9 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Dan Boros Baterai

Hp Cepat Panas - Bagaimana cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis ? Tentu bukan menjadi suatu masalah baru bagi kita para pengguna smartphone android, dimana hp android terasa panas setelah digunakan bermain game HD ataupun hp cepat panas saat internetan. Namun terkadang ada hal penting yang sering kali dilupakan kebanyakan orang yaitu cepat panasnya suatu perangkat elektronik bisa mengakibatkan kerusakan seperti baterai hp android menjadi cepat habis.

Terkadang sebenarnya kenapa hp android menjadi cepat panas itu berawal dari kesalahan kita sendiri, mengecharge baterai hp terlalu lama sehingga dapat mengakibatkan baterai hp cepat habis padahal masih baru. Biasanya, hape / tablet android yang mengalami panas berlebih juga akan mengakibatkan baterai hp menjadi lebih boros itu karena memang suhu yang semakin tinggi akan dapat menurunkan kinerja baterai.

baca juga :

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan 9 solusi hp android boros baterai dan cepat panas tersebut. Baterai hp android menjadi cepat panas, sering ngedrop / boros, sampai batre hp cepat habis merupakan beberapa akibat dari cepat panasnya smartphone android tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki hp cepat panas di bagian atas di bawah ini.

Solusi HP Android Yang Cepat Panas Dan Lemot Tanpa Aplikasi

penyebab hp cepat panas


Disamping itu, kita juga harus tahu penyebab dan cara agar hp android tidak cepat panas. Sehingga dapat membuat kita menjadi orang yang bijak dalam menggunakan smartphone. Oleh karena itu kami berikan beberapa tips penyebab hp android cepat panas serta cara mengatasinya agar dapat membuat baterai hp android awet kembali.

Penyebab Baterai HP Android Yang Cepat Habis Padahal Baterai Penuh 100%


1. Debu Berlebih


Biasanya ponsel android akan didesain dengan lubang kecil-kecil pada covernya, ini bertujuan untuk mengeluarkan suhu panas dari dalam hp android. Karena debu bisa menjadi penyebab hp android cepat panas.

Solusinya :
  • Untuk mengatasi hal ini anda harus sering membersihkan hp anda dari debu yang melengket. Simpan hp pada tempat yang bersih, tidak pada tempat yang kotor seperti saku yang berdebu, tas yang berdebu. Akan sangat bagus kalau anda menggunakan pelindung hp dari bahan yang tidka menyerap debu.

2. Kinerja Yang Terlalu Banyak


Penyebab lainnya hp android cepat panas adalah karena kerja yang diluar batas kewajaran. Banyaknya aktivitas smartphone akan membuat smartphone memasan, ini dikarenakan tenaga hp tidak sesuai dengan kerja yang diberikan.

Solusinya :
  • Cara mengatasi hp cepat panas akibat banyak kinerja adalah dengan mengetahui spesifikasi hp android anda, ketahui berapa prosesornya dan RAM nya sehingga anda akan membatasi kerja dari ponsel ini. Ponsel yang kecil spec-nya bila dipaksa dengan berbagai kinerja yang berat akan menyebabkan hp android cepat panas.

3. Adanya Kerusakan Pada Baterai HP


Kerusakan pada baterai hp juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas. Hal ini kurang disadari oleh kebanyakan orang, Padalah ini bisa membuat hp anda bekerja dengan tidak normal.

Solusinya :
  • Maka gunakan selalu baterai yang bagus, jangan menggunakan baterai hp yang sudah soak, karena ini menyebabkan kinerja hardware tidak stabil, yang pada gilirannya menyebabkan cepat panas pada Android anda.

4. Masalah Pada Sinyal


Masalah pada sinyal hp juga menjadi penyebab terjadinya cepat panas. Ini kasusnya pada daerah yang jauh dari BTS, dengan otomatis hp anda mencari sinyal secara terus menerus, maka membuat hp anda cepat panas.

Solusinya :
  • Cara mengatasi hp cepat panas akibat masalah sinyal yaitu dengan mematikan jaringan internet pada daerah-daerah yang sinyal hp nya tidak baik. Atau anda bisa juga menggunakan beberapa aplikasi penguat sinyal yang bisa kita unduh melalui google playstore.

5. Memakai HP Pada Terik Mentari


Menggunakan hp untuk telpon dibawah matahari yang terik akan mempercepat panas hp anda. Maka ketahuilah cara menggunakan hp yang benar. HP kalau digunakan untuk menelpon akan memakan banyak kekuatan dan baterai, kalau anda menggunakannya ditempat yang suhu ektrem, maka akan cepat membuat hp anda panas dan rusak. Gunakan selalu hp android anda ditempat yang bersuhu normal.

artikel menarik lainnya :

Tips Terbaru Untuk Mengatasi Baterai Hp Android Yang Cepat Habis


1. Cek kondisi baterai

Memeriksa keadaan atau kondisi baterai hp android adalah langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan dalam menangani masalah hp android agar tidak mudah panas tersebut. Selain itu, pemilihan jenis baterai Li-Po adalah baterai yang sangat disarankan karena memang memiliki spesifikasi yang cukup baik.

2. Hapus Aplikasi Yang Memberatkan RAM

Setelah itu hapus beberapa aplikasi yang sekiranya memberatkan kinerja RAM Smartphone Android yang kita miliki jika kita memang ingin mengatasi android yang overheat tersebut. Hal ini dikarenakan ketika ponsel android memiliki aplikasi yang memberatkan ram maka dapat menambah daya kinerja android menjadi berat, sehingga akan mengakibatkan hp android kita semakin cepat  panas.

3. Hindari Menggunakan HP Android Saat Di Charging

Tidak menggunakan hp android ketika sedang di charge juga menjadi salah satu cara untuk membuat hp android tidak cepat habis. Perlu untuk kita ketahui bahwa penyebab overheat / panas berlebih pada hp android yang kita miliki dapat dikarenakan penggunaan smartphone saat sedang di cas tersebut. Disamping itu, menggunakan hp saat sedang dicharge juga tidak baik untuk unur pakai baterai hp itu sendiri karena dikhawatirkan akan membuat baterai hp menjadi bocor ataupun mengembung.

4. Gunakan Kabel Charger Asli Bawaan Ponsel

Dan tips terakhir agar dapat membuat hp android tidak mudah panas dan awet baterai adalah penggunaan charger original ketika di cas. Perlu untuk kita ketahui bagi kita yang sering mengisi daya baterai dengan menggunakan usb dapat membuat bagian pada port usb jadi terbakar, bahkan yang lebih parah lagi dapat terjadi korsleting arus listrik.

Penyebab Lokasi Panas


Namun dari semua metode di atas yang sudah kami tulis, ada satu hal yang perlu untuk lebih kita perhatikan yaitu Penyebab Lokasi Panas. Hal ini perlu untuk perhatikan karena penyebab hp cepat panas di bagian atas akan berbeda dengan hp cepat panas di bagian bawah.

HP cepat panas di bagian atas sering kali diakibatkan karena kinerja ponsel dalam penggunaan kamera terlalu berat.

Sedangkan hp cepat panas di bagian bawah maka cara mendinginkan hp android yang panas tersebut adalah dengan mencoba mengganti baterai ataupun charger smartphone yang kita miliki.

Demikian postingan kami kali ini yang telah membahas permasalahan mengenai memperbaiki hp android yang cepat panas. Semoga artikel kami kali ini dapat menjadikan handphone maupun tablet tidak cepat panas lagi. Sekian dan terima kasih ...
LihatTutupKomentar