(Sebelum Diblokir) Daftar Nomer IMEI Handphone Kamu di Situs Kemenperin

TechnoEcho - Tahukah kamu bagaimana cara mengecek no imei di hp android ? Dan mengapa hal itu perlu kita ketahui ?

Perlu kalian ketahui bahwa untuk melindungi pengguna dan industri ponsel dalam negri, pemerintah Indonesia akan memberlakukan regulasi kontrol imei yang saat ini sedang 'digodhok' oleh Kemendag, Kemkominfo & Kemenperin.

Dengan adanya regulasi yang akan mulai berlaku pada Agustus 2019 mendatang, ponsel tanpa nomer imei resmi akan diblokir.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kita perlu mengetahui kode imei yang ada pada perangkat android dan segera memastikan di situs cek imei hp yang telah disediakan Kemenperin.

Dan di bawah ini akan kami berikan cara melihat nomer imei di hp android secara lengkap.

Cara Melihat No IMEI Pada HP Android

5 cara melihat no imei di hp android

Tidak sedikit pengguna handphone yang salah kaprah dengan maksud 'diblokir' pada peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kominfo, Ismail mengatakan bahwa layanan jaringan operator seluler di Indonesia tidak akan bisa digunakan oleh setiap ponsel yang tidak memiliki nomer imei yang terdaftar di Kemenperin / pembelian dari black market.

cara melihat no imei di hp android
sumber : cnbcindonesia.com

Maka dari itu sebelum hp android kita tidak bisa digunakan untuk telepon, sms ataupun login whatsapp karena jaringan seluler diblokir, mari kita lihat beberapa langkah berikut ini :

Daftar Cara Mengetahui Kode IMEI HP Android Sebelum Pergi Ke Situs Kemenperin


International Mobile Equipment Identity atau yang sering kita kenal dengan sebutan IMEI merupakan kombinasi dari 15 hingga 16 sebagai identitas suatu perangkat handphone yang telah terdaftar di jaringan operator seluler.

Dengan mengetahui kombinasi nomer kode / imei tersebut kita bisa mengecek asli atau palsu suatu ponsel, melacak hp yang hilang dan juga mematuhi peraturan pemerintah untuk mendaftarkan nomer imei hp yang kita miliki.

Di bawah ini adalah 5 cara cek imei hp android yang bisa menjadi pilihan kamu.

5 Cara Menemukan Nomer IMEI di HP Android


1. Tekan kode IMEI *#06#
cara cek kode imei di hp android

Cara paling mudah untuk menemukan Nomer IMEI atau MEID suatu ponsel adalah dengan menggunakan kode *#06#.

Cukup masuk ke menu dial phone lalu ketik *#06# tanpa menekan tombol Panggil / Kirim, kamu sudah bisa mendapatkan no imei dan kode ini bisa diaplikasiakan di semua tipe handphone.

2. Cek Bagian Dekat Baterai HP
cara mendapatkan nomer imei hp android

Selain menggunakan tombol kombinasi, kamu juga bisa melihat nomer IMEI pada bagian belakang ponsel dekat baterai.

Namun sebelum kamu melepas baterai pastikan terlebih dahulu matikan ponsel yang sedang kita gunakan terlebih dahulu.

Seharusnya kode imei yang tercetak pada bodi hp tersebut sama dengan saat kita mengeceknya menggunakan *#06#, apabila tidak kamu harus memastikan keaslian hp tersebut dengan mencocokannya pada dus kemasan.

3. Periksa Pada Dus Kemasan HP
cara mengetahui nomer imei handphone

Untuk mengetahui kode imei hp kita tidak perlu mencari buku petunjuk pemakaiannya karena pada kemasan asli perangkat ponsel sudah terdapat nomer tersebut.

Nomer IMEI ponsel biasanya diberikan dalam bentuk label kode batang yang menempel di kotak sebagai segel saat kita membuka hp pertama kali dibeli.

4. Tentang Ponsel

Selain menggunakan 3 cara di atas, kita juga dapat memeriksa nomer imei lewat menu pengaturan. Dan berikut kami berikan contoh melihat no imei menggunakan hp vivo.

Cara Cek Nomer IMEI di HP Vivo

Pertama masuk ke menu pengaturan lalu cari opsi pengaturan lain.
cara melihat no imei hp vivo

Setelah itu pilih menu Tentang Ponsel untuk mengetahui info ponsel.
cara melihat no imei hp vivo

Dan pada tampilan tersebut kita sudah bisa melihat dua buah nomer imei dari tipe hp vivo yang kita gunakan tersebut.
cara melihat no imei hp vivo

5. Lihat Pada SIM Card Tray

Sebenarnya cara ini cukup sulit untuk kita melihat no imei dari hp android yang kita miliki karena terlalu kecil jika dibaca.

Namun kamu bisa mendapatkan kode imei tersebut pada 'laci' kartu sim, pada ponsel android baterai tanam tentu memiliki tempat kartu sim yang bisa dilepas.

Cara Daftar IMEI HP Android di Situs Kemenperin.go.id/IMEI


Setelah kita bisa mengetahui nomer imei hp android yang kita miliki menggunakan beberapa cara di atas, sekarang saatnya kita cek 15 sampai 16 kombinasi kode tersebut di situs Kemenperin.

Jadi untuk memastikan hp android kamu sudah terdaftar pada catatan Kemenperin, kamu bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini :

Cara Cek IMEI HP Android di Situs Kemenperin

  1. Langkah pertama kita salin terlebih dahulu nomer imei yang sudah kalian dapatkan dari beberapa metode di atas
  2. Setelah itu kita masuk ke situs Kemenperin dengan alamat https://www.kemenperin.go.id/imei dan jika sudah terbuka masukan no imei pada kolom yang sudah disediakan
  3. Lalu tekan tombol Simpan, secara otomatis akan muncul informasi mengenai perusahaan, merek, dan model dari perangkat android yang kamu gunakan jika no imei sudah terdaftar

Namun jika kita sudah memasukan no imei namun informasi tidak muncul, maka terdapat kemungkinan ada 3 hal penyebabnya :

  • Pertama produk kamu merupakan ponsel ilegal
  • Kedua kamu membeli handphone bekas yang pernah mengalami masalah nomer imei hp hilang dan dibuatkan no imei palsu
  • Dan yang terakhir adalah produsel ponsel belum pernah daftar nomer imei hp di Kemenperin

Kesimpulan

Dari semua ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat peraturan tersebut sudah diberlakukan dan nomer imei belum terdaftar saat kita mengecek di situs Kemenperin maka secara otomatis jaringan di perangkat tersebut akan di blokir.

cara melihat imei hp di situs kemenperin

Hal ini dikarenakan kemenperin telah membuat suatu aplikasi yang dapat mencocokan nomer imei hp dengan MSISDN atau nomor identitas SIM Card.

Dengan begitu sistem dapat mendeteksi adanya ponsel ilegal saat akan mengaktivasi kartu sim dan secara otomatis layanan komunikasi dari telepon tidak akan bisa diakses karena operator telah memblokir kartu sim.

Maka dari itu jika kedepannya ada keluhan mengenai hp android yang sinyal hilang total atau hp tidak bisa sms atau akses internet, nomer imei terdaftarlah salah satu kemungkinan penyebabnya.

Jadi tunggu apa lagi ? Sudahkah kamu melihat nomer imei di hp kamu dan mengeceknya di situs kemenperin ?

baca juga :

Dan jika ada pertannyaan seputar masalah hp android, silakan tulis di kolom komentar atau kunjungi media sosial situs kami ini. Sekian dan terima kasih
LihatTutupKomentar