Solusi Hp Android Yang Tidak Terbaca Di PC Laptop

Hp android tidak bisa terhubung ke pc - Bagaimana cara mengatasi hp android yang tidak dapat terbaca di laptop ataupun perangkat komputer ? Bagi pengguna smartphone android tentu kita pernah mengalami kejadian dimana sambungan USB yang tidak terdeteksi atau terbaca di komputer. Tentu masalah penambatan usb tidak tersambung tersebut akan sangat menggangu kita ketika akan mencoba menghubungkan ponsel android yang kita miliki pada sebuah laptop maupun PC. Dengan tidak tersambungnya hp android pada laptop tersebut meskipun kabel data sudah terpasang tentu akan menjadikan kita kesulitan ketika akan mentransfer file foto, video ataupun musik.

Banyak faktor yang membuat hp android tidak bisa mengirim gambar foto maupun video pada laptop namun perlu untuk kita ketahui bahwa cara agar usb terbaca di komputer sebenarnya tidaklah begitu sulit. Dan pada dasarnya penyebab ponsel android tidak terbaca di laptop sering kali terjadi karena adanya masalah baik itu pada kabel data ataupun port usb komputer yang sudah rusak, salah pengaturan ataupun driver komputer tidak kompatibel dengan usb ponsel android yang kita miliki. Lantas bagaimana cara menyambungkan hp ke laptop apabila penambatan usb android tidak bisa terdeteksi tersebut ? Meskipun dengan fitur bluetooth kita bisa transfer file dari hp ke komputer namun cara memindahkan foto dari hp ke laptop menggunakan kabel data adalah cara tercepat jika ukuran file yang dikirim tergolong besar.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini TechnoEcho akan mencoba memberikan solusi jika kita mengalami masalah sambungan usb hp android tidak terbaca di laptop yang kita miliki tersebut. Kita tidak perlu resah akan penambatan usb tidak tersambung di hp android yang kita miliki karena masalah uasb tidak terdeteksi di windows juga dialami oleh banyak tipe smartphone android seperti xiaomi, oppo, vivo bahkan hp android samsung sekalipun. Akan tetapi jika hp android tidak dapat terlihat di laptop terjadi pada diri kita hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memastikan kabel data yang kita gunakan dan port usb laptop / PC dalam kondisi baik. Agar lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara memindahkan file dari hp ke laptop dengan kabel data yang sambungan usbnya tidak dapat terbaca secara lengkap di bawah ini.

Solusi Hp Android Yang Tidak Terbaca Di PC Laptop

solusi perangkat android yang tidak terbaca di komputer

Sebagai orang awam tentu kenapa perangkat android tidak dapat terbaca di komputer atau laptop menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu pada ulasan dibawah ini, kami akan beritahukan beberapa penyebab dan cara mengatasi sambungan kabel data hp android tidak bisa masuk di laptop ataupun perangkat komputer.

Penyebab hp android tidak terdeteksi di laptop PC windows

1. MTP android tidak terbaca

Terdapat dua buah cara untuk menghubungkan hp android dengan laptop ataupun PC yaitu dengan mode MTP dan juga PTP. MTP merupakan suatu cara transfer file dari smartphone android ke PC yang baik itu berupa foto, video maupun musik sedangkan PTP hanya untuk mengirim foto saja. Akan tetapi apabila kita menjumpai kejadian disaat kabel usb dihubungkan namun perangkat android tetap tidak terdeteksi sering kali disebabkan karena tidak aktifnya mode koneksi USB pada hp android yang kita miliki. Oleh karena itu langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan memastikan sudah mengaktifkan perangkat media (MTP) di ponsel android yang kita miliki.

2. Kondisi kabel USB Yang kurang baik

Apabila kita sudah mengaktifkan mtp di hp android agar usb terbaca di komputer namun masih saja usb android tidak bisa connect ke pc maka terdapat kemungkinan bahwa penambatan usb tidak tersambung tersebut berasal dari kabel data yang kita gunakan. Untuk itu perlu kita lakukan pemeriksaan pada kondisi kabel data yang kita gunakan meskipun kabel charger biasa sekalipun.

3. Pemasangan kabel data yang tidak kencang

Bagaimana cara menyambung kabel usb dengan kabel charger biasa ? Cara menyambung kabel data yang kurang tepat, mungkin sedikit longgar dapat menjadi penyebab "usb device not recognized windows" selanjutnya.

4. Port usb komputer atau laptop rusak
usb android tidak bisa connect ke pc

Namun apabila Mode USB di hp android sudah kita aktifkan dan kemudian kondisi kabel data yang kita gunakan juga sudah kita pastikan dalam keadaan baik dan kencang namun tetap saja perangkat android yang tidak terbaca di PC laptop maka kita dapat mencurigai pada port usb komputer ataupun hp android sudah mulai aus atau rusak.

5. Driver HP Android tidak dikenal

Driver merupakan salah satu software yang berfungsi untuk mendeteksi perangkat keras yang terhubung ke komputer. Sebenarnya driver untuk berbagai merk hp android secara otomatis sudah langsung terinstal ketika windows diinstal, perlu untuk kita ketahui bahwa untuk versi window saat ini win7, windows 8 dan varian windows terbaru lainnya, driver sudah menjadi satu paket.

Akan tetapi terkadang tanpa kita sadari file - file sistem driver terhapus karena pc ataupun laptop terserang virus sehingga mengakibatkan usb dari hp android anda tidak terbaca oleh komputer.

baca juga :

Cara memperbaiki sambungan usb hp android tidak terlihat di laptop dan komputer


1. Pastikan USB Dalam Keadaan Baik / Tidak Rusak

Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan dalam menghadapi masalah menyambungkan hp ke laptop selalu gagal karena tidak terbaca maupun terdeteksi adalah dengan memastikan kabel data yang kita gunakan masih dalam berfungsi dengan baik. Untuk memastikan kabel data yang kita gunakan berfungsi dengan baik atau tidak, kita dapat lakukan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Pertama hubungkan ponsel ke pc, lihat apakah muncul pemberitahuan atau notifikasi pada layar ponsel android yang kita miliki 
  • Jika pemberitahuan tidak muncul maka kabel data yang kita gunakan rusak atau tidak cocok dengan ponsel tersebut, biasanya kabel usb seperti ini hanya bisa digunakan untuk charging atau hanya mengisi daya saja dan tidak dapat digunakan untuk transfer file
  • Pastikan untuk menggunakan kabel original (asli) bawaan smartphone android yang kita miliki. Jika kabelnya sudah rusak atau hilang, kita bisa membelinya atau meminjam kabel data milik teman yang memiliki tipe hp android yang sama dengan milik kita

2. Pastikan Driver USB Sudah Terinstall Di Laptop / PC

Untuk mengetahui driver USB sudah terinstall pada komputer yang kita miliki, dapat kita pastikan melalui Device manager di windows. Untuk masuk pada Device manager di windows, dapat kita lakukan dengan cara berikut :
  • klik Start >> Klik kanan pada Computer >> Properties >> Device Manager
Setelah itu akan tampil layar Device manager pada laptop yang kita miliki kemudian cek driver sudah terinstall dengan benar pada Universal Serial Bus controllers dengan tampilan seperti di bawah ini :
cara mengatasi perangkat android yang tidak terbaca di komputer

3. Mengatur Android ke Mode File Transfer (MTP)

Cara mengaktifkan mtp di hp android merupakan hal yang paling sering di lupakan oleh para pengguna smartphone saat akan menghubungkan smartphone yang dimilikinya ke laptop atau komputer. Saat kita menyambungkan perangkat android ke komputer akan di setting ke mode USB digunakan sebagai Charging, maka ponsel yang sudah tersambung hanya sebagai pengisi daya saja, tidak bisa digunakan untuk mengirim file dari komputer ke hp android yang kita miliki tersebut.

Jika memang kejadiaannya memang seperti tersebut maka kita hanya perlu mengganti pada pengaturan ponsel Anda ke mode File Transfer atau Perangkat Media (MTP). Untuk mengaktifkan MTP di hp android dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Pertama - tama sambungkan hp android ke PC laptop
  • Setelah terdeteksi, biasanya akan muncul pemberitahuan "USB for Charging" pada status bar layar ponsel android tersebut. Sentuh notifikasi tersebut untuk mengubahnya atau dapat juga dengan masuk pada menu Settings >> Storage & USB
  • Langkah selanjutnya pilih File Transfers. (lihat pada gambar dibawah ini)
    cara mengaktifkan mtp di android
  • Kemudian kita coba periksa pada komputer windows untuk memastikan sambungan usb hp android sudah terdeteksi atau belum. Klik Start >> Computer lihat pada bagian Portable Devices, maka ponsel android yang kita miliki seharusnya sudah terbaca di komputer Anda. Kini kamu sudah bisa mengirim file dari komputer ke ponsel Android Anda.

4. Instal Android USB Device Drivers Untuk Semua Merek Ponsel

Apabila semua cara diatas belum memberikan hasil akan sambungan ucb hp android yang belum terlihat di laptop, maka terdapat kemungkinan bahwa masalah yang menyebabkan usb android tidak terdeteksi karena driver android yang tidak kompatibel dengan windows. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah hp android tidak bisa dikoneksikan ke laptop tersebut dapat kita lakukan dengan cara menginstall USB Device Drivers. Untuk mendapatkan USB Device Drivers dengan tipe smartphone android seperti samsung galaxy, HTC, motorola, google nexus, lg, sony dan yang lainnya kita dapat mengunduhnya melalui link berikut : http://www.techverse.net/download-android-usb-driver-samsung-lg-sony-htc-google-motorola/


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara transfer file dari pc ke android yang selalu gagal dengan menggunakan kabel data. Semoga cara diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar