4 Cara Mengatasi Hape Mati Total Tidak Bisa Dicas Setelah Kehabisan Baterai

HP Mati Total - Bagaimana cara menghidupkan baterai hp yang mati total di perangkat android ? Pernahkah anda mengalami kejadian dimana hp android mati total dan tidak bisa dicas setelah baterai habis hingga 0% ? Sebenarnya kondisi ponsel android yang tiba - tiba tidak bisa dihidupkan tersebut merupakan salah satu dampak baterai hp yang habis total.

Jadi tidak dipungkiri baterai hp yang habis tidak bisa di charge tersebut merupakan akibat dari kebiasaan kita yang terlalu sering membiarkan ponsel dalam kondisi kehabisan daya. Meskipun demikian hal ini tidak lepas dari salah satu kelemahan jenis baterai yang kita gunakan (baterai Li-Ion / Li-Po). Lantas pernahkah kita membayangkan cara menghidupkan hp baterai tanam yang mati total tersebut ?

baca juga :

Tentu sudah kita ketahui apabila hp di cas tapi tidak mengisi maka selain mencoba mengganti charger dan kabel, menggunakan charger dekstop menjadi salah satu solusi termudah. Akan tetapi jika masalah hp dicas tapi tidak masuk tersebut terjadi pada hp baterai tanam maka bagaimana cara memperbaiki hp android baterai tanam yang mati total tersebut ?

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa cara mengisi baterai hp android yang kosong agar bisa dinyalakan kembali. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghidupkan HP Android Yang Baterai Habis Dan Tidak Bisa Di Charge
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Hidup Setelah Kehabisan Baterai


Jenis - Jenis Baterai di HP Android

Tentu kita sudah mengenal akan baterai Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Ion Polymare), keduanya merupakan tipe baterai yang sering digunakan pada smartphone di Indonesia. Namun disini kami tidak akan mengulas terlalu banyak akan perbedaan dari baterai Li-Ion dengan Li-Po tersebut.

Perlu untuk kita ketahui bahwa baterai jenis baterai Li-Po lebih memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan baterai Li-Ion. Namun salah satu kekurangan dari baterai tersebut adalah sulit untuk dialiri arus saat pengisian daya apabila kapasitas baterai sudah terlanjur kosong / 0 persen.

Untuk itu bagi pengguna smartphone android yang memiliki ponsel yang menggunakan jenis baterai tersebut, saran kami jangan biasakan untuk mengecas baterai menunggu baterai hp habis / hp mati. Hal ini akan membuat anda akan kesulitan untuk membuat ponsel android sulit dinyalakan setelah mati kehabisan daya baterai.

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Akibat Baterai Habis


Perlu untuk kita ketahui bahwa dalam mengatasi HP Android yang mati tidak bisa dihidupkan itu harus melihat dari sisi kerusakannya. Hal ini dikarenakan untuk perbaikan akan masalah hardware tentu akan berbeda dengan perbaikan software.

Misalnya saja jika kita membayangkan, untuk mengatasi ponsel yang mati total jika charger dilepas ataupun hp android di cas malah berkurang tentu akan berbeda dengan hp mati total setelah terjatuh.

Disini TechnoEcho akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasi hp android yang tidak bisa hidup setelah kehabisan baterai secara lengkap, baik itu penyebab yang berasal dari hardware ataupun software.

baca juga :

1. Solusi HP Mati Total Tidak Bisa Di Charge Pada Baterai Removeble


Langkah ini sebenarnya juga bisa dipraktekan pada hp baterai tanam tidak bisa dicharge, namun untuk kali ini kami coba lakukan di handphone dengan jenis baterai removeble.

Cara yang kami lakukan untuk menghidupkan hp xiaomi tidak bisa nyala karena tidak bisa dicas adalah :

Pengecekan Arus Baterai

  1. Siapkan multimeter untuk melakukan pengukuran arus
  2. Setelah itu rubah setingan multimeter berada di angka 10 V
  3. Lalu sambungkan ujung multi ke bagian baterai (positif ke positif dan negatif ke negatif)
  4. Biasanya voltage baterai smartphone berada di angka 3,7 V, akan tetapi jika pada multi menunjukan angka lebih rendah maka diperlukan untuk melakukan kejut baterai menggunakan adaptor
  5. Untuk mengejutkan baterai ponsel kita perlu mengecharge baterai tersebut menggunakan adaptor
  6. Lakukan pengisian daya baterai menggunakan adaptor selama 30 menit sampai 1 jam, hingga persentase baterai menunjukan 25% - 50%
  7. Langkah berikutnya, coba pasang baterai dan nyalakan ponsel yang mati tidak karena baterai habis tersebut

Pengecekan Pada Konektor

Jika dengan cara diatas hp android masih juga belum bisa dihidupkan, maka coba untuk mengecek pada konektor ponsel itu sendiri dengan cara sebagai berikut :

  1. Langkah kali ini multimeter masih kita gunakan namun rubah setingan pada nilai x100 /  x10
  2. Kemudian hubungkan ujung atau kutub multimeter (positif ke positif, negatif ke negatif)
  3. Lihat pergerakan jarum pada multi, jika bergerak penuh sampai ke ujung atau menunjuk pada angka nol (0) maka ponsel anda mengalami korsleting

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Mengisi Daya Karena Korsleting Pada Konektor

  1. Lepas IC PA dan lakukan pengecekan dengan multi kembali
  2. Jika masih seperti sebelumnya, lepas satu-satu IC (IC Dialog, IC Audio, IC RF, dan IC RF Voltage Regulator)
  3. Namun apabila jarum pada multi tidak bergerak sama sekali, artinya ada jalur yang putus
  4. Untuk itu diperlukan langkah jumper.
  5. Perlu diperhatikan disini, melakukan jumper itu artinya kita harus tahu dahulu jalurnya. Jika memang kurang berpengalaman dalam hal ini ada baiknya untuk membawa ke service center hp android terdekat

2. Solusi HP Mati Total Tidak Bisa Di Charge Pada Baterai Tanam / Non Removeble


Sebenarnya untuk mengatasi hardbrick pada hp android baterai tanam dapat kita lakukan dengan mengikuti langkah - langkah di atas. Namun sebelum kita melakukannya, cobalah langkah mudah menghidupkan hp baterai tanam setelah kehabisan tegangan berikut ini :

  1. Coba lakukan pengisian daya baterai menggunakan charger dengan nilai ampere yang lebih tinggi dari bawaan ponsel
  2. Setelah itu tunggu sekitar 30 menit, apabila sudah ada tanda hp android tersebut hidup maka ganti charger menggunakan charger bawaan

Contoh charger dengan nilai ampere tinggi
  • Jika alat charger HP anda tertera 0.5A atau 500 mAh maka cobalah untuk mengganti alat charger dengan ampere dua kali lipat atau lebih seperti ukuran 1A atau 2A.

Akan tetapi jika dengan 2 cara tersebut hp android baterai tanam tersebut belum bisa dinyalakan maka cobalah untuk melepas socket baterai lalu pasang kembali.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas akan cara mudah menghidupkan hp android mati total yang dicas tidak masuk tersebut. Semoga langkah - langkah di atas dapat memberikan solusi bagi kita yang sedang mengalami masalah tersebut, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar