(Panduan Lengkap) Melihat Chat Whatsapp Yang Dihapus Pada HP Android

Chat Whatsapp - Bagaimana cara melihat pesan whatsapp yang dihapus pada hp android ? Tidak dipungkiri fitur hapus pesan whatsapp tentu sangat membantu para pengguna aplikasi chatting ini untuk menarik chat wa yang salah dalam penulisan ataupun pengiriman.

Namun terkadang hal tersebut justru membuat kita penasaran setiap kali mendapatkan notifikasi pesan baru dari whatsapp yang berisikan "pesan ini telah dihapus".

Selain pesan yang sengaja ditarik oleh si pengirim, terkadang kita juga dibingungkan dengan isi pesan yang hilang karena tanpa sengaja kita hapus sendiri.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini TechnoEcho akan memberikan cara mudah untuk mengembalikan chat whatsapp yang dihapus tersebut pada ulasan di bawah ini.

Cara Membaca Kembali Pesan Whatsapp Yang Dihapus Pada HP Android

panduan lengkap cara melihat pesan wa yang sudah dihapus di hp android

Sebenarnya dalam situs resmi aplikasi whatsapp, kita selalu disarankan untuk mencadangkan data whatsapp menggunakan Google Drive. 

Hal ini bertujuan untuk mempermudah kita saat memulihkan riwayat chat wa yang dihapus, meskipun setiap pukul 02.00 dini hari secara otomatis akan ada cadangan lokal yang tersimpan di memori telepon.

Syarat Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Hilang (Dihapus)


Namun sebelum kita bisa memulihkan riwayat pesan dan media yang dihapus baik itu sengaja atau tidak, kita diharuskan terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi whatsapp versi terbaru.

Untuk mengetahui aplikasi yang kamu gunakan itu sudah versi terbaru atau belum, kita bisa periksa dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengetahui Versi Aplikasi Whatsapp Lewat HP Android

cara mengetahui versi aplikasi whatsapp terbaru
  1. Pertama kita buka aplikasi whatsapp di hp android terlebih dahulu
  2. Setelah itu ketuk icon titik tiga di sebelah pojok kanan atas
  3. Kemudian pilih menu "Settings" >> cari dan pilih opsi "Help"
  4. Lalu klik opsi "App Info" dan secara otomatis akan muncul tampilan versi whatsapp minimal yang sedang terpasang di hp android yang kamu miliki

Selain dengan cara di atas kita juga dapat mengetahui versi aplikasi wa dengan cara menekan salah satu pesan chat di hp android yang baru saja kita kirimkan lalu pilih hapus.

Jika muncul pemberitahuan hapus untuk saya atau hapus untuk semua orang maka aplikasi yang kamu gunakan setidaknya bukan versi yang terlalu lama.

pesan whatsapp dihapus

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui isi pesan whatsapp yang dihapus tersebut mari langsung saja kita simak berikut ini.

Memulihkan Riwayat Chat WA Yang Sudah Dihapus


Untuk mengembalikan pesan wa yang hilang tersebut kita hanya perlu melakukan backup yang telah disediakan oleh aplikasi whatsapp pada menu pengaturan.

Langkah ini juga dapat kamu gunakan untuk memulihkan riwayat chat jika akan online whatsapp di hp android baru.

Namun yang perlu untuk kamu ingat, jika kamu akan mentransfer chat dengan cara ini pastikan bahwa sebelumnya anda sudah melakukan backup data whatsapp menggunakan google drive terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah - langkah untuk memulihkan / mentransfer cadangan dari google drive yang perlu kita lakukan, diantaranya :

Cara Mengembalikan Pesan Lama Yang Telah Terhapus Pada Aplikasi Whatsapp Android


  1. Buka aplikasi, langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan membuka aplikasi whatsapp yang kita gunakan
  2. Akses pengaturan whatsapp, setelah itu ketuk icon titik tiga dipojok kanan atas dan masuk ke menu pengaturan
    melihat pesan wa yang dihapus
  3. Masuk ke menu chat, kemudian kita tinggal pilih saja menu chat tersebut
  4. Pilih menu backup, untuk memulai mencadangkan data whatsapp kita hanya perlu masuk ke opsi chat backup
    cadangkan pesan whatsapp
  5. Tentukan akun backup chat wa, untuk dapat terhubung dengan akun Google Drive pribadi dapat kita pastikan pada kolom account terlebih dahulu
  6. Memulai proses backup, kita hanya perlu klik opsi backup tersebut dan secara otomatis aplikasi akan mengunggah data ke google drive
    mengunggah data ke google drive
  7. Kembalikan Chat WhatsApp, langkah berikutnya hapus aplikasi whatsapp kamu lalu install kembali. Setelah kita masuk di aplikasi wa yang baru tersebut, klik saja restore untuk mengunduh data pesan dan media lama kamu secara otomatis
    restore chat wa

Apabila cara di atas terlalu ribet dan kalian hanya ingin melihat isi pesan yang belum lama di hapus maka kamu bisa melihatnya pada beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Sebelum Di Backup

Cara melihat isi pesan kali ini cukup mudah untuk kita lakukan karena hanya melalui cadangan lokal whatsapp, jadi tanpa harus menggunakan aplikasi google drive.

Namun karena menggunakan cadangan lokal, kita hanya bisa membuat riwayat media dan pesan whatsapp masuk hanya dalam kurun waktu satu minggu terakhir saja.

Dan untuk mengembalikan percakapan di whatsapp yang tidak sengaja terhapus melalui cadangan lokal tersebut, kita hanya perlu masuk file manager dan merubah data backup msgstore whatsapp.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya silakan simak lihat cara memulihkan data whatsapp tersebut di bawah ini.

Cara Melihat Pesan Whatsapp Yang Dihapus Tanpa Aplikasi


  1. Langkah pertama buka file manager hp android dan masuk ke penyimpanan telepon
  2. Cari folder whatsapp dan temukan folder Database. Pada folder database tersebut, tersimpan semua pesan chat wa sebelum dihapus dalam format Msgstore
    cara mengetahui pesan wa tanpa aplikasi
  3. Setelah itu edit / rubah nama format Msgstore.db.crypt menjadi backup-Msgstore.db.crypt
    mengembalikan pesan wa yang ditarik
  4. Kemudian hapus semua MsgstoreYYYYMMDD.db.crypt menjadi tanpa tanggal bulan tahun "YYYYMMDD"
    cara melihat chat wa yang sudah dihapus tapa aplikasi
  5. Langkah berikutnya kita masuk ke pengaturan dan hapus data pada aplikasi wa tersebut
    cara mengembalikan chat wa yg terhapus lama
  6. Jika sudah maka secara otomatis saat masuk kembali di aplikasi whatsapp, kita akan mendapat pemberitahuan untuk melakukan registrasi baru
  7. Pada tahap terakhir, kita akan mendapat notifikasi untuk memulihkan cadangan data whatsapp sebelumnya dan tekan saja PULIHKAN
  8. Dengan begitu secara otomatis saat kita masuk di aplikasi whatsapp yang baru, pesan wa lama yang hilang akan muncul kembali
    cara memulihkan pesan wa yang dihapus lama

Namun jika cara di atas terlalu menyulitkan diri anda, kita bisa lebih mudah melihat pesan wa yang ditarik dengan bantuan aplikasi.

Beberapa aplikasi penarik pesan wa di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi masalah yang kamu alami saat ini.

baca juga : Cara Mudah Membuat Link Auto Chat Whatsapp Hanya Menggunakan HP Android

2 Aplikasi Penarik Pesan Whatsapp Yang Dihapus Terbaik Pada HP Android


Aplikasi untuk melihat pesan yang dihapus ini sangat kami rekomendasikan bagi kalian yang ingin mengetahui isi tulisan dari chat wa yang ditarik tersebut.

Selain dapat kita unduh secara gratis di google playstore, aplikasi penarik chat wa tersebut sangat mudah untuk digunakan bagi semua pengguna whatsapp.

Ini adalah aplikasi untuk mengetahui pesan whatsapp yang telah dihapus tersebut.

Aplikasi WhatsRemoved+


Aplikasi WhatsRemoved+ ini berfungsi untuk merekam semua pemberitahuan yang masuk pada ponsel android. Kita juga dapat memilih notifikasi dari aplikasi lain yang ingin terbaca oleh WhatsRemoved+ tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kita akan tetap dapat melihat pesan whatsapp yang baru masuk meskipun sudah dihapus / ditarik pengirim.

Aplikasi Recent Notification

aplikasi penarik pesan wa

Aplikasi penarik pesan yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan WhatsRemoved+, secara fungsinya.

Namun tampilan Aplikasi Recent Notification yang lebih simpel membuat kita lebih mudah dalam cara menggunakan recent notification di hp android.

Dengan begitu kita tidak akan lagi penasaran dengan isi pesan whatsapp yang dihapus pengirim pesan tersebut.

Sekarang giliran anda ? Mana yang lebih mudah untuk melihat kembali chat wa yang dihapus tersebut, setelah itu beri tahu kami lewat kolom komentar.
LihatTutupKomentar