Cara Cek Ampere Charger HP Menggunakan Aplikasi

Cek Ampere Charger - HP android kamu di cas tapi lama penuhnya ? Sudah menggunakan kabel dan charger merk yang bagus dengan output yang besar tapi hasilnya masih sama saja, beterai hp lambat mengisi. Tidak semua penyebab masalah pengisian daya berasal dari perangkat android, bisa jadi charger yang bagus belum tentu tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Untuk itu kita perlu memeriksa output charger hp menggunakan suatu alat ukur. Disini TechnoEcho akan memberikan panduan cara cek ampere charger hp menggunakan bantuan aplikasi android.

Jadi kita tidak perlu susah payah mencari multitester untuk mengukur arus yang masuk ke hp android. Mari langsung saja kita mulai menghitung menggunakan software charger handphone yang satu ini.

Aplikasi Cek Kapasitas Baterai Saat Di Cas Pada HP Android

cara cek ampere charger hp menggunakan aplikasi

Tidak dipungkiri cepat lambatnya pengisian daya baterai di suatu ponsel tergantung pada charger dan jenis kabel usb yang digunakan. Namun banyaknya merek charger yang dijual di pasaran dengan harga murah tidak bisa menjamin akan kualitas barang tersebut.

Untuk itu disini kami akan mengajak anda untuk memerika input, output charger dan dischager Android menggunakan suatu aplikasi yang bernama Ampere.

Aplikasi Ampere merupakan suatu aplikasi di hp android yang berfungsi untuk mengetahui pemakaian daya dalam kondisi ponsel sedang aktif / layar menyala.

Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memeriksa sebaik apa kondisi pengisian baterai menggunakan charger ataupun powerbank. Jadi dengan Aplikasi Ampere, kita bisa mengetahui output charger yang masuk di hp android sehingga penyebab hp di charger lama penuh bisa kita ketahui dari mana asalnya.

Oleh karena itu mari langsung saja kita mulai cara cek ampere charger di hp android menggunakan aplikasi tersebut pada ulasan di bawah ini.

Cara Cek Output Charger Menggunakan Aplikasi Ampere di Hp Android

Cara Cek Ampere Charger HP
sumber : play.google.com

Langkah Pertama : Unduh Aplikasi Ampere

Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menginstall Aplikasi Ampere yang bisa kita unduh secara gratis di Playstore Android.

Aplikasi berukuran 4,4 MB keluaran Braintrapp ini selain bisa mengetahui charger mana yang bisa mengisi daya dengan cepat juga dapat membantu kita untuk membedakan charger hp android asli dengan yang palsu.

Langkah Kedua : Jalankan Aplikasi

Buka Aplikasi Ampere yang sudah kita unduh sebelumnya, lalu tunggu beberapa saat sampai aplikasi mulai menghitung kapasitas baterai yang sedang digunakan.

cara menghitung ampere charger

Setelah semua selesai otomatis hasil secara real time akan tertampil di layar hp android yang kita miliki. Dalam mode ini biasanya aplikasi akan menampilkan informasi dengan font berwarna jingga.

baca juga : Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Padahal Masih Baru

Langkah Ketiga : Hubungkan Charger

Sambungkan pengisi daya ke hp android untuk memeriksa kemampuan charger, setelah beberapa detik aplikasi akan menampilkan daya yang dihasilkan.

Informasi daya akan ditampilkan dengan font berwana hijau pada saat hp android terhubung dengan charger. Pada saat charger hp mengisi daya baterai, informasi ampere akan ditunjukan dalam bentuk angka.

cara menggunakan aplikasi ampere di android

Disini kita bisa mencoba untuk membandingkan dengan charger hp yang lain, jika salah satu charger menampilkan daya ampere dengan angka yang tinggi maka itu artinya baterai hp akan cepat terisi penuh.

Untuk memastikan keaslian charger hp, kita bisa pastikan apakah tampilan ampere pada layar hp saat mengisi daya sesuai dengan spesifikasi charger yang kita gunakan tersebut.

Kami berikan gambaran misalnya saja seperti ini, jika kita mengunakan charger 1000mA / power bank dengan kemampuan output diatas 1000mA.

Seharusnya pada tampilan indikator di layar hp saat menggunakan aplikasi tersebut akan menunjukan power diatas 900mA bahkan 1100mAh.

Jika hasilnya memang seperti itu maka itu artinya power dari adaptor / power bank bisa dinyatakan real atau sesuai keterangan yang ada pada spesifikasi.

Tambahan : Tampilan Informasi

Selain dapat digunakan untuk mengecek kecepatan charging, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi yang tidak kalah penting. Yaitu sebagai aplikasi untuk cek kapasitas baterai android masih dalam keadaan bagus atau tidak.

aplikasi cek kapasitas baterai android

Kondisi seperti itu biasanya akan ditandai dengan tampilan informasi "Over Voltage". Jika sudah seperti ini maka kita harus mulai memikirkan apa yang menjadi penyebab arus charger hp berlebih tersebut, misalnya saja penggunaan cover, case, atau pelindung pada hp android.

Sebab jika hal tersebut kita biarkan maka masalah akan semakin bertambah, yaitu hp di cas tidak bisa penuh.

Kesimpulan


Jadi setelah melihat penjelasan mengenai aplikasi ampere di atas selain sebagai cara cek charger hp yang rusak, Aplikasi Ampere tersebut berfungsi sebagai :

  • Pemberi informasi mengenai pemakaian power dalam indikator amper
  • Memberikan informasi mnegenai pengisian power ketika hp android di charger
  • Menghitung voltase baterai selama pengisian baterai
  • Memeriksa panas / suhu baterai
  • Menginformasikan pemberitahuan alarm baterai penuh, baterai low batt, atau baterai overheating

Untuk itu apabila anda memiliki 2 charger yang berbeda dapat kita test terlebih dahulu menggunakan Aplikasi Ampere tersebut.

Demikian pertemuan kali ini yang baru saja mengulas tentang cara menggunakan aplikasi ampere di hp android tersebut. Semoga setelah mengetahui kegunaan dari aplikasi ampere android tersebut, kita bisa lebih bijak kembali dalam memilih charger terbaik sekarang ini. Sekian dan terima kasih
LihatTutupKomentar