Panduan Memilih Charger Yang Bagus Untuk Baterai HP Android

Tips Android - Bagaimana cara mengetahui charger hp yang bagus ? Banyaknya pilihan charger murah dipasaran membuat kita harus pintar sebelum membelinya, yaitu dengan mengetahui tips memilih merk charger hp dengan kualitas terbaik.

Kesalahan dalam memilih charger hp dapat berakibat baterai tidak bisa penuh meskipun sudah dicas dalam waktu lama. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian dalam memilih merek agar kita bisa mendapatkan charger hp yang memiliki kualitas bagus.

Jika anda menginginkan charger yang bisa cepat mengisi daya baterai hp android, jangan mudah tergiur oleh harga termurah. Dekstop charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi baterai hp justru akan merusak komponen perangkat ponsel android yang kita miliki.

Misalnya saja kita membeli charger dengan jenis fast charging, namun hp android tidak support dengan fitur fast charging tentu hasilnya tetap tidak akan bagus. Yakni, hp android di cas lama penuh meskipun kita membeli charger hp dengan kualitas terbaik.

Cara Memilih Charger HP Yang Cepat Mengisi Daya Baterai

Panduan Memilih Charger Yang Bagus Untuk Baterai HP Android

Lantas bagaimana cara memilih charger yang bisa mengisi daya baterai hp android dengan cepat ?

Sebelum kalian memutuskan untuk mengganti charger hp dengan yang baru, ada baiknya ketahui terlebih dahulu seperti apa ciri - ciri charger hp yang mulai rusak tersebut. Diantaranya :

  • HP di cas lama penuh, maksudnya disini adalah kita membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit untuk mengisi 1% saja
  • Persentase baterai tidak bisa full 100%, sering kali saat mengisi daya persentase berhenti di angka tertentu. Entah itu 50%, 60% ataupun 70%
  • Baterai di cas tidak masuk, disini pengisian daya sudah terhubung tapi daya baterai tidak bertambah sedikitpun.

Perlu untuk kita ketahui bahwa fungsi utama dari sebuah charger hp adalah menurunkan dan merubah arus listrik dari PLN supaya dapat digunakan untuk mengisi daya baterai.

Maka dari itu agar bisa mengetahui seperti apa charger yang bagus buat hp kita tersebut, kita perlu tahu cara kerja dan standard charger handphone di Indonesia (standard voltase 220V).

Jika kita melihat keterangan pada bagian dekstop charger, biasanya akan seperti gambar berikut ini.

Panduan Memilih Charger Yang Bagus Untuk Baterai HP Android

Gambar charger hp di atas menjelaskan input dan output arus yang mampu dilakukan oleh charger tersebut. Dengan mengacu pada keterangan di bodi charger hp, seharusnya kita sudah bisa memastikan dalam memilih charger handphone yang baik.

Cara Membaca Keterangan Charger HP

Input : 100-240V~50/60Hz

Mengingat PLN di Indonesia menggunakan standar 220V, charger hp tersebut hanya mampu bekerja di arus listrik antara 100V hingga 200V. Jika arus yang ada lebih dari 240V maka akan mengakibatkan charger hp menjadi rusak.

Angka 50/60Hz menunjukan bahwa charger dapat digunakan pada frekuensi 50Hz sampai 60Hz. Maka dari itu, charger hp tersebut dapat dikatakan memenuhi syarat karena frekuensi standar PLN bekerja di frekuensi 50Hz.

Output : 5V-2000mA/maH (miliampere Hour)

Output pada keterangan charger hp disini menjelaskan mengenai voltase yang telah berhasil dirubah. Dimana dari input 220V tadi dirubah menjadi 5V yang mampu menghasilkan arus kurang lebih sebesar 2000mA.

Setelah mengetahui spesifikasi charger hp dari keterangan di bodi charger tersebut, saatnya kita beranjak untuk melihat apakah charger hp yang akan kita beli cocok dengan ponsel android yang kita miliki. Yaitu dengan cara melihat pada spesifikasi dari baterai ponsel tersebut.

Cara Membaca Keterangan Baterai HP
Tips Memilih Charger HP Yang Bagus
sumber foto : blibli.com

Jika kita melihat baterai hp dengan spesifikasi 3,7V-2600mAh maka itu artinya voltase minimum yang diberikan baterai ke handphone sebesar 3,7V. Sedangkan daya baterai akan dapat terisi dengan kapasitas ampere maksimal sebesar 2600mAh.

Dengan begitu apabila kita memiliki hp android dengan kapasitas baterai 3,7V-2600mAh, akan lebih cepat pengisian daya baterainya jika hp di charger menggunakan charger 5V-2000mAh dibandingkan menggunakan charger dengan 5V-1000mAh.

Perlu untuk kita ketahui bahwa yang menentukan kecepatan isi ulang pada sebuah baterai adalah besarnya ampere (mA) pada charger hp.

Jadi apabila kalian ingin mencari sebuah charger hp yang cepat mengisi daya baterai, carilah charger dengan nilai ampere (mA) yang besar.

Pertanyaannya, apakah charger hp dengan voltase tinggi merupakan charger hp paling bagus ? Jawabnya, tentu tidak. Hal ini dikarenakan ngecas hp menggunakan charger tersebut tentu akan membuat baterai cepat panas. Selain itu, umur pakai baterai akan semakin pendek karena over tegangan yang terjadi saat mengisi daya tersebut.

Namun menggunakan charger dengan nilai ampere yang besar ini juga memiliki manfaat lain jika digunakan secara bijak, yakni untuk mengatasi masalah baterai hp di cas malah berkurang.

Oleh karena itu jika kalian ingin mencari charger hp berkualitas, carilah charger hp yang sesuai dengan spesifikasi baterai hp yang anda gunakan saat itu.

Tips Memilih Charger HP Yang Berkualitas Bagus


Cara memilih charger yang terbaik untuk hp kita adalah dengan mencari charger yang memiliki real ampere. Untuk mengetahui ampere charger secara real kita bisa menggunakan bantuan aplikasi android yang dapat kita unduh secara gratis di google playstore.

Disini kami menggunakan aplikasi Charger Tester untuk mengetahui informasi pengisian daya secara nyata. Di bawah ini adalah contoh tampilan hasil dari cara cek ampere charger hp menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Cek Ampere Charger HP

Gambar di atas merupakan hasil pengujian kami menggunakan charger 2 ampere abal-abal dengan harga 40ribuan. Dari keterangan di dekstop charger tertulis 2A, hasil pengujian aplikasi Charger Tester tersebut menunjukan 1500mA atau 1,5A. Jika charger hp tersebut bagus maka nilai realnya bisa mendekati.

Kesimpulan

Apabila kita ingin memilih charger HP berkualitas bagus, sebaiknya pilihlah dekstop charger yang sesuai dengan spesifikasi dan mampu mengimbangi baterai yang kita gunakan.

Tidak dipungkiri, besarnya harga yang ada tentu akan sebanding dengan kualitas charger hp yang akan diberikan. Carilah merk charger hp dengan reputasi terbaik serta adanya garansi dari setiap pembelian charger hp tersebut.

Dalam kasus ini, kami memberikan rekomendasi charger hp yang bagus tersebut seperti charger hp samsung, charger hp xiaomi, vivan, atau dellcell.

Contoh Akibat Memilih Charger HP Yang Salah


Pengisian Daya Terlalu Lama

  • Jika hp anda saat di cas lama penuh, hal ini bisa dikarenakan pemilihan charger hp dengan nilai ampere yang kecil namun kapasitas baterai yang digunakan besar.

Layar Sentuh Loncat Sendiri Saat HP Di Charge

  • Kejadian dimana layar sentuh yang error atau loncat loncat ini terjadi karena arus yang masuk tidak stabil.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang tips memilih charger yang bagus sebelum membelinya. Semoga pertemuan ini bisa membantu anda untuk mendapatkan charger dengan kualitas bagus sehingga cocok digunakan pada hp android anda, sekian dan terima kasih.
LihatTutupKomentar