Sim Card Terbaca Tapi Tidak Ada Sinyal ? Inilah Solusi Terlengkapnya !!

Sinyal hp hilang total - Bagaimana cara mengatasi sim card terbaca tapi tidak ada sinyal pada hp android yang kita miliki ? Mengetahui akan sebuah cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia di ponsel android merupakan suatu hal yang penting bagi kita sebagai pengguna smartphone android.

Hal ini dikarenakan sinyal atau jaringan merupakan hal yang sangat vital pada sebuah perangkat telepon, tidak ada sinyal pada hp android tentu akan membuat kita tidak bisa melakukan panggilan ataupun berselancar di dunia internet.

Namun tidak dapat dipungkiri masalah seperti sim card tidak ada layanan, kartu sim hanya panggilan darurat atau sinyal hp android hilang mendadak kerap hadir meskipun kartu sim sudah terbaca pada smartphone android yang kita miliki tersebut.

Akan tetapi kita tidak perlu cemas karena biasanya hp android tidak ada sinyal dimana jaringan tidak ditemukan tersebut terjadi ketika kita sedang berada pada lokasi terpencil yang tidak terjangkau oleh operator seluler. Selain itu, ponsel android merupakan sebuah smartphone yang dikenal akan kemudahannya dalam perubahan sistem didalamnya sehingga akan selalu ada cara untuk memperbaiki sinyal error di hp android seperti sinyal sering hilang timbul tersebut.

Lantas bagaimana cara mengatasi sinyal hilang pada android tersebut ? Dari beberapa teknisi hp android yang pernah memperbaiki jaringan pada hp android seperti sinyal hp tiba - tiba hilang maupun jaringan hilang atau no signal biasanya penyebab sinyal android hilang adalah kerusakan IC antena.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu sim yang tidak ada sinyal di ponsel android. Disini kami akan berikan cara sederhana yang perlu untuk kita lakukan pertama kali ketika sinyal pada hp android yang kita miliki mulai error sehingga sering tidak muncul bahkan sinyal android hilang total.

Jadi semua pengguna smartphone android mampu untuk memperbaiki masalah tidak ada sinyal di hp android meskipun tanpa harus melakukan root pada ponsel android yang kita miliki. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memunculkan sinyal smartphone android yang hilang di bawah ini.

6 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di HP Android

cara mengatasi sinyal hilang pada android

Pada dasarnya ketika hp android yang kita miliki sering mengalami masalah no signal atau tidak ada sinyal maka kartu sim atau sim card adalah hal pertama yang perlu untuk kita periksa terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan hp android tidak bisa mendeteksi jaringan bukan karena kesalahan kita dalam pemasangan kartu sim.

Namun kita tidak boleh cepat untuk menyimpulkan sumber masalah dari hp sering panggilan darurat tersebut, hal ini dikarenakan terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab sinyal tidak muncul pada layar hp android yang kita miliki tersebut.

Selain itu, penyebab yang kerap kita alami ketika kartu sim terbaca tapi tidak ada sinyal adalah lokasi yang tidak terjangkau oleh operator jaringan. Jadi wajar saja apabila kita sering mengalami sinyal 4g hilang atau sinyal 3g hilang pada daerah yang lokasinya belum terdapat adanya tower sinyal. Selain itu terkadang apabila kita mengalami kejadian dimana sinyal sering naik turun dan bahkan tiba - tiba mendadak hilang juga dapat terjadi karena faktor cuaca yang tidak menentu.

Namun dari semua penyebab sinyal tidak mau muncul di hape android, ada satu masalah yang tidak akan bisa diperbaiki meskipun kita sudah menggunakan cara memperbaiki sinyal hp android yang error paling terbaik yaitu karena adanya perbaikan sinyal dari operator seluler itu sendiri.
cara mengatasi sinyal hilang pada android

Namun kami tekankan sekali lagi, apabila kita hendak mengatasi masalah sinyal hp hilang tersebut pastikan perangkat android yang kita miliki tersebut tidak mengalami kerusakan hardware seperti kerusakan ic antena.

Dengan begitu kita dapat mengatasi sinyal hilang total pada hp android mengguanakan langkah sederhana di bawah ini tanpa harus melakukan factory reset terlebih dahulu. Mari langsung saja kita lihat cara memperbaiki (fix) no signal pada ponsel android secara lengkap berikut ini :

Cara Mengatasi SIM Card Terbaca Tapi Tidak Ada Layanan Pada HP Android


1. Airplane Mode (Masuk Pada Mode Pesawat)

Langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah kartu sim tidak ada sinyal di hp android adalah dengan melakukan pengetesan awal mulai dari masuk ke mode penerbangan. Untuk masuk pada mode pesawat kita dapat membukanya dengan menu toggle dimana dengan mengusap layar dari ujung atas layar ke bawah hingga muncul quick menu.

Cara Mengatasi SIM Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal
sumber gambar : IDN Times

Cara mengatasi hp android tidak ada sinyal dengan mode pesawat, yaitu :

  1. Cari dan aktifkan  Mode Penerbangan
  2. Biarkan ponsel Android dalam mode ini untuk beberapa menit
  3. Setelah itu matikan mode pesawat pada hp android
  4. Kemudian secara otomatis sistem Android akan melakukan pencarian ulang untuk menangkap sinyal

2. Restart Ponsel

Reboot ponsel android atau yang sering kita lakukan dengan mematikan ponsel android dan kemudian menghidupkannya kembali. Dengan melakukan reboot pada smartphone android yang kita miliki, sinyal yang tadinya hilang dan tidak muncul secara otomatis akan di-scan ulang. Untuk melakukan reboot smartphone android yang benar, dapat kita lakukan seperti langkah - langkah berikut :

Cara Restart HP Android Yang Tidak Ada Layanan, diantaranya :

  1. Matikan ponsel android
  2. Tunggu hingga beberapa saat sampai sudah tidak tersisa daya yang ada
  3. Cabut baterai, kartu sim dan juga kartu memori (opsional)
  4. Setelah itu pasang kembali baterai, kartu sim dan juga kartu memori tersebut
  5. Kemudian hidupkan kembali smartphone android tersebut

3. Atur Otomatis Memilih Jaringan 

Sinyal tidak muncul pada hp android juga dapat dikarenakan pengaturan jaringan yang ada, apabila kita pernah mengatur smartphone pada jaringan 3g ataupun 4g only namun pada kenyataannya jaringan di tempat kita berada tidak terdapat sinyal tersebut maka akan mengakibatkan hilangnya sinyal pada smartphone android yang kita miliki. Untuk itu kita perlu memastikan pengaturan jaringan tersebut dan melakukan setting dengan cara sebagai berikut :

Cara Setting Jaringan HP Android Yang Sinyalnya Sering Hilang, yaitu :

  1. Buka menu setelan kemudian cari menu pengaturan jaringan atau networks
    Solusi SIM Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal
  2. Pilihlah Jaringan Seluler (Mobile Network)
    Solusi SIM Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal
  3. Setelah itu aktifkan Otomatis untuk jenis jaringan yang dipilih
  4. Kemudian, dalam menu Operator jaringan / Pilih Operator jaringan silakan aktifkan mode Pilih jaringan otomatis dan bukan Manual.
    Solusi SIM Card Terdeteksi Tapi Tidak Ada Sinyal

4.  Lepas dan Periksa SIM Card
cara mengatasi sinyal hilang pada android

Apabila dari ketiga cara di atas masih saja belum memberikan hasil untuk mengatasi sinyal yang hilang pada hp android maka tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk memeriksa kondisi kartu sim atau sim card yang kita gunakan. Terkadang sim card terbaca tapi tidak ada sinyal pada hp android dapat disebabkan karena kartu sim itu sendiri, untuk itu mari kita coba lakukan beberapa langkah sebagai berikut :

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca di Hp Android, diantaranya :

  1. Matikan hp android yang kita gunakan
  2. Lepaskan kartu sim yang ada pada smartphone tersebut
  3. Bersihkan kuningan sim card tersebut menggunakan kain lembut secara perlahan
  4. Setelah itu pasang kembali sim card tersebut dan hidupkan ponsel

baca juga :

5. Periksa IMEI Android

Tidak jarang banyak pengguna hp android yang mengeluhkan sinyal hilang total pada hp android yang dimilikinya tersebut setelah mereka mengoprek smartphone yang dimilikinya itu. Sinyal hp yang mendadak hilang total tersebut ternyata dikarenakan nomer imei pada ponsel android yang dimilikinya telah hilang. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita mengalami sinyal tidak muncul pada hp android yang kita miliki tersebut, pastikan nomer imei ponsel masih tersedia dengan cara berikut :
imei ada tapi sinyal hilang
sumber gambar : komunitas bukalapak

Cara Cek Nomer IMEI Tanpa Melihat Dos Book, yaitu :

  • Buka menu Panggilan atau Dial, lalu ketik kode rahasia *#06#

Periksa apakah ada nomor IMEI yang muncul atau kosong, blank, null, dan error lain. Jika muncul nomor seri IMEI, ada baiknya coba cek ulang dan samakan dengan IMEI di kardus ponsel android yang kita miliki. Namun apabila ternyata salah, sebaiknya kunjungi service center resmi (jika masih garansi, atau masih baru) atau datang ke tukang servis HP terpercaya untuk memperbaiki kesalahan nomor IMEI Android yang kita miliki tersebut.

6. Kembali ke Setelan Pabrik

Namun apabila dari semua cara di atas tidak ada satupun yang belum dapat mengembalikan sinyal hp android yang hilang atau tidak muncul tersebut maka jalan terakhir yang dapat kita lakukan sendiri adalah dengan melakukan factory reset. Untuk kesekian kalinya kami mengingatkan apabila kita akan melakukan pengaturan awal ke setelan pabrik janganlah lupa untuk membackup semua file yang ada karena langkah ini akan menghapus semua data yang ada pada hp android yang kita miliki.

baca juga :

Apa yang harus saya lakukan jika hp android tidak ada sinyal setelah terjatuh ke dalam air ?

SIM card tidak ada layanan setelah hp android terjatuh ke dalam air dapat terjadi karena salah satu sirkuit telah rusak atau konsleting. Oleh karena itu solusi terbaik setelah ponsel android jatuh ke dalam air agar tidak terjadi masalah kartu sim tidak ada sinyal adalah :

Cara Memperbaiki Sinyal HP Android Hilang Total Setelah Terjatuh :

  1. Diamkan smartphone hingga kondisinya benar - benar kering
  2. Setelah itu lepaskan penutup belakang perangkat android yang kita miliki, jika itu dapat dilepas
  3. Kemudian ambil baterai dan SIM Card, setelah itu letakkan ponsel, baterai, dan SIM card anda di dalam beras
  4. Biarkan hingga kering di dalam beras selama 24 jam sebelum mencoba untuk menghidupkan hp android tersebut kembali

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja kita bahas mengenai cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan di hp android yang kita miliki. Jika anda tidak yakin untuk mengatasi masalah sinyal hilang pada hp android yang kita miliki sendiri tidak ada salahnya untuk membawa smartphone tersebut ke service center terdekat, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar