Cara Menggunakan Action Camera Untuk Mendapatkan Hasil Foto Terbaik

Action Camera - Bagaimana cara menggunakan action camera untuk mengambil photo yang bagus ? Meskipun action camera mulai terkenal bagi kaum pecinta fotografi, ternyata masih jarang yang mengetahui bagaimana cara setting action kamera agar mendapatkan hasil foto yang bagus.

Teknik pengambilan gambar dalam fotografi dapat diterapkan pada action cam sehingga kita dapat memperoleh hasil foto yang bagus menggunakan action camera. Cara mengambil photo yang bagus didalam air sebenarnya dapat dilakukan menggunakan sebuah kamera action karena action camera memiliki kelebihan yang terletak pada lensa wide-angle-nya, kamera digital ini mampu menangkap lebih banyak objek dibandingkan kamera dengan lensa biasa.

Di kalangan orang - orang yang hobi berpetualang atau Traveler tentu tidak akan merasa asing ketika mendengar nama kamera action. Bagi kalangan yang suka dengan olahraga ekstrem, otomotif, atau mengabadikan setiap moment dan diunggah melalui YouTube, action kamera dengan macam merk-merk seperti GoPro, B-Pro5, Yi-cam, dan SJ-cam tentu sudah sangat populer bagi mereka.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi teknik pengambilan gambar dalam fotografi mengunakan kamera action. Mari kita simak bersama-sama cara menggunakan action cam untuk mendapatkan gambar yang terbaik dibawah ini.

Cara Menggunakan Action Camera Untuk Mendapatkan Hasil Foto Terbaik
Cara Menggunakan Action Camera Untuk Mendapatkan Hasil Foto Terbaik


Kamera action  memungkinkan untuk dibawa kemana-mana karena memiliki desain yang unik dan simple serta didukung dengan ukuran yang mungil. Pada dasarnya action camera memiliki fungsi sebagai kamera digital untuk merekam video, namun dalam penggunaan bagi orang yang ingin menjadi fotografer sering digunakan untuk memotret.

Walaupun kamera action memiliki lensa yang bagus, cara mengambil photo yang bagus tetap mempunyai beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Alasannya, tidak sedikit action camera hanya menawarkan pengaturan fix sama halnya dengan kamera ponsel.

Namun maraknya bisnis seperti Online Shop seperti sekarang ini, Action Camera menjadi salah satu alat yang harus dimiliki untuk menghasilkan foto produk terbaik yang berguna untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu di bawah ini akan kami berikan beberapa pilihan kamera aksi dengan harga terjangkau namun dapat menghasilkan gambar terbaik beserta cara menggunakan action kamera tersebut.

Pilihan Action Camera Dengan Hasil Gambar Terbaik Lengkap Dengan Cara Settingnya


1. Cara Menggunakan Action Camera SjCam
Cara Menggunakan Action Camera SJCAM
sumber gambar : bukalapak


Setingan SjCam

  • Untuk setingan action camera SjCam ini tidak jauh berbeda dengan setingan kamera action brica yaitu ada iso dan exposure, sehingga setingan action cam merk SjCam cukup memainkan exposurenya saja. Apabila anda sudah mengerti ISO dapat trial error dengan iso nya.

Setingan Time lapse

  • Time lapse juga tidak jauh berbada dengan action cam tetangga yaitu hasil foto dengan timer dan jika perlu dimasukan kedalam dapur editing untuk memperoleh hasil time lapsenya.

Setingan Selfie, wefie, dan groufie

  • SjCam dapat menggunakan timer dan smartphone untuk mendapatkan hasil gambar selfie, wefie,  yang groufie terbaiknya

    2. Cara Menggunakan Action Camera Brica Bpro-5 AE

    action cam


    Cara Seting Brica Exposure dan ISO

    Bagi para pengguna baru tentu akan bingung dan susah mendapatkan hasil yang baik menggunakan kamera action Brica b-pro 5 AE karena action cam Brica ini paling banyak settingannya. Langkah yang harus dilakukan ketika menggunakan Brica b-pro 5 AE ini adalah :
    • Camera ini cukup main settingan Exposure sehingga yang lain auto saja
    • Exposure di sini hanya -2 -1 -0.7 0 +0.7 +1 +2. Untuk settingan terbaik saat terang benderang gunakan exposure +0.7 atau +1 saja. 
    • Akan tetapi saat keadaan malam hari atau gelap (LOWLIGHT) atur settingan exposurenya +1 atau +2 dan matikan anti getarnya. Di sini anti getarnya membuat menjadi gelap sekali karena anti getar dapat mengurangi cahaya masuk.

    Bagi yang sudah mengerti tehnik fotografi dapat memainkan setingan ISOnya untuk membuat gambar bisa menjadi semakin bagus. Dimana ISO semakin besar maka akan semakin noise.

    Setingan SELFIE, wefie, groufie

    • Untuk anda yang gemar selfie, wefie, groufie dapat menggunakan timer 5 sec untuk berfoto. Timer pada action cam brica ini tidak akan berhenti sampai dipencet lagi tombol shutternya karena timer ini dapat digunakan untuk time lapse.
    • Gunakan timer 5sec lalu aktifkan anti getarnya maka anda yang hobi selfie, wefie, groufie action akan mendapatkan setiap moment lompatan - lompatan indah kita.

    Setingan Burst Shot

    • Untuk melakukan burst shot pada action kamera Brica b-pro 5 AE diperlukan koneksi ke dalam smartphone, karena brust shot hanya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi seperti ispo cam, brica dan ismart dv.

    Setingan Time lapse

    • Time lapse dapat menggunakan tripod dan menjalankan timer photo untuk memperoleh banyak foto yang nantinya akan di gabungkan menjadi satu menggunakan aplikasi untuk membuat timelapse.

    3. Cara Menggunakan Action Camera Go Pro

    action cam


    Cara Seting Kamera Action Go Pro

    • Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips dan trik photografi bagi anda pengguna action cam go pro. Go pro ini sesungguhnya tidak memiliki setingan kecuali bagi yang ada protunenya, protune disini dapat setting iso dan exposure. Didalam setingan go pro ini ada yang namanya hack settingan long exposure, kami kurang mengetahui ini legal atau illegal namun banyak yang menggunakannya.

    Setingan Selfie, wefie, groufie action and just selfie

    • Pada action camera go pro dapat menggunakan timelapse 5s untuk selfie, wefie dan groufie. Dengan metode foto secara vertical, bagi anda yang senang action dapat memperoleh hasil foto action selfie, action wefie atau action groufie yang menarik cukup dengan setingan time lapse 0.5s.

    Setingan Screenshot Foto

    • Pengguna gopro action camera yang senang mengambil foto dengan cara screnshoot hasil video. Karena banyak moment yang lebih menarik pada video dan hasil yang diperoleh lebih bagus dibandingkan pada foto biasa. Sehingga gunakan settingan video 1080 60fps karena dengan 60fps hasil untuk slow motion lebih bagus dan juga untuk mendapatkan foto di screenshoot lebih bagus.

    baca juga :


    4. Cara Menggunakan Action Camera YI Camera

    action cam


    Cara Seting Yi Camera

    • Untuk cara menggunakan action cam merk yi camera tidaklah terlalu sulit karena semua yang ada pada yi cam sudah serba otomatis sehingga tidak memerlukan banyak setingan untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Namun kekurangan yang dimiliki yi camera ini, kamera action ini tidak ada layar sama sekali sehingga kita tidak mengerti mode apa yang digunakan saat kita sedang menggunakannya. Sehingga kita perlu melakukan seting melalui smartphone dahulu. Untuk yi camera ini sangat membutuhkan control viewernya.

    Setingan Selfie, wefie, groufie shoot

    • Untuk selfie wefie dan groufie dapat menggunakan timer untuk fotonya.

    Setingan Slow Motion

    • Yi camera sudah memiliki setingan slow motionya sehingga langsung terbentuk hasil gambarnya tanpa harus masuk dapur editing.

    Setingan Time lapse

    • Kita cukup memilih setingan time lapse saja karena pada kamera action xiaomi yi ini sudah disediakan setingan time lapse.

    Demikian postingan kami kali ini yang baru saja membahas mengenai cara menggunakan action camera. Dari yang telah kita tuliskan diatas, 4 kamera action diatas merupakan the best action camera sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil gambar yang bagus ketika digunakan untuk memotret maupun video shooting. Semoga artikel kami diatas dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..
    LihatTutupKomentar