang (tidak akan nyetrum)
  • Dan layar sentuh hp android tidak error lagi meskipun sambil kita charge ponsel tersebut

4. Solusi Layar HP Retak Tapi Masih Berfungsi


Hal terburuk pada suatu smartphone android adalah ketika kita menghadapi kondisi layar sentuh yang pecah atau retak. Layar HP yang retak tersebut dapat mengakibatkan touchscreen android menjadi tidak berfungsi dan mau tidak mau untuk membuat layar sentuh hp android menjadi berfungsi kembali kita harus mengganti layar sentuh hp android yang baru.

Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa layar hp retak tapi masih bisa digunakan. Mengingat harga ganti kaca hp retak tidaklah murah maka alangkah lebih baiknya cara menghilangkan goresan pada layar hp android yang retak tersebut adalah dengan menyamarkan menggunakan wallpaper hp android.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar wallpaper hp android yang dapat membantu menghilangkan retak di layar sentuh hp android tersebut, diantaranya :
Wallpaper layar hp android retak
Foto : JalanTikus

Namun jika kita mengalami masalah seperti yang telah kami sampaikan di atas dan ponsel android yang kita miliki masih memiliki masa garansi maka alangkah lebih baiknya jika kita membawanya ke service center hp android terdekat.

Pastikan saat kita akan menemui costumer service center hp android jangan lupa untuk membawa buku garansi dan nota pembelian. Akan tetapi untuk berjaga - jaga, tidak ada salahnya jika kita juga membawa dos book perangkat android yang kita miliki tersebut.

Penting !
Tanyakan terlebih dahulu pada costumer service atau melalui costumer care service center hp android akan apa saja yang dapat diajukan sebagai klaim garansi. Hal ini dikarenakan tiap tipe smartphone memiliki kebijakan sendiri - sendiri terhadap masalah pengajuan klaim garansi tersebut.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan cara mengatasi layar sentuh hp android yang rusak tersebut. Semoga pada pertemuan kita kali ini, postingan di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua .. Sekian dan terima kasih
LihatTutupKomentar