Cara Menggunakan Modem Mifi Smartfren | Panduan Lengkap

Cara menggunakan modem mifi smartfren - Tahukah anda bagaimana cara menggunakan modem mifi smartfren andromax 4G LTE ? Tidak sedikit orang yang bertanya akan apa itu mifi smartfren jika kita membicarakan modem 4g buatan andromax smartfren tersebut. Mobile Wi-Fi atau yang sering disebut dengan mifi merupakan sebuah perangkat wireless router yang berfungsi sebagai hotspot wifi. Semakin berkembangnya teknologi yang gencar akan mempromosikan jaringan 4g, pihak smartfren nampak tidak ingin tertinggal dari penyedia layanan jaringan lainnya. Ini dapat terlihat dari yang dulunya sinyal smartfren menggunakan edvo rev-A dan rev-B kini mulai beralih menggunakan sinyal di jaringan 4G LTE yang terdapat pada setiap smartphone dan produk terbarunya mifi smartfren 4g lte.

Mungkin bagi anda yang baru mendengar akan modem andromax atau baru saja menggunakan smartfren sebagai smartphone, perlu untuk anda ketahui bahwa pihak smartfren mengeluarkan piranti terbaru berupa sebuah modem mifi 4g. Tipe modem andromax ini juga memiliki berbagai varian, contoh yang sudah ada dipasaran sekarang ini seperti modem wifi smartfren m2y, modem mifi smartfren m2s, modem mifi smartfren m2p, modem mifi smartfren m3y, dan modem mifi smartfren m3z. Lalu bagaimana cara mengaktifkan andromax m3z atau modem mifi smartfren m2y tersebut ? Kelebihan dari mifi smartfren ini adalah sebagai wifi hotspot yang cara kerjanya dapat memberikan sinyal 4g meskipun pada hp android yang masih mendukung sinyal 3g.

Tidak hanya dapat digunakan pada hp android 3g saja melainkan jika kita menggunakan mifi lte smartfren juga dapat dikoneksikan pada perangkat smartphone lainnya dan juga tablet, laptop maupun perangkat komputer. Pada kesempatan kali ini kami TechnoEcho akan mencoba berbagi mengenai operasional modem mifi andromax mulai dari cara mengaktikan modem mifi, setting, cek kuota sampai isi pulsa mifi 4g smartfren tersebut. Mari langsung saja kita simak panduan menggunakan modem mifi 4g yang juga akan membahas cara isi pulsa andromax m2y dibawah ini.

Cara Menggunakan Modem Mifi Smartfren | Panduan Lengkap



cara menggunakan modem mifi smartfren


Dengan desain yang tipis dan elegant membuat modem smartfren seperti Smartfren Andromax M2Y cocok dibawa kemana saja dan pas jika di simpan didalam saku celana. Tidak hanya itu saja, dengan mengaktifkan mifi smartfren kita dapat menikmati mengakses internet dengan jaringan super cepat 4g meskipun menggunakan hp gsm apapun yang masih support jaringan 3g saja. Jika anda membeli router wifi dari smartfren ini pada tahun lalu, anda akan mendapatkan keuntungan berupa bonus kuota 4G sebesar 30 Gb yang berakhir pada bulan maret yang lalu di tahun 2017 ini.

Meskipun mifi smartfren terdapat berbagai pilihan, pada dasarnya cara menggunakan modem andromax tersebut tidaklah jauh berbeda. Namun sebelum kita masuk pada pembahasan cara mengaktifkan mifi 4g tersebut, kami akan mengajak anda untuk mengenal fungsi dari lampu indikator yang ada pada modem smartfren tersebut. Karena dengan mengenal fungsi lampu indikator wifi andromax kita dapat mengetahui jika modem tersebut sedang mengalami masalah. Disini kami mengambil contoh pada MiFi Smartfren Andromax M2Y, dan berikut ulasannya :

Cara Membaca Lampu Indikator Wifi Andromax M2Y


1. Indicator Sinyal


  • Jika lampu merah berkedip artinya tidak ada kartu 4G smartfren
  • Jika lampu merah menyala artinya tidak ada signal
  • Jika lampu kuning menyala artinya sinyal lemah
  • Jika lampu hijau menyala artinya sinyal baik

2. Indicator Koneksi / Sambungan


  • Jika lampu putih berkedip artinya LTE tersambung dan memiliki trafik data
  • Jika lampu putih menyala artinya LTE tersambung dan dalam status dorman/idle
  • Jika lampu putih mati artinya LTE terputus

3. Indicator Wi-Fi


  • Jika lampu putih menyala artinya Wi-Fi hidup
  • Jika lampu putih mati artinya Wi-Fi mati

4. Indicator WPS


  • Jika lampu putih menyala artinya WPS hidup
  • Jika lampu putih mati artinya WPS mati

5. Sistem Operasi Yang Support dengan Modem Mifi M2Y


  • Windows XP SP3
  • Windows Vista Sp1/Sp2
  • Windows 7 (32/64 bit)
  • Windows 8 (32/64 bit)
  • Mac OS X 10.7/10.8/10.9
  • Ubuntu, Fedora, Open Suses, Linux Mint.

Setelah mengetahui arti dari indikator lampu yang ada diharapkan membuat kita semakin mudah menggunakan modem 4g smartfren yang akan atau sudah kita beli tersebut. Mari langsung saja kita mulai pembahasan tentang cara menggunakan mifi 4g smartfren yang sudah kami rangkum dibawah ini :

Cara menggunakan modem smartfren 4g


1. Cara mengaktifkan andromax mifi smartfren

Apabila kita baru saja membeli sebuah MiFi Smartfren Andromax M2Y, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah aktivasi nomor smartfren dengan cara mengisi sejumlah data. Apabila anda merasa kebingungan, anda dapat meminta bantuan counter tempat anda membeli kartu smartfren tersebut atau datang langsung ke grapari smartfren terdekat di kota anda. Namun jika anda ingin melakukannya sendiri untuk tutorial cara aktivasi smartfren yang dapat anda kunjungi pada link >> https://my.smartfren.com/activasi_mdn.php, dengan catatan anda harus mengetahui kode counter tempat anda membeli kartu perdana smartfren sebab kode counter akan di butuhkan pada proses aktifasi kartu smartfren.

  • Tips jika anda bingung akan kode counter tempat anda membeli perdana smartfren, anda dapat melakukan pencari di google dengan mengetikkan "kode counter all operator di indonesia".


2. Cara menghubungkan smartphone / laptop ke Jaringan Wi-Fi

Untuk mengkoneksikan smartphone, laptop maupun pc ke jaringan wi-fi modem andromax, caranya dengan menghidupkan WLAN pada perangkat anda setelah itu cari jaringan MiFi Smartfren Andromax M2Y dan kemudian hubungkan. Apabila jaringan wifi menggunakan password, silakan masukan saja password yang ada.

baca juga :


3. Cara setting modem wifi smartfren m3y maupun m2y
Kita dapat melakukan pengaturan mifi smartfren dengan syarat perangkat yang anda gunakan seperti ponsel / tablet, laptop maupun komputer sudah terhubung pada MiFi Smartfren Andromax M2Y. Setelah itu masuk pada browser untuk mengakses internet dengan mengetikkan alamat "andromax.m2y > http://andromax.m2y/" atau "192.168.1.1 > http://192.168.1.1/", dibawah ini adalah tampilan untuk melakukan pengaturan pada MiFi Smartfren Andromax M2Y jika kita menggunakan laptop ataupun komputer
cara menggunakan modem mifi smartfren


dan tampilan untuk melakukan pengaturan pada MiFi Smartfren Andromax M2Y jika kita menggunakan ponsel
cara menggunakan modem mifi smartfren

Setelah muncul tampilan seperti gambar diatas, maka langkah selanjutnya adalah login agar mifi smartfren 4g dapat dikoneksikan ke internet. Lalu bagaimana cara login andromax m2y ? Sebenarnya untuk login atau masuk pada mifi andromax dengan tipe apapun semuanya hampir sama, pada pengaturan awal untuk login cukup dengan mengisi username dan password agar dapat melakukan pengaturan, pada kolom username dan password pertama kali cukup anda isikan dengan kata "Admin".

  • Bagi anda yang menggunakan smartphone android, untuk mempermudah masuk pada pengaturan mifi smartfren 4g lte m2y kita dapat menginstal aplikasi Mylink M2Y yang dapat kita unduh di playstore android.

4. Cara cek kuota modem mifi smartfren

Pada pilihan menu My Smartfren, disana kita dapat melihat sisa kuota yang ada, pulsa sampai masa aktifnya. Dan jika anda ingin mengecek nomor smartfren, sisa kuota, sisa pulsa dan bonus dari kartu Smartfren 4G anda dapat anda klik pada kotak di sebelah kiri atas. Disana akan muncul informasi lengkap yang ingin anda ketahui tersebut.

5. Cara mengganti username dan password admin

Untuk melakukan perubahan Username dan Password bawaan dapat kita lakukan dengan cara klik Setting >> Admin Setting. Setelah itu anda dapat mengganti username sesuai keinginan anda dengan menuliskan pada kolom username dan begitu pula untuk passwordnya pada kolom password. Setelah itu klik pada pilihan Apply, namun sebelum anda mengkonfirmasi penggantian username dan password sebaiknya anda catat dan ingat - ingat agar tidak lupa di kemudian harinya.

  • Tips untuk mengatasi lupa username maupun password adalah dengan cara menekan tombol reset yang ada di belakang cover penutup modem mifi smartfren. Dengan melakukan reset tersebut maka username dan password akan kembali seperti pada pengaturan awal yaitu "admin".

6. Cara mengganti password dan nama Wi-Fi

Memberikan password pada mifi juga menjadi suatu hal yang penting, sebab jika kita tidak memberikan password maka setiap orang yang mengetahui akan adanya jaringan wifi dari mifi 4g smartfren anda dapat dengan bebas menggunakannya secara gratis. Untuk mengganti / memberikan password pada wifi andromax dapat kita lakukan dengan cara :

  1. Masuk pada menu Wi-Fi Smartfren Andromax M2Y dan kemudian klik Setting >> Quick Setting.
  2. Untuk mengganti nama mifi masukkan pada kolom Wi-Fi SSID.
  3. Setelah itu untuk mengganti password, rubah terlebih dahulu Security Mode dari Open >> Secure.
  4. Langkah selanjutnya ketik password yang anda inginkan pada kolom Wi-Fi Key >> Apply.
  5. Selesai.

7. Cara membatasi jumlah pengguna modem mifi smartfren

Perlu untuk anda ketahui bahwa pihak smartfren memberikan jumlah maksimal pengguna mifi Smarfren Andromax M2Y dalam waktu yang bersamaan sebanyak 31 unit. Namun kita dapat mengaturnya sendiri dengan cara Klik Setting >> Max User kemudian ganti jumlah pengguna maksimal, klik Apply untuk menyelesaikannya. Karena kita ketahui bahwa penggunaan jaringan wifi secara bersamaan tentu akan menjadikan tidak optmimalnya koneksi internet yang ada oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita memberikan pembatasan pengguna demi lancarnya internet di jaringan 4g.

mungkin anda tertarik :

8. Cara isi pulsa atau kuota modem mifi smartfren


Setelah kita melakukan aktivasi nomor smartfren yang ada maka akan secara otomatis pulsa akan dikonversi secara otomatis untuk menjadi kuota data internet. Untuk mempermudah melihat pulsa yang anda isi pada nomor smartfren yang ada pada andromax m2y menjadi berapa giga kuota yang ada, anda dapat melihat harga kuota data smartfren pada link >> https://my.smartfren.com/mysmartfren_buy#smVOL6000

Cukup mudah bukan untuk menggunakan modem mifi andromax 4g tersebut. Namun biasanya masalah yang sering terjadi adalah kita tidak bisa login ke halaman pengaturan 192.168.1, akan tetapi dengan memutuskan koneksi, hapus semua cookies browser, pastikan username dan password benar, restrart modem atau komputer, itu sudah dapat membuat kembali login ke halaman pengaturan.

Berikut salah satu spesifikasi dari beberapa pilihan tipe mifi smartfren yang ada agar anda lebih memantapkan pilihan sebelum membelinya.

Spesifikasi Smartfren Andromax 4G LTE M2Y


  • Mobile Wi-Fi LTE cat4.
  • Dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Laptop, Smartphone dan perangkat dengan penangkap signal Wi-Fi lainnya.
  • Support Wi-Fi 2.4GHz.
  • Support up to 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan.
  • Support mobile Wi-Fi setting. Jadi settingnya bisa lewat jaringan Wi-Fi dan lewat smartphone.
  • Support wireless storage berbagi musik, video, dan file lainnya lewat micro-sd melalui jaringan Wi-Fi.
  • Micro-sd up to 32GB.
  • Baterai 2000mAH (max 10 jam mode kerja dan 350 jam dalam mode siaga).

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara kita menggunakan modem mifi andromax 4g. Meskipun sebuah perangkat yang terbilang kecil namun apabila kita tidak mengetahui cara mengoperasikan mifi smartfren 4g lte tersebut maka kita bingungdi kemudian hari, sekian dan terima kasih ..
LihatTutupKomentar