Penyebab dan Solusi Kamera Whatsapp Gelap, Tidak Bisa Dibuka Pada HP Android

Kamera Whatsapp - Bagaimana cara mengatasi kamera whatsapp yang gelap saat digunakan untuk mengambil foto ataupun video call ? Tidak dipungkiri banyak pengguna whatsapp android (khususnya) yang sering kali mengeluhkan akan masalah kamera whatsapp yang tidak bisa dibuka. Dimana masalah kamera wa error tidak bisa digunakan tersebut terjadi saat menggunakan kamera depan atapun kamera belakang.

baca juga : 

Lantas bagaimana cara memperbaiki kamera wa tidak berfungsi dengan baik tersebut ? Dan kenapa kamera whatsapp tidak bisa digunakan di hp android ?

Perlu untuk kita ketahui bahwa kamera hp android yang tidak berfungsi di aplikasi whatsapp tersebut dapat dikarenakan kerusakan pada kamera bawaan ponsel itu sendiri ataupun dari aplikasi whatsapp android yang rusak. Akan tetapi jika masalah aplikasi kamera keluar sendiri tersebut hanya terjadi saat kita membuka aplikasi whatsapp maka tidak menutup kemungkinan penyebab kamera wa yang error tersebut berasal adai aplikasi whatsapp itu sendiri.

Ciri - ciri kamera hp android tidak bisa terhubung pada aplikasi whatsapp, misalnya seperti :




Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami akan memberikan beberapa informasi untuk mengatasi kamera whatsapp yang sering menutup sendiri tersebut. Meskipun tips whatsapp yang kami bagikan kali ini cukup sederhana, namun cara ini dapat kita aplikasikan pada semua tipe hp android seperti hp  xiaomi, samsung, vivo, dan oppo smartphone.

Cara Mengatasi Kamera HP Android Yang Tidak Berfungsi Pada Aplikasi Whatsapp
Penyebab dan Solusi Kamera Whatsapp Gelap, Tidak Bisa Dibuka Pada HP Android


Dilansir dari faq.whatsapp.com oleh TechnoEcho, mengizinkan ijin pada pengaturan kamera di whatsapp perlu untuk kita lakukan agar Aplikasi WhatsApp dapat menggunakan foto dari Rol Kamera atau album Foto album dari HP Android yang kita miliki.

1. Penyebab Kamera Whatsapp Tidak Bisa Digunakan di HP Android


Memang tidak dipungkiri tidak sedikit yang menjadi penyebab hp android tidak bisa membuka kamera pada aplikasi whatsapp. Selain itu seringnya muncul notifikasi "tidak dapat memulai kamera silahkan mulai ulang telepon anda" yang menjadikan kamera whatsapp gelap saat akan digunakan untuk melakukan panggilan video / video call.

Dan perlu untuk kita ketahui bahwa sebelum kita memperbaiki kamera whatsapp yang tiba - tiba keluar sendiri tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita memastikan terlebih dahulu tidak ada kerusakan pada kamera bawaan ponsel yang kita miliki.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab tidak dapat memulai kamera pada aplikasi whatsapp android, diantaranya :

  • Aplikasi whatsapp rusak, bisanya untuk mengatasinya kita bisa melakukannya dengan menghentikan sementara aplikasi wa tersebut
  • Terlalu banyak data dan cache, hal ini dapat membuat aplikasi error dan menjadi berat untuk dibuka
  • Aplikasi Whatsapp tidak update, Whatsapp yang tidak diupdate dapat menimbulkan bug dan error
  • Akses root, kamera whatsapp tidak berfungsi dengan baik bisa terjadi karena hp android yang telah di root
  • Tidak mengijinkan kamera

2. Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Tidak Bisa Dibuka Pada Aplikasi Whatsapp


Jika dari beberapa penyebab whatsapp tidak bisa terhubung di kamera hp android tersebut sudah kita pastikan bahwa ternyata sumber permasalahan whatsapp kamera gagal berasal dari aplikasi whatsaap itu sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba solusi kamera wa menutup sendiri pada ulasan di bawah ini :

Solusi Kamera Tidak Dapat Tersambung Lewat Pengaturan Kamera di Whatsapp HP Android


  1. Pertama - tama buka menu Pengaturan terlebih dahulu
  2. Lalu pilih Aplikasi Terinstall
  3. Setelah itu kita cari Aplikasi Whatsapp
    whatsapp tiba tiba tidak bisa video call
  4. Kemudian pilih menu Ijin Aplikasi
    cara mengatasi kamera whatsapp tidak bisa dibuka
  5. Langkah terakhir, aktifkan / beri ijin pada bagian kamera atau bisa juga aktifkan semuanya

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara kita agar bisa menggunakan akses kamera hp android pada aplikasi whatsapp. Semoga postingan di atas dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan tentunya dapat mengatasi kamera mati saat video call di ponsel android, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar