Baterai HP Cepat Habis Padahal Masih Baru Bagaimana Mengatasinya ?

Baterai HP Cepat Habis Padahal Masih Baru - HP baru tidak dipakai tapi baterai berkurang sendiri ? Hati - hati, terkadang baterai hp meskipun dalam kondisi baru juga memiliki kemungkinan untuk membuat hp android ngedrop.

Jika anda mengalami masalah tersebut atau baru saja mengganti baterai hp baru tapi malah boros / cepat habis. Anda berada di tempat yang tepat karena cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis meskipun tidak digunakan menjadi topik pembicaraan kali ini.

Cara Memperbaiki Baterai HP Cepat Habis Padahal Dalam Kondisi Baru

baterai hp cepat habis padahal masih baru

Tentu anda akan bertanya - tanya kenapa baterai hp cepat habis padahal kondisi baterai hp android dalam kondisi baru. Pertanyaan mengenai baterai hp android cepat habis padahal masih baru memang sering di alami bagi setiap pengguna android yang sebelumnya mengalami masalah hp android cepat panas dan boros penggunaan daya batre.

Niat hati ingin membuat baterai hp awet kembali dengan mengganti baterai hp dengan yang baru namun yang terjadi ponsel android masih saja ngedrop.

Namun tidak menutup kemungkinan pula kondisi baterai yang normal juga akan cepat habis / ngedrop. Oleh karena itu TechnoEcho disini akan mencoba berbagi tips untuk memperbaiki baterai ponsel android yang cepat habis. Langsung saja mari kita bahas ulasan selengkapnya mengenai baterai hp android yang mendadak 0 % di bawah ini.

Penyebab Baterai HP Android Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan


Lalu sebenarnya apa yang menjadikan baterai hp cepat panas tersebut ? Selama kondisi baterai masih normal tidak melembung, cacat ataupun bocor dapat dipastikan penyebab baterai hp android cepat habis bukan berasal dari baterai hp android tersebut.

Mari langsung saja kita simak 3 faktor yang menjadi alasan kenapa baterai handphone cepat panas, cepat habis dan ngedrop berikut ini.

1. Faktor Baterai HP

  • Umur pakai baterai yang sudah cukup lama, biasanya jika sudah sekitar 2 atau 3 tahun pemakaian lebih baterai hp akan cenderung cepat habis
  • Batas limit pemakaian baterai hp sudah terlewati, dari pihak produsen baterai biasanya memberikan garansi limit pemakaian misalnya saja 3 tahun namun 3,5 tahun masih saja digunakan
  • Menggunakan baterai hp yang tidak asli
  • Cycle time atau batas limit pengecasan sudah terpenuhi, ada beberapa tipe baterai hp yang hanya memberikan jaminan baterai tetap awet sebelum 1000 kali pengecasan. Apabila batasan tersebut sudah terlampaui maka baterai tersebut akan rusak / drop sehingga perlu dilakukan penggantian baterai hp baru

2. Faktor Manusia

Faktor manusia yang dimaksud disini adalah kerusakan baterai menjadi cepat ngedrop karena salah perlakuan si pengguna ponsel. Berikut kesalahan yang sering terjadi :

Mengisi daya baterai dengan durasi yang tidak benar

  • Terlalu cepat mencabut charger hp sebelum indikator baterai penuh (full), hal seperti ini jika terlalu sering kita lakukan akan membuat performa baterai menurun. Alhasil, jika terus kita lakukan akan berakibat hp di cas tapi tidak mengisi.
  • Membiarkan hp di charge meskipun baterai sudah 100%. Mungkin pada smartphone android keluaran terbaru tidak akan mengalami masalah karena didalam ponsel tersebut sudah terdapat fitur auto cut charger. Namun jika hp belum bisa memutus arus secara otomatis ketika baterai sudah penuh dan kita biarkan colokan charger tetap terpasang, baterai hp melembung adalah akibatnya.

Cara Mengisi Daya Baterai HP Yang Tidak Tepat

Menunggu hp mati total / indikator baterai sampai habis 0% terlebih dahulu baru menyambungkan ke pengisian daya adalah kesalahan terbesar jika terus kita lakukan berulang ulang. Hal ini dikarenakan akan membuat tegangan baterai ngedrop dan hp dicas malah berkurang sendiri dayanya.

3. Faktor Ponsel

Faktor ponsel yang dapat membuat baterai hp cepat habis memang sangat banyak penyebabnya. Mulai dari pengaturan bluetooth, nada dering, layar yang tidak sesuai. Selain itu kerusakan hardware pada konektor charger dan IC PA juga dapat menjadi penyebab baterai hp cepat habis.

Walaupun terdapat banyak sekali penyebabnya, ada hal yang terkadang tidak disadari oleh pengguna hp android yakni aplikasi yang terinstal. Oleh karena itu jika kalian ingin membuat baterai hp menjadi awet kembali, coba hapus beberapa aplikasi berikut ini.

Hapus Aplikasi Yang Membuat Baterai HP Android Cepat Habis


Perlu untuk kita ketahui bahwa setiap aplikasi yang berjalan di background sistem android tentu akan memakan banyak RAM, hal ini secara otomatis akan membuat perangkat android bekerja keras sehingga akan menguras daya baterai.

Untuk itu tidak ada salahnya jika anda uninstall beberapa aplikasi di bawah ini agar baterai tidak boros lagi.

10 Aplikasi Yang Membuat Baterai HP Android Gampang Ngedrop

  1. Facebook, seringnya kita membuka aplikasi ini demi untuk mengetahui notifikasi apa saja yang masuk justru malah menjadikan baterai smartphone android lebih boros
  2. Facebook Messenger
  3. BBM
  4. Snapchat
  5. Instagram, walaupun hanya sebuah aplikasi yang menampilkan gambar dan video, hp android memerlukan koneksi internet untuk mengunduhnya dan hal inilah yang membuat baterai hp terasa semakin boros
  6. Clean Master
  7. KakaoTalk
  8. Vine
  9. Path
  10. Samsung KNOX

Sebenarnya ada sebuah cara jika kalian tidak ingin menghapus aplikasi - aplikasi di atas, yaitu dengan mematikan setiap aplikasi yang berjalan di background jika sedang tidak digunakan.

Aplikasi Greenify bisa menjadi solusinya karena aplikasi tersebut mampu menghentikannya sehingga RAM dan baterai hp android yang kalian miliki akan lebih hemat.

Untuk mendapatkan Aplikasi Greenify tersebut, kita bisa mengunduhnya secara gratis di google playstore.

Aplikasi Greenify

baca juga :

  1. Cara Membuat Baterai HP Android Menjadi Awet Kembali Seperti Baru Lagi
  2. Penyebab Baterai Hp Android Tidak Bisa Dicas / Dicharge

Demikian cara mengatasi baterai hp android yang masih baru cepat habis / ngedrop pada kesempatan kita kali ini. Semoga cara diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua sehingga kita dapat mengetahui yang sebenarnya penyebab baterai hp sering ngedrop berasal dari beterai hp itu sendiri atau karena kerusakan di perangkat smartphone. Sekian dan terima kasih
LihatTutupKomentar