6 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Aplikasi Tidak Bisa Dibuka - Bagaimana 6 cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di hp android ? Tidak bisa kita bayangkan bagaimana jadinya hp android yang kita miliki tidak bisa membuka aplikasi yang ada didalamnya. Sudah dicoba berulang kali namun tetap saja aplikasi tidak merespon meskipun layar hp android disentuh berkali - kali.

Perlu untuk kita ketahui terdapat 2 jenis Aplikasi yang ada pada HP Android, yaitu aplikasi bawaan dan juga aplikasi tambahan. Aplikasi bawaan ponsel merupakan aplikasi yang sudah ada dari pabrikannya, misalnya saja seperti Kontak, SMS, Galeri dan lainnya. Sedangkan aplikasi tambahan adalah aplikasi yang kita unduh sendiri dari google playstore ataupun file APK, contohnya seperti aplikasi Whatsapp, Instagram, Facebook, Youtube dan juga lainnya.

baca juga :

Tidak sedikit pengguna android yang mengeluhkan akan masalah aplikasi seperti facebook, shopee ataupun instagram susah masuk. "Kenapa aplikasi hp android sulit dibuka ?" menjadi pertanyaan yang sering kita jumpai sehari - hari. Padahal penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di hp android bisa disebabkan karena software error ataupun kerusakan pada layar / touchscreen itu sendiri.

6 Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa DIbuka di HP Android


Namun jika kita akan membuka suatu aplikasi di hp android dan muncul beberapa notifikasi seperti di bawah ini, maka terdapat kemungkinan penyebab aplikasi ngehang saat akan dibuka tersebut adalah karena adanya masalah pada software ponsel android yang kita miliki.

Ciri - Ciri Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Karena Software HP Android Error 


  • Muncul pesan seperti "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti"
  • Muncul pesan "Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi"
  • Muncul notifikasi seperti "Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti" 
  • ataupun muncul notifikasi "Unfortunately, App Has Stopped", "Unfortunately Force Close, Not Enough Memory, Not Responding" dan "Sayangnya, Proses com.android.process Telah Berhenti"

Meskipun kerusakan aplikasi, baik itu aplikasi bawaan ponsel ataupun aplikasi tambahan yang berbeda - beda di setiap pengguna hp android. Restart ponsel, hapus cache hp android sampai melakukan update sistem hp android adalah langkah mudah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi hp android yang tidak bisa dibuka tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja kita simak cara membuka aplikasi hp android yang tidak merespon jika disentuh sebagai berikut :

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Saat Layar HP Android Disentuh


1. Reboot HP Android
Mengatasi HP Android Tidak Bisa Buka Aplikasi
sumber gambar : pixabay


Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan ketika aplikasi android tidak bisa dibuka adalah dengan menghidupkan ulang ponsel android yang kita miliki. Reboot hp android ini bertujuan untuk mematikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dan latar depan yang mengalami hang atau tidak merespons dengan benar agar dapat memulai kembali sistem seperti sedia kala.

Untuk melakukan reboot hp android yang benar agar dapat membuka kembali aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka tersebut, dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Pertama - tama matikan smartphone android
  • Kemudian lepas beberapa komponen hp android seperti Baterai, SIM Card, dan Memori Eksternal (SD Card)
  • Lalu diamkan kurang lebih selama 30 detik
  • Setelah itu pasang dan nyalakan kembali smartphone android yang tidak bisa membuka aplikasi tersebut

2. Menghapus Cache Memori di HP Android


Jika setelah kita menghidupkan ulang ponsel android dengan cara di atas namun aplikasi yang tidak merespon belum juga teratasi maka langkah kedua yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menghapus cache memori di HP Android.

Lantas apa itu yang dimaksud dengan cache memori ? Dikutip dari DailySocial.id bahwa "cache" merupakan komponen yang menyimpan data - data komputasi yang baru dijalankan atau duplikasi data lain yang berfungsi untuk menjalankan perintah di masa mendatang agar lebih cepat.

Cara Menghapus Data Aplikasi HP Android Yang Hang

Namun penumpukan file sementara pada memori hp android yang tidak pernah dilakukan penghapusan secara berkala tersebut justru akan menjadi sumber penyebab aplikasi yang hang tidak bisa dibuka di hp android tersebut. Oleh karena itu kita perlu sesekali untuk menghapus file cache yang menumpuk di hp android tersebut, baik itu menggunakan bantuan Aplikasi Clean Master ataupun melalui pengaturan aplikasi android.

lihat juga : Solusi HP Android Lemot Karena RAM Kecil

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data Pada Aplikasi Yang Tidak Merespon


Perlu untuk kita bahwa dengan kita menghentikan "force stop" dan menghapus data aplikasi maka akan membuat aplikasi kembali pada posisi default seperti saat baru saja terinstal pertama kali di hp android. Dengan kata lain, semua data sementara di aplikasi tersebut akan hilang misalnya saja seperti basis data, cache memori, bookmark, History, dan lainnya.

Namun kita tidak perlu cemas karena langkah ketiga ini hanya sebatas menghapus data aplikasi saja bukan menghapus aplikasi yang ada di hp android. Untuk mencoba cara menghapus data aplikasi di hp android tersebut, kita bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut :

  • Buka menu Pengaturan 
  • Setelah itu cari pilihan menu "Setelan Tambahan" 
  • Lalu Manajemen Aplikasi >> Semua 
    Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Merespon
  • Kemudian cari nama aplikasi yang sering tidak bisa dibuka tersebut
  • Dan kita tinggal pilih "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data"
    Cara Mengatasi Aplikasi HP Android Hang
Saran kami, jangan terlalu sering untuk melakukan force stop pada aplikasi hp android karena langkah tersebut akan membuat baterai hp android menjadi cepat habis sebab aplikasi yang sudah ditutup akan membutuhkan waktu lagi untuk membuka.

4. Perbarui Aplikasi


Salah satu penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di hp android adalah sudah terlalu lama versi aplikasi yang sudah terpasang pada ponsel tersebut. Misalnya saja aplikasi whatsapp yang terinstal masih menggunakan aplikasi versi 19, padahal aplikasi terbaru saat ini sudah terdapat versi 30.

Oleh karena itu untuk memperbaiki aplikasi yang hang tidak bisa dibuka di hp android tersebut adalah dengan memperbarui aplikasi tersebut melalui google playstore hp android yang kita miliki.

5. Ganti Dengan Versi Lain


Selain beberapa cara di atas, jika aplikasi di hp android tidak bisa diakses maka kita harus melihat terlebih dahulu dari mana aplikasi tersebut kita dapatkan. Apabila aplikasi yang sudah terinstal tapi tidak bisa dibuka tersebut berasal dari file Apk maka terdapat kemungkinan bahwa aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan OS Android yang kita miliki.

Oleh karena itu solusi hp android tidak bisa membuka aplikasi tersebut adalah dengan menghapus dan mengunduh ulang aplikasi yang sesuai dengan OS Android yang kita miliki. Untuk menghapus aplikasi di hp android, kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama - tama buka menu Pengaturan
  • Setelah itu cari Setelan Tambahan
  • Lalu Manajemen Aplikasi
  • Cari "Nama Aplikasi" dan kemudian pilih "Hapus Instalasi"

6. Update Sistem Android


Selain versi aplikasi di hp android yang terlalu lama, ternyata perlu untuk kita ketahui juga bahwa OS Android yang tidak pernah diperbarui juga dapat membuat hp android tidak bisa membuka aplikasi. Maka dari itu cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di hp android tersebut adalah dengan melakukan update pada sistem android.

Berikut ini akan kami informasikan mengenai cara melakukan pembaharuan sistem android dengan mudah, yaitu :

  • Pertama masuk pada menu pengaturan Android
  • Setelah itu scroll kebawah untuk mencari opsi "About Phone"
  • Lalu cari opsi System Update
  • Kemudian kita tinggal pilih opsi tersebut sehingga perangkat secara otomatis melakukan pengecekan.
  • Instal system update untuk mendapatkan versi terbaru

Sebelum kita memperbarui sistem android tersebut, pastikan bahwa kita memiliki koneksi internet serta daya baterai ponsel minimal 50%.

mungkin anda tertarik :

Kesimpulan

Pada dasarnya aplikasi yang tidak merespon, hang ataupun tidak bisa dibuka sering kali disebabkan karena masalah software pada hp android. Namun apabila dengan 6 cara di atas aplikasi masih saja tidak bisa dibuka meskipun sudah kita sentuh berkali - kali maka terdapat kemungkinan bahwa adanya masalah pada layar sentuh hp android itu sendiri.

Dan jika memang demikian, coba lakukan pengecekan pada touchscreen hp android yang kita miliki dengan melihat pada artikel kami yang mengulas tentang Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Bisa Di Sentuh.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi aplikasi hp android yang tidak bisa dibuka saat layar hp di sentuh. Semoga postingan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar