8 Langkah Mudah Atasi Fast Charging HP Android Tidak Berfungsi (Update)

Pengisian daya lambat - Bagaimana cara mengatasi fitur fast charging tidak berfungsi di hp android ?

Perlu untuk kamu ketahui bahwa masalah baterai yang di charge tapi lama penuh tentu sudah menjadi masalah yang sering terjadi pada semua ponsel android.

Melihat hal tersebut sekarang ini para vendor smartphone berlomba - lomba untuk mengeluarkan produk ponsel terbarunya yang mendukung teknologi fast charging, misalnya saja VOOC Flash Charge pada HP OPPO.

Dengan fitur quick charging tentu akan membuat pengisian daya baterai semakin cepat dan tidak perlu menunggu lama agar daya baterai hp android terisi penuh 100 %.

Cara Mudah Memperbaiki Fast Charging HP Android Yang Rusak


cara mengatasi fast charging hp android tidak berfungsi

Mungkin bagi kamu yang sudah menggunakan ponsel android seperti Samsung Galaxy S8, Asus ZenFone 3, Vivo V3, ataupun Xiaomi Redmi Note 5 tentu bisa merasakan baterai hp yang terisi full hanya membutuhkan 1 - 2 jam waktu charging / saat di cas.

Lantas bagaimana cara mengatasi fast charging hp android yang tidak berfungsi tersebut ?

Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan TechnoEcho secara lengkap di bawah ini.

8 Cara Mengatasi HP Android Fast Charging Yang Dicas Lama Penuh


1. Aktifkan Fitur Fast Charging


Langkah pertama yang perlu kita lakukan ketika hp android fast charging baterai lama penuh saat di cas adalah dengan memastikan pengaturan pengisian cepat sudah diaktifkan.

Untuk mengaktifkan fitur fast charging tersebut, kita hanya perlu masuk ke menu pengaturan kemudian cari opsi Pengaturan Baterai dan nyalakan Pengisian Cepat.


2. Matikan Layar HP Android


Perlu untuk kamu ketahui bahwa fitur "pengisian cepat" tidak akan dapat digunakan ketika layar dihidupkan, misalnya saja pada Samsung S6 Edge Plus.

cara mengatasi fast charging hp android tidak berfungsi

Selain itu mengisi daya hp android dalam kondisi layar mati dapat meningkatkan kecepatan charging secara substansial.

Oleh karena itu jika hp fast charging tidak bisa bekerja secara optimal ketika sedang diisi dayanya, cobalah untuk mematikan layar ponsel dan jika perlu matikan daya agar lebih efisien.

3. Mode Pesawat


Sebenarnya langkah ketiga ini dapat dilakukan apabila kamu tidak ingin mengecas hp android dalam kondisi daya mati.

Dengan mengaktifkan Mode Pesawat pada ponsel yang kalian miliki tersebut dapat mencegah semua aktivitas koneksi nirkabel sehingga pengisian daya baterai akan lebih cepat.


4.  Beralih Ke Mode Tidur


Apabila kamu pengguna HP Samsung Seri S, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan baterai dengan cara mengaktifkan fitur Smart Manager.

Fitur tersebut tidak jauh berbeda dengan Mode Pesawat pada hp android lainnya, yakni yang pada intinya akan mengalihkan telepon ke mode tidur.

Untuk menghemat baterai yang baik ketika telepon tidak digunakan melalui fitur Smart Manager tersebut dapat kita lakukan dengan cara buka Aplikasi Smart Manager > lalu tekan baterai untuk mengoptimalkan penggunaannya.

5. Cek Kondisi Kabel Charger HP


Pastikan kondisi kabel USB atau kabel data dari kepala charger ke ponsel android dalam kondisi yang baik. Terdapat kemungkinan kabel sudah dalam keadaan tidak optimal lagi karena umur pakai ataupun terlalu sering menggulung kabel.

Sering kali pada bagian micro usb atau colokan yang melekat pada smartphone yang menjadi masalah. Untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana cara kerja hp fast charging sebagai berikut :

Cara Kerja Fitur Quick Charging

Pada dasarnya proses pengisian daya baterai hp android dapat cepat terisi penuh bersumber pada input charger. Dengan input charger yang besar akan mampu ngecas hp dengan cepat hanya dalam kurun waktu 2 - 3 jam saja, meskipun persentase daya baterai mulai dari 0% hingga 80% - 100%.

Berikut ini beberapa merek charger yang memiliki ampere besar sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya baterai hp android dengan cepat, diantaranya :

  • Samsung Adaptive Fast Charging dari Samsung perkembangan dari Quick Charge
  • Quick Charge 3.0 dari Qualcomm
  • Quick Charge 4.0/4.0+ dari Qualcomm
  • Dash Charge dari OnePlus
  • OPPO VOOC dari Oppo
  • Pump Express dari Mediatek
  • Turbo Power dari Motorola

Sebelum kita mulai membahas tentang teknologi fast charging hp android tidak berfungsi ini perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu bahwa penyebab fast charging hp android error dibagi menjadi 2 hal.

Penyebab yang pertama adalah karena kerusakan pada sistem dan yang kedua berasal dari masalah pada charger hp android itu sendiri (adaptor, kabel, usb).


6. Ganti Kabel Data Dengan Yang Baru



cara mengatasi fast charging hp android tidak berfungsi


Untuk memastikan jika penyebab fast charging hp andoid tidak berfungsi karena kabel data yang sudah tidak optimal lagi, kita dapat menggantinya dengan kabel data yang lain terlebih dahulu.

Namun sebelum mengganti kabel charger kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan cara menggunakan aplikasi ampere.

Jika setelah pada aplikasi tersebut hanya tertampil 300 mAh - 500 mAh maka terdapat kemungkinan penyebabnya berasal dari kabel charger tersebut.

Catatan :
  • Tetapi agar fitur Fast Charging tetap dapat bekerja sempurna meskipun berganti kabel, maka kita perlu memastikan bahwa kabel data yang baru tersebut telah mendukung arus 2A.

7. Factory Reset


Jika kita sudah melakukan pengecekan terhadap hardware smartphone namun hasilnya fast charging android masih tidak berfungsi maka ada kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem software androidnya.

Oleh karena itu kita dapat mengatasinya dengan melakukan factory reset, namun sebelum kita mengatur ulang ponsel android ke pengaturan pabrik sebaiknya kita melakukan backup agar data yang ada tidak akan hilang.


8. HP Android Belum Terdapat Fitur Fast Charging


Untuk mengetahui hp support fast charging atau tidak sebenarnya dapat kamu lakukan, yakni dengan cara melihat pada tampilan layar kunci hp android ketika dalam kondisi di cas / di harge.

Akan tertampil di bawah beberapa notifikasi terdapat teks yang bertuliskan quick charging dan pemberitahuan kapasitas baterai serta durasi pengisian baterai sampai penuh yang menandakan fitur fast charging sedang berjalan normal.

Contoh tampilan quick charging hp android berfungsi

cara cek fast charging berfungsi atau tidak

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja mengulas tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi hp di cas tidak mengisi pada ponsel android dengan fitur fast charging tersebut.

Semoga postingan kami ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.
LihatTutupKomentar