11 Cara Memperbaiki Hp Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh

Layar Sentuh HP - Bagaimana cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh ? Masalah hp layar sentuh tidak bisa di sentuh memang sering kali terjadi terjadi secara mendadak dan tiba - tiba.

Namun kondisi layar android tidak merespon tersebut perlu untuk kita waspadai karena LCD hp android merupakan bagian yang rentan akan kerusakan.

Selama kondisi layar ponsel yang retak tapi masih bisa disentuh, kita tidak harus langsung ganti touchscreen yang baru.

Lantas jika terjadi hal seperti itu, bagaimana cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sama sekali di perangkat android tersebut ?

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini TechnoEcho akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi touchscreen hp android yang tidak merespon sentuhan tersebut.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sama Sekali Pada Ponsel Android

11 Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Tidak Bisa Disentuh

Perlu untuk kamu ketahui bahwa penyebab layar sentuh hp yang tidak merespon tersebut sebenarnya juga dapat dikarenakan masalah software dari perangkat android itu sendiri.

Misalnya saja, saat penggunaan RAM terlalu besar tentu akan membuat hp android menjadi lemot.

Dalam kondisi hang tersebut tentu sensitivitas layar sentuh ponsel android akan terganggu sehingga meskipun sudah di tekan berulang kali, touchscreen hp tetap tidak akan mau berfungsi kembali.

Penyebab Layar Sentuh HP Android Tidak Bisa Disentuh


Dan apabila ponsel android kamu sedang mengalami masalah yang sama dengan pembahasan kali ini, alangkah baiknya jika kamu tidak terburu - buru untuk mengganti layar touchscreen hp tersebut.
 
cara memperbaiki layar hp android yang tidak bisa disentuh

Selain jasa penggantian dan harga touchscreen hp android yang tidak murah, penyebab layar sentuh android yang tidak merespon tidak selalu karena LCD HP rusak.

Di bawah ini merupakan beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab layar hp tidak bisa disentuh tersebut, diantaranya :

  • Layar sentuh hp android yang kotor
  • Penggunaan ram yang terlalu besar karena terlalu banyak menginstal aplikasi
  • HP layar sentuh pernah terjatuh dari jarak yang cukup tinggi
  • Layar tidak merespon setelah hp terendam air
  • Kondisi LCD HP sudah retak

Maka dari itu jika kondisi layar hp kamu seperti kejadian di atas, coba ikuti langkah - langkah berikut ini agar layar sentuh hp bisa merespon jika disentuh.

Solusi Layar Sentuh HP Tidak Bergerak Saat Disentuh


1. Bersihkan Layar HP

Jika layar sentuh hp km tidak berfungsi saat disentuh coba gunakan langkah termudah terlebih dahulu, yaitu dengan membersihkan layar ponsel tersebut.

HP android akan menjadi tidak normal meskipun jari kamu sudah menggeser - geser layar berulang kali apabila terdapat  kotoran yang menempel ataupun minyak dari sisa makanan pada lcd hp tersebut.

Maka dari itu solusinya adalah dengan cara membersihkan layar sentuh hp android kamu menggunakan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Pertama coba gunakan tisu atau kain yang sudah sedikit kamu basahi
  • Lalu gosok secara perlahan dan memutar pada bagian touchscreen hp km hingga bersih
  • Namun jika layar hp masih tidak bisa disentuh, coba lepas screen protector dan ulangi membersihkannya

Akan tetapi jika setelah kita membersihkan layar ponsel tersebut namun touchscreen masih tidak berfungsi, maka cobalah untuk menggunakan langkah ke kedua di bawah ini.


2. Periksa Pemakaian RAM HP Android

Kenapa saat layar ponsel tidak bisa disentuh harus melihat penggunaan RAM pada perangkat android ?

Hal ini dikarenakan ketika RAM penuh, seringkali sistem akan lebih tidak merespon. Misalnya saja, hp android blank / hang sehingga akan seperti touchscreen tidak berfungsi secara tiba - tiba.

Maka dari itu untuk mengatasi layar sentuh berhenti mendadak tersebut, bersihkan RAM menggunakan aplikasi seperti Clean Master atau Force Stop Aplikasi dengan cara sebagai berikut :

Buka menu setelah > pengaturan lainnya > pengelolaan aplikasi > pilh aplikasi > lalu pilih opsi "Paksa Berhenti"

3. Matikan Ponsel Beberapa Saat

Apabila aplikasi sudah kamu paksa berhenti namun layar hp masih saja error, cobalah untuk mematikan hp android beberapa saat.

Tujuan dari mematikan hp adalah untuk mendinginkan perangkat android tersebut yang mengalami panas berlebih.

Sebab terkadang permukaan layar tidak bisa berfungsi sebagain ketika suhu ponsel terlalu panas.

4. Pijat Layar HP

Memijat / menekan layar hp ini berfungsi untuk mengencangkan dari bagian layar hp yang mungkin sudah longgar karena sering terjatuh.

Caranyapun tidak sulit, kamu hanya perlu menekan layar dan casing saja.

Misalnya saja tekan menggunakan jari telunjuk dan jempol pada bagian layar yang tidak bisa disentuh tersebut dengan casing belakang hp.

baca juga : Tips Mudah Mengatasi Layar HP Blank Putih Tanpa Ganti LCD


5. Aktifkan Fitur Force GPU for 2D Drawing

Satu lagi yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang, layar sentuh error di hp android terkadang juga disebabkan karena sektor transisisinya yang buruk.

Oleh karena itu agar elemen antarmuka akan jauh lebih ringan daripada sebelumnya, kita perlu mengaktifkan fitur Force GPU Rendering.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur Force GPU Rendering tersebut ?

Untuk mengaktifkannya, kamu perlu masuk ke menu Developer Options terlebih dahulu dengan cara masuk ke menu Settings hp android kamu > About Phone > lalu ketuk Build Number hingga tujuh kali.

Setelah itu kembali lagi masuk ke menu Settings > Developer Options > klik Force GPU Rendering untuk mengkatifkan fitur tersebut.

6. Cek Kondisi Touchscreen HP

Mengecek kondisi layar hp bertujuan untuk memastikan apakah layar sentuh yang tidak bisa disentuh tersebut disebabkan karena kerusakan LCD atau dari software perangkat android yang kamu miliki.

Lalu bagaimana cara mengetahui kerusakan pada layar hp android tersebut ?

Pertama, kita bisa lihat secara visual. Apabila layar hp kamu tidak merespon saat disentuh, lihat apakah terdapat kerusakan seperti retak / pecah pada lcd ponselnya.

Jika memang layar lcd retak / pecah, pastikan juga apakah kerusakan ada pada layar atau hanya pada screen protectornya.

Kedua, gunakan bantuan aplikasi. Jika langkah pertama sudah kita pastikan namun layar hp android masih tidak merespon jika disentuh, maka coba unduh aplikasi untuk mengecek layar sentuh hp seperti Aplikasi Multitouch Tester.

baca juga : 5 Cara Mengatasi Layar HP Android Bergaris - Garis 

7. Kalibrasi Layar Sentuh

Apabila setelah kita memeriksa kerusakan layar dengan langkah ke 6 namun touchscreen android masih tidak berfungsi, tidak ada salahnya jika kamu coba lakukan kalibrasi layar sentuh hp android yang kamu miliki.

Biasanya di setiap HP touchscreen pasti memiliki pengaturan kalibrasi atau Calibiration. Cara mengkalibrasi layar sentuh hp android dapat kamu ikuti pada langkah di bawah ini :

cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh

  • Buka menu pilihan kalibrasi tersebut.
  • Lalu layar Anda akan mengalami blank putih, Nah jangan kaget gan karena memang harusnya seperti itu. tak berselang lama akn muncul tulisan "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi".
  • Klik tepat di titik kalibrasi, disitu akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan silahkan kamu ikuti petunjuk tersebut hingga proses selesai
  • Setelah itu touchscreen kamu akan normal kembali

8. Reset ke Pengaturan Awal

Apabila semua cara diatas belum bisa mengatasi kerusakan layar sentuh HP kamu, maka langkah terakhir yang perlu untuk kamu coba adalah dengan menggunakan cara mereset ulang android seperti dari pabrik.

Harapannya dengan melakukan Factory Reset tersebut, hp android dapat kembali ke pengaturan awal seperti saat kita membeli pertama kali.

9. Ganti Touchscreen HP 

Namun apabila setelah kamu melakukan factory reset hp android tersebut masih saja layar hp tidak bisa disentuh maka besar kemungkinan jika penyebab kerusakan ada pada layar sentuh / touchscreen hp android itu sendiri.

Oleh karena itu solusi yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengganti layar hp tersebut.

Jika kamu belum pernah mengganti layar lcd hp android, sebaiknya bawa ponsel yang kamu miliki ke service center terdekat.

Namun apabila kamu ingin mencoba menggantinya sendiri, kamu bisa membeli layar lcd pada marketpalce (bukalapak / tokopedia) dengan harga sekitar 300 ribu - 500 ribu sesuai dengan tipe hp yang kamu miliki tersebut.

baca juga :  
 

10. Layar sentuh tidak bisa digerakkan setelah hp terjatuh 


cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon


Apabila kondisi ponsel android yang terjatuh dari suatu ketinggian dan mendadak layar sentuh tidak berfungsi maka hal pertama yang perlu untuk kita pastikan adalah kondisi layar sentuh ponsel tersebut.

Pastikan LCD / touchscreen hp android tidak retak ataupun pecah karena jika kondisinya seperti itu maka kemungkinan terbesar untuk mengatasi masalah layar sentuh hp android tersebut kita harus mengganti layar sentuh perangkat android yang kita miliki.

Akan tetapi jika kondisi layar sentuh belum mengalami kerusakan maka kita bisa mengecek jalur layar sentuh hp android tersebut.

Bisa jadi tidak meresponnya layar sentuh terhadap sentuh tersebut terjadi karena socket konektor yang kendor akibat terjatuh.

Namun jika kita tidak mantap untuk melakukannya maka membawa ke tempat service adalah langkah yang tidak salah untuk kita lakukan.

11. Layar sentuh hp android tidak bisa disentuh setelah hp terendam air 


Seperti yang telah kami sampaikan pada ulasan di atas, untuk mengatasi hp android yang error setelah kemasukan air dapat kita atasi dengan bantuan beras.

Kejadian seperti ini pernah saya alami sendiri, yaitu saat HP Android teman saya pinjam, secara tidak sengaja saya masukan ke air.

Meskipun didalam air tapi layar HP nya masih nyala, padahal bukan Android tahan air.

Nah setelah itu langsung saya ambil dari bak air lalu saya matikan. Lalu berdasarkan ilham teman, saya diberi cara mengatasi hp layar sentuh kemasukan air dengan memasukannya ke wadah yang diberi beras ???

hp jatuh ke air touchscreen tidak berfungsi


Memang pertamanya saya tidak percaya namun setelah saya praktikan sendiri ternyata berhasil dan HP-nya bisa normal kembali meskipun beberapa menit saya tinggalkan berendam di dalam air.

baca juga :

Demikian postingan kami yang membahas tentang layar touchscreen tidak berfungsi sebagian / layar sentuh kurang sensitif.

Semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah tersebut, terima kasih.
LihatTutupKomentar