[Panduan Lengkap] Mengatasi HP Di Cas Tapi Baterai Malah Berkurang

Dicas Malah Berkurang - Bagaimana cara mengatasi baterai yang dicas tapi tidak mengisi pada smartphone android yang kita miliki ? Kerusakan pada port charger ataupun baterai hp android sering kali dijadikan sumber penyebab hp tidak bisa dicas oleh sebagian pengguna android.

Padahal perlu untuk kita ketahui bahwa terdapat banyak sekali alasan kenapa hp dicas malah berkurang dayanya. Dimana hp di charge masuk tapi daya tidak bertambah dan justru malah berkurang ini bisa dikarenakan kerusakan software ataupun hardware.

Jika ponsel dicas tidak penuh penuh, adakah suatu cara untuk mengisi baterai android agar cepat penuh ?

Maka dari itu baterai tidak mau bertambah menjadi 100% saat di charge, penyebab hp di cas berkurang dan solusi hp di cas malah berkurang ada topik pembahasan kita kali ini.

Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan TechnoEcho secara lengkap mengenai penyebab baterai HP yang tidak bisa penuh saat di cas  di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai Android Dicas Malah Berkurang 

cara mengatasi hp di cas tapi baterai malah berkurang

Namun sebelum kita mulai mengulas lebih jauh akan hp dicas lama penuh dan saat charger di lepas malah baterai 0% terus, alangkah lebih baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu penyebab baterai hp tidak bisa di charge dalam keadaan hidup tersebut.

Agar lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh sebagai berikut ini.

baca juga :

Penyebab HP Di Charge Tapi Daya Baterai Malah Berkurang


Memang terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab baterai hp android di cas malah berkurang.

Cara Mengatasi HP Dicas Malah Berkurang

Namun dari beberapa faktor tersebut, di bawah ini adalah yang paling sering terjadi :
  • Kerusakan komponen, misalnya saja IC Charger
  • Sistem error, misalnya saja indikator baterai tidak sesuai (status baterai 80% tapi saat di charge berkurang menjadi 50%)
  • Sering menggulung kabel charger
  • Tidak mencabut charger pada saat tidak digunakan
  • ataupun kerusakan pada baterai hp androidnya sendiri

Walaupun sering kali hp tidak bisa penuh saat di cas dipengaruhi oleh beberapa faktor di atas, kamu juga perlu memperhatikan sumber listrik yang digunakan untuk melakukan pengisian daya.Sebab stop kontak yang tidak bagus juga bisa menjadi penyebab hp tidak bisa ngecas.

Meskipun terlihat mudah cara memperbaiki baterai hp yang tidak bisa penuh saat di cas ini dapat kita aplikasikan pada semua tipe smartphone android seperti hp android samsung, xiaomi, asus, advan, lenovo, andromax oppo, vivo dan hp android lainnya.

Maka dari itu jika kalian mengalami masalah seperti itu, di bawah ini akan kami berikan panduan secara lengkap untuk mengatasi baterai hp android yang di charge tapi tidak bisa penuh.

Cara Mengatasi Baterai HP Android Yang Di Charge Tapi Tidak Bisa Penuh


1. Matikan Daya Hp Android

hp di charge malah berkurang

Langkah termudah yang pertama kali dapat dilakukan apabila tiba - tiba hp kamu tidak bisa mengisi daya adalah dengan merestart perangkat android tersebut.

Restart hp ini bertujuan untuk mereferesh sistem dari kinerja yang kita berikan selama handphone tersebut hidup.

Mengapa demikian ? Beban CPU akan secara otomatis menjadi berat ketika kita terlalu sering melakukan aktivitas multitasking sehingga konsumsi daya akan lebih cenderung lebih tinggi.

Akibatnya, meskipun kamu menghubungkan kabel pengisian daya ke ponsel android biasanya baterai hp akan lama terisi penuh ataupun daya baterai tidak bertambah.

baca juga : 5 Cara Mengatasi HP OPPO Tidak Bisa Hidup Hanya Muncul Logo Saja

2. Gunakan Charger Yang Sesuai


Perlu kalian ketahui bahwa penggunaan adaptor charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi baterai android dapat membuat daya baterai hp semakin berkurang saat di charge.

Hal ini dikarenakan setiap adaptor charger memiliki output yang berbeda - beda.

Maka dari itu jika ampere yang dihasilkan oleh adaptor charger tidak sesuai dengan kapasitas baterai justru malah dapat berakibat voltase baterai hp menjadi ngedrop.

Jika sudah seperti itu, meskipun hp android kamu charge lama hingga berjam - jam biasanya daya baterai malah menjadi berkurang.

Agar kalian tahu seperti apa charger yang baik buat ponsel android kita, kami sudah berikan panduannya secara lengkap pada video di bawah ini.


3. Coba Ganti Kabel Charger



hp di cas tidak bertambah karena kabel usb rusak

Jika kamu sudah mengikuti saran untuk menggunakan adaptor charger yang baik seperti video di atas tapi hp masih tidak mau di cas maka coba cek dahulu kondisi kabel chargernya.

Tidak menutup kemungkinan hp yang dicas tapi daya tidak bisa masuk itu terjadi karena masalah pada kabel usb charger tersebut.

Biasanya penyebab kabel charger hp android rusak itu dikarenakan :
  • Kabel USB ada yang bocor atau putus dari dalam
  • Terlalu sering menggulung kabel ke kepala charger dengan sangat kuat
  • Ujung kabel USB kotor
  • Kualitas dari tembaga kabel itu sendiri, biasanya ini terjadi pada kabel usb yang tidak ori

Maka dari itu jika ponsel android masih saja berkurang saat di cas, cobalah untuk membersihkan ujung kabel charger hp atau langsung saja untuk mengganti kabel chargernya.

baca juga : Solusi Indikator Baterai Xiaomi Hidup Tapi Daya Tidak Bertambah

4. Bersihkan Port USB HP Jika Kotor


Tidak hanya membuat baterai hp di charge semakin berkurang, port usb yang kotor juga bisa menjadi penyebab hp tidak bisa ngecas.

cara mengatasi hp dicas malah berkurang


Sebenarnya langkah yang satu ini sudah pernah kami informasikan pada postingan mengenai Langkah Tepat Pada HP Tidak Bisa Di Cas Setelah Kena Air, namun pada pertemuan ini akan kami sampaikan kembali ulasan tersebut.

Cara membersihkan port usb charger hp android, diantaranya :
  1. Langkah pertama adalah dengan membersihkan port usb charger hp android
  2. Solusi baterai android yang tidak bisa dicas adalah cukup keluarkan baterai dari hp android kamu dan gunakan tusuk gigi / lidi untuk mendorong port USB kedalam
  3. Setelah kita melakukan cara ini, kemungkinan besar dapat mengatasi permasalah hp android yang tidak bisa nge-charge baterai
  4. Hal ini terjadi karena mungkin bahwa port USB dari perangkat android yang kita miliki tidak sepenuhnya terhubung dengan charger USB

Langkah ini perlu untuk kita lakukan karena hp android yang tidak bisa di cas tersebut dapat dikarenakan konektor charger yang kendor.

5. Kalibrasi Baterai HP


Banyak situs di yang merekomendasikan untuk melakukan kalibrasi baterai hp saat kamu mencari sebuah cara mengatasi baterai android yang tidak bisa penuh saat dicas.
penyebab baterai berkurang saat di charge

Padahal perlu untuk kalian ketahui bahwa kalibrasi baterai hp itu sebenarnya hanya sebuah cara agar pembacaan indikator baterai normal kembali.

Bukan untuk membuat baterai tahan lama ataupun mengatasi baterai hp yang gampang ngedrop.

Contoh kasus seperti ini, misalnya :

Hp android sudah kamu cas hingga penuh full 100% tapi tiba tiba ngedrop menjadi 40%.

Setelah kamu hubungkan ke pengisian daya, baterai hp menjadi 80% dan tidak lama kemudian indikator baterai berkurang menjadi 25% saat di cas tersebut.

Jika masalah yang sedang kamu hadapi saat ini seperti itu maka langkah untuk mengkalibrasi baterai hp adalah solusi yang tepat.

6. Ganti Baterai Hp Android


Perlu untuk kalian ketahui, biasanya umur pakai baterai hp akan dalam kondisi normal dalam kurun waktu 2 - 3 tahun.

Setelah itu, masalah seputar baterai hp android akan mulai bermunculan.

Hal ini dikarenakan penggunaan aplikasi di ponsel android akan bertambah setiap kali ada aplikasi yang menarik.

Selain itu, update dari aplikasi - aplikasi yang ada pada hp android tentu akan membuat kapasitas memori semakin besar.

Dengan begitu ponsel akan bekerja lebih keras sehingga konsumsi daya baterai akan cepat habis.



Dan seperti yang telah kami sampaikan pada ulasan sebelumnya, penggunaan charger yang tidak sesuai ataupun kebiasaan mengisi daya saat baterai kosong akan membuat voltase baterai menjadi ngedrop.

Jika seperti maka untuk mengatasi hp di cas malah mati total tersebut solusinya adalah dengan mengganti baterai hp baru atau melakukan kejut baterai seperti yang telah kami sampaikan pada postingan sebelum ini.

7. IC Charger


Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan tapi baterai hp masih berkurang terus saat di charge, maka terdapat kemungkinan masalah yang kamu alami ini karena masalah pada komponen IC hp android yang rusak.

Komponen IC pada hp android ini bisa terjadi pada IC Charger, IC Power dan juga Jalur Charger.

Nah apabila memang seperti itu alangkah lebih baiknya jika kamu bawa saja ke service center terdekat untuk langkah perbaikan yang lebih lanjut.

Namun jika kamu ingin mencoba memperbaiki masalah hp di cas tidak penuh penuh tersebut sendiri tanpa harus pergi ke tempat service, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri - ciri IC HP Android yang rusak.

7.1 Ciri - Ciri Kerusakan Pada IC HP Android

1. Ciri - ciri kerusakan IC Charging di hp android

Berikut ini adalah beberapa tanda - tanda hp android yang mengalami kerusakan pada IC Charging, diantaranya :

  • HP tidak bisa charge
  • Sering muncul notifikasi pengisian daya gagal saat proses charging
  • Baterai hp tidak bertambah meskipun di charge berjam - jam
  • Drop baterai, jika terjadi koslet pada IC Charging, maka Charge sangat lama tapi tidak mengisi pada baterai
  • HP di cas tapi baterai malah berkurang

2.  Ciri - ciri kerusakan IC Power di hp android

Berikut ini adalah beberapa tanda - tanda hp android yang mengalami kerusakan pada IC Power Baterai, diantaranya :

  • HP sering mati sendiri padahal daya batarai belum 0% dan apabila dihidupkan baterai menjadi 100%
  • Hp android mati total jika charger di lepas / di cabut
  • HP android tidak bisa hidup jika tidak tersambung dengan pengisian daya

3. Ciri - ciri kerusakan Jalur Charger di hp android

Berikut ini adalah beberapa tanda - tanda hp android yang mengalami kerusakan pada Jalur Charger, diantaranya :

  • Untuk mencapai pengisian daya 100%, hp harus di cas lama berjam - jam
  • Stuck atau mentok di x% ketika dicharge tidak mau bertambah lagi
  • Indikator HP saat dicas tidak muncul dan persentase baterai tidak bertambah
  • Ketika di cas kadang bertambah dan sangat lama sekali kadang berkurang

7.2 Cara Mengatasi HP Di Cas Tapi Malah Berkurang Karena IC Cahrger Rusak

Untuk mengatasi kerusakan IC (Integrated Circuit) pada hp android tersebut sebenarnya dapat kita atasi dengan melakukan jumper pada kaki dioda dengan konektor baterai jika kerusakan pada Jalur Charger dan ganti IC Charger jika kerusakan pada IC Charger.

cara mengatasi hp tidak bisa di cas karena charger hp rusak

Namun saran kami jika anda mengalami masalah persentase baterai hp yang tidak mau bertambah dan malah kadang berkurang tersebut, sebaiknya lakukan dengan penggantian komponen dari IC (Integrated Circuit) yang mengalami kerusakan.

Hal ini dikarenakan dengan melakukan penggantian part IC (Integrated Circuit) akan lebih aman jika dibandingkan dengan melakukan perbaikan dengan proses jumper. Dan bagi anda yang belum pernah melakukan perbaikan hardware, sebaiknya bawa smartphone anda ke service center terdekat.

7.3 Harga IC Charger HP Android

Harga IC charger sendiri cukup variatif mulai dari 50 ribu sampai dengan 100 ribu, tergantung dari tipe ponsel android itu sendiri.

7.4 Masalah Yang Sering Terjadi Saat Proses Perbaikan Baterai HP Tidak Bertambah

Akan tetapi sering kali ketika kita sedang akan mencoba memperbaiki masalah hp dicas tapi tidak mengisi tersebut biasanya akan muncul beberapa masalah - masalah lainnya.

Untuk mengantisipasinya, di bawah ini akan kami beritahukan beberapa problem dan solusi untuk mengatasinya.

1. Indikator berjalan saat di cas tapi baterai hp tidak bertambah
  • Jika pada layar muncul pesan "Not Charging"atau saat melakukan isi ulang (charging) ada indikator berjalan tapi baterai hp android tidak bertambah, atau juga mengisi ulang (charging) tetapi indikator baterai hp android diam saja maka bisa dipastikan terdapat kerusakan pada IC  Chargernya, maka sebaiknya gantilah IC Chargernya dengan yang baru

2. Indikator baterai tetap menyala walau hp tidak di charge
  • Ponsel selesai isi ulang setelah full 100% akan tetapi indikator pengisian tetep jalan terus maka terdapat kemungkinan adanya kerusakan pada IC Powernya oleh karena itu gantilah yang baru

3. HP android tidak di cas tapi lampu indikator menyala
  • Handphone tidak sedang dicas, tetapi indikator batre jalan terus berarti software (SW) yang rusak. Oleh karena itu lakukan program ulang (flash) dengan versi yang lama.

4. Hp android mati sendiri saat di cas
  • Ponsel setiap mau dicharge selalu mati maka IC Charge atau IC Powernya rusak, maka dari itu lakukan pengecekan dan pengetesan pada kedua IC tersebut. Jika memang terdapat kerusakan alangkah lebih baiknya jika kita ganti dengan yang baru

5. HP android nyetrum saat sedang di cas / di charge
  • Setelah mengisi ulang (charger) ponsel dengan charger, terdapat kebocoran listrik sebelum tombol power on ditekan. Setelah ditekan tidak mau nyala, dan itu bisa disebabkan ada kebocoran pada kapasitas power supply, sasarannya tetap IC power, IC UI, IC PA yang terhubung dengan tegangan batteray VBATT. 
  • Unit unit yang rusak dan sering menimbulkan masalah adalah IC Power, IC UI. Hal ini dikarenakan IC Power merupakan BGA yaitu IC yang terintregasi maka metodenya dengan melepas IC UI, kemudian mengisi ulang (charge) kembali ponsel. Perhatikan apa ada kebocoran listrik, jika tidak IC UI yang rusak. 
  • Jika ada berarti IC Power yang rusak maka solusinya adalah dengan mengganti IC yang rusak tersebut

6. HP android tidak bisa hidup setelah di cas dalam keadaan mati
  • Kita mengisi ulang (charge) ponsel, kemudian tekan tombol ON. Akan tetapi ponsel tidak nyala, tidak ada arus listrik yang masuk ke ponsel. Maka lakukan pengecekan pada R224 jika kedua ujung tidak memiliki tegangan VBAT 3,2V itu artinya IC Power rusak atau penyolderan yang kurang baik pada IC Power. 
  • Dan alangkah lebih baiknya gantilah IC Power yang rusak atau lakukan penyolderan ulang

Kesimpulan

Jadi pada intinya hal terpenting yang perlu untuk kita pastikan ketika hp android di cas persentase malah turun ada pada charger, kabel data dan juga baterai.

Namun apabila setelah hp android di cas sudah 80% ataupun 99% tiba - tiba ngedrop menjadi 5% maka untuk memperbaiki baterai hp yang cepat habis tersebut diperlukan adanya Kalibrasi Baterai.

Dengan kata lain, kalibrasi baterai hp android berfungsi untuk memperbaiki pembacaan daya baterai yang tidak valid / tidak normal. Selain itu, pastikan saat proses pengisian daya baterai pastikan :
  • Tidak menggunakan smartphone android untuk browsing, chatting ataupun gaming saat di cas
  • Hindari untuk menginstal aplikasi yang membuat hp android bekerja lebih berat
  • Sesekali matikan ponsel saat pengisian daya berlangsung, minimal 1 minggu sekali

Demikian pembahasan kenapa hp dicas malah berkurang kali ini dan apabila kita kurang memiliki kerpercayaan diri untuk mengatasinya sendiri alangkah lebih baiknya jika kita membawa ponsel tersebut ke service center terdekat.

Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih ..
    LihatTutupKomentar