8 Cara Mengatasi Suara di HP Hilang Secara Tiba - Tiba

HP Tidak Ada Suara - Bagaimana cara mengatasi suara hp android yang hilang secara tiba - tiba ? Suara di hp android merupakan salah satu hal yang sangat penting meskipun diantara pengguna smartphone tersebut sering kali membuat hp tidak ada suara. Dengan alasan bunyi hp yang terlalu keras sering kali menggangu aktivitas ataupun orang lain yang ada di sekitarnya.

Memang mengaktifkan mode diam pada ponsel android agar suara hp tidak muncul cukup penting saat kita menghadiri suatu rapat ataupun suatu pertemuan. Namun bagaimana jika nada dering tidak bunyi saat kita tidak berada dalam mode senyap ? Ataupun video tidak ada suara saat diputar di hp padahal pengaturan volume media sudah maksimal ?

Maka dari itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan solusi akan masalah suara hp yang tiba tiba hilang tersebut. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa masalah speaker android tidak ada suara bukan berarti penyebab suara hp hilang tersebut berasal dari speaker hp yang rusak. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengembalikan suara yang hilang di hp android di bawah ini.

Cara Memperbaiki Suara HP Yang Hilang Padahal Volume Media Sudah Maksimal

Cara Mengatasi Suara di HP Android Hilang

Sebelum kita mulai untuk membahas masalah suara hp yang tiba tiba hilang tersebut alangkah lebih baiknya jika kita mengingat - ingat terlebih dahulu kenapa speaker android mendadak tidak ada suara. Apakah update sistem yang baru saja kita lakukan yang membuat suara di hp hilang ataupun suara speaker hp yang tidak terdengar tersebut terjadi setelah hp terjatuh / kemasukan air.

Penyebab Suara di HP Hilang Tidak Terdengar


Perlu untuk kita ketahui bahwa penyebab volume media tidak ada suara tersebut sering kali disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Melakukan upgrade Android OS
  • Memasang aplikasi suara yang menimbulkan ketidakcocokan dengan aplikasi bawaan (bloatware)
  • Memasangkannya dengan bluetooth
  • Memasang aplikasi yang bukan di unduh dari play store 
  • Mungkin karena telah terjatuh tanpa disengaja

Namun dari semua penyebab hp tidak ada suara saat menonton video ataupun mendengarkan musik di atas, tidak menutup kemungkinan speaker hp yang rusak bisa menjadi salah satu alasan kenapa hp tidak bisa keluar suara tersebut.

Maka dari itu di bawah ini akan kami berikan beberapa cara mengembalikan nada dering yang hilang karena suara hp tidak terdengar. Untuk lebih jelasnya langsung saja mari kita simak ulasan selengkapnya sebagai berikut :

8 Langkah Untuk Memperbaiki HP Yang Tidak Ada Suara


1. Pastikan Pengaturan Volume Suara

Jika kita mengalami masalah dimana ponsel tidak ada suara ketika mendapatkan pesan / SMS ataupun panggilan masuk maka untuk mengatasi nada dering yang hilang di hp android tersebut kita perlu memastikan pengaturan volume suara terlebih dahulu.

Kondisi hp yang tidak ada suara saat mendapat panggilan telepon tersebut bisa terjadi karena volume handphone yang tanpa sengaja masih berada pada Mode Senyap. Maka dari itu untuk memastikan volume media tidak ada suara tersebut kita dapat mencoba langkah - langkah di bawah ini :

  • Pertama - tama tekan tombol volume up dan volume down
  • Bisa juga dengan masuk ke menu "Setting" lalu cari "Sound"
    Cara Mengatasi Volume Media Tidak Ada Suara
  • Kemudian tinggal atur volume suara hp android sesuai dengan yang kita inginkan
    Cara Mengatasi Volume Media Tidak Ada Suara

2. Pastikan Kondisi Speaker HP Tidak Rusak

Jika hp android masih saja tidak bisa mengeluarkan bunyi padahal pengaturan volume sudah maksimal maka tidak ada salahnya jika kita memeriksa kondisi Speaker HP yang kita miliki tersebut. Tidak menutup kemungkinan hp tidak bunyi saat ada telepon tersebut terjadi karena speaker hp android yang rusak.

Cara Cek Suara di Speaker Telepon HP Android


Langkah termudah untuk memeriksa speaker hp android dalam kondisi normal atau rusak dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Coba pasangkan headphone pada hp android yang kita miliki
  • Jika dengan menggunakan headphone terdengar suara dari ponsel tersebut akan tetapi pada mode loadspeaker hp android tidak ada suara / bunyi, maka dapat dipastikan jika terdapat kerusakan pada speaker hp android milik kita

3. Matikan HP Android

Apabila setelah memeriksa kondisi speaker hp dan ternyata tidak ditemukan akan tanda - tanda kerusakan maka cobalah untuk mematikan ponsel android tersebut. Hal ini perlu untuk kita lakukan karena salah satu penyebab hp tidak ada suara adalah bug pada sistem android.

Oleh karena itu cara termudah untuk mengatasi suara hp hilang karena sistem bug tersebut dapat kita lakukan dengan mematikan ponsel seperti yang kami lakukan sebagai berikut :

  • Langkah pertama kita matikan hp android yang sedang mengalami masalah suara hilang mendadak tersebut
  • Setelah itu kita lepas SIM card, memori eksternal Micro SD dan baterai
  • Tunggu hingga beberapa detik supaya motherboard tidak menerima energi dari baterai
  • Kemudian tinggal kita pasangkan kembali dan hidupkan hp yang mendadak tidak ada suara tersebut

Jika saat booting hp android tidak ada suara maka cara menghidupkan suara hp saat dihidupkan adalah dengan memeriksa aplikasi apa yang telah kita jalankan menggunakan akses root pada perangkat tersebut.

4. Clear Cache HP
Cara Mengatasi Suara HP Android Hilang


Jika setelah kita merestart hp android namun masih saja suara hp tidak mau muncul maka cobalah untuk membersihkan cache pada perangkat android yang kita miliki tersebut.

Untuk melakukan Clear Cache pada HP yang hilang suara tersebut dapat kita gunakan bantuan aplikasi Clean Master ataupun dengan cara masuk ke Recovery Mode HP Android untuk melakukan wipe pada cache partisi.

baca juga :

5. Pastikan HP Tidak Terhubung ke Device Lain

Kita sering kali terkecoh akan suara di hp hilang setelah kita mendengarkan musik dari perangkat android yang terhubung di speaker bluetooth. Maka dari itu kita harus memastikan terlebih dahulu akan semua sambungan keluar jika hp tidak ada suara.

Oleh karena itu jika suara hp android tiba - tiba tidak muncul kita perlu untuk mematikan sambungan bluetooth dan juga jangan aktifkan fitur OK Google.

Cara Mematikan Fitur "OK, Google"


Untuk menonaktifkan fitur OK Google di HP Android bukanlah suatu perkara yang sulit, kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama - tama kita buka app drawer dan cari aplikasi "Google" di layar hp android yang kita miliki tersebut
  • Kemudian tap icon "tray" yang ada di bagian kiri atas dan kemudian pilih Settings
  • Setelah terbuka, kita pilih menu Settings >> Voice >> tap "Ok Google" detection
  • Langkah terakhir kita tinggal mematikan fitur tersebut melalui opsi "From the Google app". Tekan toggle slider untuk pilihan menonaktifkan fitur OK Google tersebut

6. Lepas Akses Root

Seperti yang telah kita lakukan sebelumnya, jika hp tidak ada suara saat proses dihidupkan / booting maka dapat dipastikan ada masalah pada akses root yang telah kita lakukan. Kondisi stock ROM yang tidak cocok dengan hardware hp android yang kita miliki merupakan alasan kenapa suara hp hilang setelah kita melakukan root ataupun update sistem operasi.

Maka dari itu agar suara hp yang hilang dapat muncul kembali tidak ada salahnya jika kita melakukan UNROOT ataupun downgrade OS Android yang telah kita lakukan sebelumnya.

7. Factory Reset HP Yang Suaranya Tidak Terdengar
Cara Mengatasi Suara di HP Android Tidak Bunyi


Factory Reset memiliki fungsi untuk memperbaiki sistem hp android yang memang telah terjadi kerusakan. Namun sebelum kita melakukan hard reset untuk mengembalikan suara yang hilang di hp android tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup semua data yang ada terlebih dahulu.

baca juga :

8. Service Center Terdekat

Jika dari semua cara di atas masih saja membuat suara di hp android hilang total dan semakin tidak terdengar di semua aplikasi maka tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membawa smartphone yang kita miliki ke service center terdekat.

Namun dengan kita membawa ponsel yang kita miliki ke tempat service maka jika melihat masalah yang sedang kita hadapi saat ini, kita perlu untuk mempersiapkan biaya service ic audio android.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas penyebab dan cara mengatasi hp yang tidak keluar suara tersebut. Semoga dengan langkah - langkah di atas kita bisa memperbaiki masalah suara di hp hilang tanpa harus membawanya ke service center terlebih dahulu, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar