8 Cara Mengatasi Hp Layar Sentuh Berkedip Kedip

Layar hp berkedip - Bagaimana cara mengatasi layar sentuh berkedip di hp android ? Sebagai pengguna smartphone android, tentu kita pernah mengalami kejadian dimana layar hp berkedip saat digunakan.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa lcd hp yang berkedip merupakan tanda - tanda awal kerusakan pada touchscreen perangkat android yang kamu miliki.

Namun kamu tidak perlu cemas, selama kondisi layar dalam kondisi baik (tidak retak / pecah) kita bisa mengatasi layar hp yang sering berkedip sendiri tersebut tanpa harus pergi ke tempat service.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini TechnoEcho akan memberikan langkah - langkah untuk memperbaiki layar hp android yang berkedip dan bergaris tersebut.

Cara Mengatasi Layar HP Berkedip Kedip Saat Sedang Digunakan

Cara mengatasi layar hp android berkedip

Memang terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab layar hp android tidak berfungsi karena lcd hp sering kedap kedip tersebut.

Namun terkadang kita tidak mengetahui kenapa layar sentuh sering kedip kedip tersebut terjadi pada hp android yang kita miliki hanya karena pengaturan layar android yang tidak sesuai.

Penyebab Layar HP Berkedip di Android


Melihat infografis di bawah ini, pada layar hp super amoled memang memiliki banyak kelebihan yakni salah satunya adalah bisa dilihat dari sudut manapun dengan jelas.


Namun apakah pada hp android samsung yang sudah menggunakan layar super amoled tidak akan mengalami masalah kedap kedip pada layarnya tersebut ? Jawabnya, belum pasti.

Maka dari itu agar layar ponsel android kamu tidak berbayang, alangkah lebih baiknya jika kamu menghindari beberapa hal yang menjadi penyebab touchscreen hp android berkedip berikut ini :

  • HP Android terjatuh dari ketinggian
  • HP Android kemasukan air
  • Adanya virus pada perangkat android
  • Pengaturan layar yang kurang tepat
  • Menggunakan ponsel dalam keadaan dicas

Akan tetapi jika layar hp kamu sudah terlanjur berkedip dan muncul bayangan seperti garis - garis, di bawah ini adalah solusi yang dapat kamu kita aplikasikan pada beberapa ponsel android yang ada seperti xiaomi, oppo, vivo, advan, lenovo, asus dan juga samsung.

Cara Memperbaiki Layar HP Android Yang Kedap Kedip


1. Ajukan Garansi

Jika layar hp kamu berkedip setelah perangkat android dinyalakan langkah paling mudah yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengajukan garansi ke service center.

Hal ini perlu untuk kamu lakukan apabila masalah hp kedap kedip tersebut tidak dapat diperbaiki lewat sistem (software).

Namun perlu untuk kamu periksa terlebih dahulu masa garansi dari hp android yang kamu miliki sebelum membawanya ke service center resmi perangkat tersebut.

2.Masuk Ke Safe Mode

Safe mode merupakan langkah mengoperasikan ponsel android dalam kondisi hanya beberapa aplikasi - aplikasi sistem saja yang berjalan.

Hal ini bertujuan untuk memastikan layar hp yang selalu berkedip tersebut bukan dikarenakan kinerja RAm yang terlalu berat.

Untuk masuk ke safe mode hp android, kamu bisa ikuti beberapa langkah sebagai berikut :

  • Pertama tekan tombol Power sampai muncul menu
  • Setelah itu tekan opsi "Matikan Daya" dalam beberapa detik
  • Lalu secara otomatis akan muncul layar bar dan pilih saja opsi Reboot Ke Safe Mode

3. Nonaktifkan Kecerahan Adaptif (Otomatis)

Kecerahan layar akan berganti menjadi lampu luar ketika kamu menggunakan pilihan "otomatis adaptif kecerahan".

Terkadang kita akan menemukan keadaan dimana layar terlihat lebih terang dan lebih seperti berkedip yang dikarenakan pengaturan kecerahan adaptif yang dapat menutupi sensor fotometrik telepon.

cara mengatasi layar berkedip di hp android
seting layar hp berkedip

Maka dari itu kita dapat memperbaiki layar hp yang terlihat berkedip tersebut dengan cara merubah pengaturan adatif kecerahan, dengan langkah sebagai berikut :
  • Pertama - tama masuk ke menu Pengaturan 
  • Setelah itu cari pilihan menu Tampilan 
  • Kemudian masuk pada opsi Kecerahan
  • Langkah terakhir, kamu tinggal hapus centang di "otomatis adaptif kecerahan"

Jika kalian menggunakan hp samsung yang layar hp kedap kedip sendiri saat pengaturan kecerahan diredupkan, cobalah beberapa langkah dibawah ini.

Informasi ini telah di uji coba dan berhasil digunakan teman kami untuk mengatasi masalah layar berkedip pada hp android samsung J7.

Solusi Layar HP Berkedip Saat Kecerahan Rendah


Pertama kita gunakan mode luar ruangan di pengaturan kecerahan android, sebaiknya atur pada setingan 40% - 60% saja untuk menghindari masalah layar shadow di android

Setelah itu gunakan pengaturan tersebut selama 3 hari.

Namun jika mata kita terasa sakit karena kecerahan hp yang terlalu terang, coba instal Aplikasi Peredup Kecerahan HP  di playstore android. Disini teman kami menggunakan Aplikasi Blue Light Filter Pro

Jika 3 hari sudah terlewati maka coba redupkan layar hp dan liatlah hasilnya.

4. Jangan gunakan smartphone jika sudah panas

Selain kecerahan layar yang terlalu terang dapat membuat layar android berkedip, ternyata penggunaan ponsel dalam kondisi panas juga dapat membuat lcd ponsel android tersebut menjadi kedap kedip.

Oleh karena itu untuk menghindari masalah pada layar sentuh hp android yang kita miliki sebaiknya kita hindari terlebih dahulu untuk berhenti menggunakan hp android ketika perangkat sudah mulai panas, dengan maksud supaya tidak terjadi kerusakan pada layar sentuh hp android milik kita tersebut.

Jadi bagi anda yang hobi bermain game online sambil mengisi daya, mulailah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Hal ini dapat menjadi potensi munculnya masalah baru yaitu layar hp kedap kedip saat dicas.

5. Hindari untuk menginstal DU Speed Booster

Tentu kita sudah mengetahui kelebihan dari aplikasi DU Speed Booster yang berfungsi untuk dapat menghilangkan cache maupun data beserta file yang ada pada ponsel android yang kita miliki.

Dari beberapa sumber yang kami peroleh, layar sentuh ponsel android akan berkedip setelah kita menginstal aplikasi tersebut.

Untuk mengantisipasi masalah layar hp android berkedip kedip alangkah lebih baiknya untuk kita hindari terlebih dahulu penggunaan aplikasi tersebut supaya touchscreen atau layar android normal kembali dan tidak berkedip.

6. Pasang Anti Virus

Salah satu faktor yang menjadi penyebab layar berkedip di android adalah adanya infeksi virus di hp yang kita miliki.

Dengan adanya virus tersebut akan dapat membuat kerusakan pada sistem smartphone yang akan mengakibatkan layar hp android kerap kali berkedip.

Untuk itu cara mudah untuk mengatasi layar sentuh hp berkedip setengah pada hp android tersebut adalah dengan menginstal aplikasi anti virus agar dapat memindai virus yang ada.

Mengatasi Layar HP Berkedip
sumber : play.google.com

Salah satu aplikasi anti virus yang kami rekomendasikan sebagai cara mengatasi layar hp berkedip tersebut adalah 360 Security.

Salah satu kelebihan dari Antivirus ini ialah mampu mendeteksi dan memperbaiki kelemahan sistem serta membersihkan aplikasi pada latar belakang yang siaga sehingga dapat membantu menjalankan ponsel lebih efisien.

7. Masuk ke Opsi Pengembang

Perlu untuk kalian ketahui, Opsi Pengembang adalah opsi lanjutan dari pengaturan hp android yang didalamnya terdapat berbagai macam jenis setingan.

Namun untuk masuk ke opsi pengembang ini kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan opsi pengembang di hp android, kamu bisa lakukan dengan cara masuk ke menu pengaturan > masuk ke menu Tentang Ponsel > kemudian cari Nomer Bentukan dan ketuk opsi tersebut sebanyak 5 kali.

Tujuan kita masuk ke opsi pengembang tersebut adalah untuk menonaktifkan Overlay HW dengan maksud supaya layar HP menggunakan GPU saja hanya pada saat menampilkan gambar.

Nah, untuk mengatasi layar hp kedip kedip karena hardware tersebut kamu bisa ikuti langkah - langkah di bawah ini :

  • Pertama tama kita buka menu Pengaturan lalu masuk ke Opsi Pengembang
  • Setelah itu geser ke bawah untuk mencari kolom Rendering
  • Kemudian centang pada opsi Nonaktifkan Overlay HW 

8. Reset ke Setelan Pabrik

Langkah terakhir jika dari beberapa langkah di atas belum bisa membuat hp android kamu berhenti berkedip adalah dengan melakukan Factory Reset.

Terdapat kemungkinan layar hp yang berkedip tersebut dikarenakan sistem yang tidak stabil.

Dengan adanya bugs tersebut tentu akan membuat ponsel android sering macet sendiri dan mempengaruhi kinerja brightness menjadi tidak normal.

Untuk mereset hp android ke pengaturan awal, kamu bisa menggunakan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu setelan HP Android
  • Cari pilihan menu Cadangkan Dan Setel Ulang
  • Setelah itu temukan opsi Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik
  • Langkah berikutnya kamu ikuti saja panduan setelahnya
  • Kemudian tunggu beberapa saat, dan HP akan secara otomatis restart

Jika hp android sudah menyala lakukan pengecekan pada layarnya, apabila sudah tidak kedap kedip maka penyebab utamanya ada pada sistem yang error.

Kesimpulan

Pada intinya apabila kita mengalami masalah dimana layar hp android sering berkedip tersebut lakukan perbaikan pada bagian softwarenya terlebih dahulu.

Namun jika kondisi LCD hp android yang redup tersebut terjadi setelah ponsel android terjatuh maka sebaiknya cek pada bagian hardware.

Hal ini dikarenakan terjadinya masalah layar hp kedap kedip setelah terjatuh dapat dikarenakan socket fleksibel yang kendor.

baca juga : 

    Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja kita mengulas tentang masalah mengatasi layar hp android bergerak sendiri.

    Semoga artikel kami kali ini dapat membantu kita semua agar dapat memperbaiki permasalahan pada layar ponsel android yang kita miliki, sekian dan terima kasih ..
    LihatTutupKomentar