Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang (Panggilan Darurat) Di Android

Sinyal android hilang - Bagaimanakah cara mengatasi sinyal hp android hilang total paling ampuh ? Tentu masalah sinyal hp sering hilang secara tiba - tiba adalah problematika bagi pengguna smartphone android maupun iphone yang paling menyebalkan. Terlebih lagi jika sinyal hp yang hilang timbul tersebut muncul ketika kita sedang melakukan panggilan telepon, pasti akan mengakibatkan komunikasi terputus secara mendadak saat panggilan berlangsung. Maka dari itu kita tidak tidak boleh menyepelekan masalah ponsel android tidak ada sinyal atau jaringan dan harus segera mencari tahu solusi serta penyebab sinyal hp hilang tersebut.

Sering kali kita beranggapan bahwa hp android sering panggilan darurat karena tidak ada jaringan disebabkan hanya karena tidak tersedianya sinyal pada tempat anda tinggal. Padahal tindakan seperti flashing, update ROM, root juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya panggilan darurat pada sinyal hp android. Lantas bagaimana cara mengatasi sinyal hp android yang hilang setelah reset tersebut ? Namun apabila di wilayah kita tinggal memang tidak terdapat tower sinyal maka tidak heran jika sinyal hp android sering hilang mendadak.

baca juga :

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, TechnoEcho akan mencoba berbagi cara memperbaiki sinyal hilang hp android tidak muncul lengkap dengan beberapa faktor penyebabnya. Sinyal hilang total tidak hanya akan terjadi pada smartphone android cina saja namun terdapat kemungkinan hp android ternama seperti samsung, asus, lenovo, oppo, xiaomi maupun smartfren juga akan mengalami masalah jaringan tesebut. Perlu untuk anda ketahui, hp android terjatuh dapat menjadikan salah satu penyebab hp android error tidak bisa menangkap jaringan karena kuningan penangkap sinyal bergesar akibat getaran ketika terjatuh. Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara memperbaiki sinyal tidak muncul di hp android agar tidak menggangu aktivitas keseharian kita.

Cara Mengatasi Panggilan Darurat di Layar Bar HP Android

Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang (Panggilan Darurat) Di Android


Beberapa faktor lain yang membuat sinyal android silang adalah perubahan pada pengaturan jaringan dimana kita melakukan perubahan sinyal pada mode 3G only agar dapat mengakses internet lebih cepat. Akan tetapi hal yang perlu kita perhatikan ketika merubah jaringan hp android menjadi 3G only memiliki dampak ponsel android yang kita miliki akan sulit mendapatkan jaringan GSM biasa. Padahal, terkadang jaringan yang naik - turun atau sinyal tidak konsisten dapat dikarenakan gangguan masalah pada layanan operator kartu sim yang kita gunakan.

Penyebab sinyal hp android lemah juga dapat berasal dari faktor cuaca karena kondisi cuaca akan mempengaruhi penangkapan sinyal pada hp. Lain hal jika kita menggunakan smartphone android signal max besutan samsung terbaru karena samsung berani memberikan jaminan sinyal yang kuat pada ponsel android terbarunya tersebut. Akan tetapi jika kita sudah menggunakan hp android dengan fitur tercanggih namun ponsel android tersebut tetap sering mengalami panggilan darurat / sinyal hilang total maka terdapat kemungkinan adanya kerusakan pada bagian hardware ataupun software.

Penyebab Sinyal Tidak Muncul di HP Android


Solusi untuk mengatasi snyal hp hilang timbul karena software biasanya diperlukan update (pembaharuan) karena terdapat kemungkinan software mengalami bugs. Namun jika karena hardware seringkali jaringan di android tidak muncul disebabkan karena penangkap sinyal di HP android rusak. Jadi jika kita simpulkan penyebab sinyal hp android sering hilang tersebut diantaranya, adalah :

  • Sinyal sedang tidak tersedia di daerah anda. Sebagai contoh sinyal 3 sering hilang dirumah anda dikarenakan jauh dari pemancar juga berpengaruh.
  • Smartphone anda di setting ke mode hanya menerima jaringan 3G
  • Sinyal HP hilang setelah jatuh
  • Jaringan sinyal operator naik turun atau tidak konsisten
  • Faktor cuaca yang biasanya karena hujan yang membuat sinyal menjadi lemah
  • Terjadi kerusakan pada software atau hardware anda
  • Ada aplikasi pihak ketiga yang membuat masalah
  • Sedang dilakukanya pemadaman sinyal oleh operator

Solusi Kartu SIM Tidak Ada Jaringan di HP Android (Sinyal Hilang Total)

cara mengatasi sinyal penuh tapi panggilan darurat


1. Aktifkan Mode Penerbangan


Cara mengatasi sinyal hp android sering hilang yang pertama adalah dengan melakukan pengaturan mode penerbangan. Langkah pertama untuk mengatasi sinyal yang hilang di android adalah masuk ke mode penerbangan selama beberapa menit ini bertujuan untuk merestart smartphone anda dalam penerimaaan sinyal lalu matikan mode penerbangan dan kembali ke jaringan seperti sedia kala.

Mengaktifkan Airplane Mode ini sebenarnya juga tidak hanya dapat digunakan untuk memperbaiki masalah sinyal android hilang mendadak saja, melainkan juga dapat digunakan agar status sedang mengetik pesan whatsapp tidak terlihat. Seperti yang dituliskan situs yang membahas tips whatsapp pada postingannya yang berjudul 3 Cara Tidak Terlihat Sedang Mengetik Saat Chatting di Whatsapp.

2. Mengganti Mode Jaringan


Cara ke dua ini dalam mengatasi sinyal android yang sering tiba - tiba menghilang adalah dengan merubah mode jaringan yang bertujuan agar ponsel android yang kita miliki lebih mudah mendapatkan sinyal yang ada disekitar kita. Smartphone sekarang kebanyakan telah di lengkapi dengan 3 jenis sinyal diantaranya 2G, 3G, dan 4G LTE. 2G mampu bekerja pada kekuatan sinyal (850/900/1800/1900 MHz), sementara 3G bekerja pada kekuatan sinyal (900/2100 MHz) dan 4G LTE sendiri lebih bekerja di atas 2100MHz.

Untuk menggantinya dapat kita lakukan dengan cara berikut ini :
Settings >> Wireless & Networks >> Mobile Networks >> Network Mode dan sekarang anda bisa melihat pengaturan penerimaan sinyal anda apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered.

3. Pindah ke Area Terjangkau Sinyal


Cara ketiga ini dapat kita gunakan jika masalahnya seperti sinyal hilang ketika masuk rumah. Dengan berpindah ke tempat lain setidaknya kita dapat memeriksa sinyal hilang total tersebut disebabkan karena perangkat android atau lokasi kita berada. Sebab terkadang sinyal hp android bisa penuh atau full lagi jika kita berada di luar rumah meskipun didalam rumah (ruangan) tidak ada sinyal sama sekali.

4. Cek Kartu SIM

cara mengatasi sinyal hp tidak muncul

Terkadang pemasangan kartu sim yang tidak tepat sehingga lempengan kuningan tidak menempel pada tempatnya dapat mengakibatkan jaringan signal tidak muncul. Cara mengatasi jaringan hp tidak mau muncul tersebut yakni dengan mematikan hp android terlebih dahulu kemudian posisikan kartu sim dengan tepat setelah itu hidupkan kembali ponsel android tersebut. (baca juga : 8 Cara Mengatasi Internet Telkomsel Tidak Bisa Konek Di HP Android)

5. Ganti Kartu SIM


Jika dengan memposisikan kartu sim dengan tepat belum dapat mengatasi masalah sinyal hp android yang hilang tersebut maka tidak ada salahnya jika kita mencoba mengganti kartu sim yang kita gunakan dengan kartu sim operator lainnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah sinyal hp yang gak mau muncul ini disebabkan karena kerusakan kartu sim. Namun apabila setelah dilakukan penggantian sim card dan hasilnya masih sama saja, maka kita perlu untuk melakukan beberapa hal dibawah ini. Diantaranya adalah :

  • Factory Reset : Yang bertujuan untuk mengatasi masalah sinyal hilang karena terkena virus atau akibat penggunaan aplikasi pihak ketiga yang berlebihan.
  • Flash Hp Android : Yang bertujuan untuk mengatasi masalah sinyal tidak muncul karena firmware anda yang bermasalah akibat update OS terbaru.
  • Ganti Hardware : Yang bertujuan untuk mengatasi masalah jaringan android hilang total karena kerusakan handphone akibat benturan keras / terjatuh.

6. Ganti dengan hp android yang baru


Jika semua cara diatas belum dapat mengatasi masalah sinyal hilang total pada android yang anda miliki tidak ada salahnya jika kita membeli sebuah smartphone android yang baru. Bagi anda yang tidak memiliki dana berlebih, anda dapat meilihat beberapa pilihan hp android 4G murah.

mungkin anda tertarik :

  1. Cara Mengetahui Titik Spot GoJek Yang Ramai
  2. Cara Setting Aplikasi GPS Android Agar Lebih Akurat

Tambahan !

Solusi Sinyal HP Android Hilang Total Setelah Terjatuh


Jika kita mengalami kejadian dimana hp android mendadak tidak ada sinyal setelah terjatuh dan pada tampilan layar ponsel tersebut muncul pemberitahuan "No Network Available" (tidak ada jaringan) maka terdapat kemungkinan bahwa smartphone tersebut telah mengalami kerusakan dibagian antena.

Perlu untuk kita ketahui bahwa ciri - ciri hp android yang antena sinyalnya rusak akan ditandai dengan masalah seperti sinyal hilang timbul, kartu sim terbaca tapi sinyal tidak terdeteksi dan bahkan sinyal hp android hilang total. Dan penyebab masalah - masalah tersebut muncul adalah karena adanya kerusakan pada chip board.
cara mengatasi sinyal hp hilang setelah jatuh

Maka dari itu untuk mengatasi masalah jaringan yang tidak tersedia di hp android tersebut kita perlu malakukan penggantian Chip Board tersebut. Namun jika kita bukan orang yang ahli dibidang smartphone alangkah lebih baiknya jika kita tidak mencoba - coba sendiri. Meskipun harga chip board tersebut hanya sekitar 70 - 90 ribu saja, part ini cukup sulit untuk dilakukan penggantiannya karena diperlukan penyolderan yang cukup akurat.

Demikian artikel tentang cara mengatasi sinyal HP hilang atau lemah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara diatas dapat memberikan manfaat dan solusi dalam masalah jaringan android kepada kita selama ini, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar