Langkah Mudah Memunculkan Jaringan Seluler Tidak Tersedia di HP Android

Data Seluler Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi data seluler yang tidak muncul di hp android ? Agar kita bisa internetan di sebuah smartphone, data seluler menjadi suatu hal yang harus selalu aktif. Selain itu, pemilihan kartu sim dan tersedianya kuota menjadi penyebab utama kelancaran jaringan internet.

Jika hal tersebut tidak kita penuhi maka koneksi internet akan mati total karena data seluler tidak muncul, walaupun sinyal pada hp android yang kita miliki sudah 4G LTE.

Akan tetapi sinyal paket data pada hp android juga tidak akan muncul apabila kita telah melakukan beberapa hal seperti, Custom ROM yang tidak sesuai atau mengganti provider baru namun belum melakukan aktivasi.

Melihat banyaknya penyebab data seluler yang hilang di hp android, pada pertemuan kali ini TechnoEcho akan mencoba memberikan beberapa tips untuk mengembalikan jaringan seluler yang tidak tersedia tersebut.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di HP Android

Langkah Mudah Memunculkan Jaringan Seluler Tidak Tersedia di HP Android

Perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu, jika kita menggunakan ponsel android dengan model dual sim (dua kartu) biasanya hanya 1 kartu saja yang bisa digunakan untuk internetan.

Itulah alasan kenapa data seluler tidak bisa muncul di semua kartu sim yang terpasang meskipun kita sudah menghidupkan paket datanya.

Misalnya saja seperti ini, jika anda menggunakan hp dual sim yang sudah terpasang kartu indosat pada slot 1 dan telkomsel pada slot 2. Biasanya pada status bar layar hp sinyal dari kartu indosat bisa muncul jaringan 4g tapi pada kartu telkomsel tidak bisa 4g.

Hal ini dikarenakan kita hanya bisa memilih salah satu kartu yang akan dijadikan data seluler utama dari perangkat android tersebut. Untuk merubah jaringan indosat ke 4g telkomsel kita bisa langsung masuk ke menu pengaturan Kartu SIM & jaringan Seluler.

Namun jika hilangnya data seluler bukan disebabkan karena masalah tersebut maka lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk memperbaiki jaringan internet di hp android yang anda miliki.

Cara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul di Hp Android


  1. Langkah pertama, kita pastikan pemasangan kartu sim sudah dalam kondisi baik dan benar
  2. Setelah itu aktifkan sinyal paket data dengan cara masuk ke menu Setting kemudian pilih Jaringan Seluler, setelah itu centang / pilih Data Seluler
    Memunculkan Jaringan Seluler Yang Tidak Tersedia
  3. Jika data seluler sudah diaktifkan tapi sinyal 3g / 4g masih tidak muncul, maka coba aktifkan Mode Pesawat lalu nonaktifkan kembali setelah beberapa saat
  4. Mengaktifkan Flight Mode atau mode pesawat disini bertujuan untuk mengembalikan seperti semula ketika anda mengaktifkan kembali ( merefresh)
  5. Namun jika masih saja tidak muncul paket datanya, cobalah langkah terakhir di bawah ini yang berhasil kami gunakan
  6. Setting apn kartu telkomsel yang anda gunakan tersebut. Untuk merubah pengaturan apn, kita hanya perlu masuk ke menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Access Point Names > Ganti dengan apn yang baru
    Data Seluler Tidak Tersedia di HP Android
  7. Settingan APN pada gambar di bawah ini sudah terisi dengan benar sesuai dengan situs resmi Indosat. Apabila di hp android anda masih belum terisi / anda menggunakan kartu perdana lainnya, anda dapat melihat pengaturan apn lainnya pada halaman solusi data seluler tidak muncul yang telah kami bahas sebelumnya.
    Pengaturan APN HP Android
  8. Jika pengaturan apn sudah benar, keluar dari menu pengaturan tersebut dan lihat apakah sinyal paket data sudah muncul kembali

Jika dengan cara di atas data seluler masih tidak muncul di hp android yang anda miliki, mungkin terdapat penyebab lain yang membuat sinyal 4g tidak muncul. Misalnya saja karena kegagalan fllashing atau kernel android bermasalah setelah di root.

Meskipun memiliki sedikit kesamaan, anda bisa mencoba cara mengatasi sinyal hp hilang total jika memang hp android yang anda miliki faktor penyebab lain seperti yang kami sampaikan di atas.

Kesimpulan


Meskipun kartu sim yang kita miliki memiliki kuota tak terbatas, menggunakan hp yang sudah support sinyal 4g dan paket data yang sudah diaktifkan namun pengaturan apn proveder tidak benar, maka tetap saja data seluler tidak akan muncul di hp android.

Oleh karena itu, untuk memunculkan kembali data seluler hp android yang hilang tersebut kita perlu melakukan perubahan pada settingan apn kartu sim yang sedang kita gunakan.

baca juga : Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Sinyal Dalam 3 Menit


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengembalikan jaringan seluler yang tidak muncul di hp android. Semoga langkah - langkah di atas berhasil untuk anda coba, sekian dan terima kasih.
LihatTutupKomentar