Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali Seperti Baru Lagi

Baterai Awet Kembali - Bagaimana cara membuat baterai hp android awet kembali seperti saat kondisi hp baru ? Pada umumnya, rata rata umur baterai smartphone dalam kondisi penggunaan normal bisa mencapai waktu 2 tahun. Akan tetapi sebelum mencapai waktu tersebut sering kali ponsel android mengalami masalah seperti baterai hp android cepat habis dan cepat panas.

Perlu untuk kita ketahui bahwa pada dasarnya penyebab baterai hp yang tiba - tiba habis sendiri tersebut terbagi menjadi 2, yaitu karena kerusakan software dan juga hardware. Dan kalibrasi batre android kini sudah menjadi salah satu cara membuat baterai hp awet seperti baru yang sering dilakukan oleh para pengguna perangkat tersebut.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, TechnoEcho akan mecoba memberikan sebuah cara agar baterai hp yang ngedrop dapat awet kembali dengan bantuan aplikasi. Battery Calibration menjadi aplikasi yang akan bisa membantu kita memperbaiki baterai hp cepat habis padahal baru dicas tersebut. Maka dari itu, untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan di bawah ini.

Cara Agar Baterai HP Android Awet Kembali

cara membuat baterai hp awet seperti baru
cara kalibrasi baterai android dengan battery calibration

Cara Mengembalikan Performa Baterai HP


Cara mengembalikan performa baterai hp yang cepat habis menggunakan aplikasi battery calibation tersebut akan dapat kita lakukan jika smartphone android anda sudah memiliki akses root. Jadi jika anda belum pernah nge-root sebuah ponsel android, maka kamu bisa mencobanya dengan beberapa hal sebagai berikut ini :


mungkin anda tertarik :
  1. Cara Mengatasi HP Android Lemot Setelah Di Root
  2. Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Nge-root HP Android

Namun jika hp android yang kita miliki sudah pernah di root, maka agar baterai hp android dapat awet kembali kita bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut :

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai HP Menggunakan Aplikasi Battery Calibration di Android


  1. Pertama - tama unduh Battery Calibration, kemudian install seperti biasa yang kita lakukan menggunakan hp android.
    cara kalibrasi baterai android dengan battery calibration
    cara kalibrasi baterai android dengan battery calibration
  2. Setelah itu pastikan baterai di ponsel android kita telah terisi 100%. Lakukan pengisian daya terlebih dahulu jika kondisi baterai belum penuh / full.
  3. Apabila baterai hp android sudah 100%, kemudian buka Battery Calibration yang telah kita download sebelumnya.Setelah itu tekan tombol Battery Calibration yang ada di tengah >> tunggu hingga muncul notifikasi Calibration succeeded >> lalu klik OK.
  4. Jika kalibrasi sudah selesai, yang perlu untuk kita lakukan sekarang adalah menggunakan ponsel android tersebut sampai kondisi baterai benar - benar kosong (0%) kemudian charge kembali dalam keadaan mati (offline charge) sampai baterai penuh 100% kembali.
  5. Setelah melakukan offline charging sampai 100%, gunakan smartphone android kita kembali seperti biasa dan rasakanlah perbedaan stamina dan daya tahan baterai android yang telah di kalibrasi ini.

baca juga :


Nah .. jadi jika baterai hp android tidak awet yang sering terjadi dialami oleh banyak pengguna hp android, maka pastikan beberapa hal di bawah ini agar masalah tersebut tidak terulang kembali :

  1. Banyaknya aplikasi berjalan yang kita aktifkan pada smartphone android tersebut.
  2. Penggunaan charger smartphone dengan baik (dapat mempengaruhi pengisian baterai pada hp android tersebut). Disarankan menggunakan charger yang sesuai dengan smartphonenya.
  3. Sering mengisi daya hp sambil bermain game atau permainan akan memicu baterai hp android dicas tidak masuk dan tidak awet di kemudian harinya.
  4. Atur intesitas cahaya (jangan terlalu cerah), karena dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Jika cara diatas belum bisa memberikan hasil secara optimal, kamu bisa melihat cara kalibrasi baterai android lainnya pada artikel kami sebelumnya. Semoga artikel kami kali ini dapat berhasil dilakukan dan bisa menjadi cara ampuh membuat baterai android seperti baru lagi sehingga masalah baterai hp android cepat habis dapat teratasi. Sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar